7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

Pekanbaru tidak hanya memikat perhatian wisatawan karena memiliki sejumlah objek wisata alam indah. Daya tarik Ibukota provinsi Riau ini juga terletak pada destinasi wisata sejarahnya yang memukau. Apa sajakah tempat wisata sejarah yang patut didatangi pelancong di Pekanbaru? Berikut adalah 7 di antaranya?

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

Selain dipenuhi objek wisata alam indah, Pekanbaru juga menyajikan sejumlah destinasi wisata sejarah ikonik yang siap membuat momen liburan lo terasa berkesan. Lo bisa memanfaatkan waktu kunjungan ke tempat-tempat ini untuk melepas penat sembari mengenal sejarah dan budaya khas Pekanbaru. Seru sekali, bukan?

Apa sajakah destinasi wisata sejarah keren yang bisa ditemui wisatawan di ibukota provinsi Riau ini? Berikut adalah 7 di antaranya. Langsung baca tulisan di bawah ya bro!

1. Istana Hinggap

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali! Photo Credit: riaumagz.com

Salah satu bangunan kuno yang menyimpan nilai sejarah tinggi di Pekanbaru adalah Istana Hinggap. Dahulu kala, tempat ini didiami oleh seorang mufti Kesultanan Siak pada kepemimpinan Sultan Syarif Hasim, yakni Tuan Qadhi H. Zakaria atau Tuan Kadi. Istana Hinggap tak boleh dilewatkan oleh pelancong yang punya ketertarikan terhadap sejarah atau bangunan klasik.

Asal-usul nama tempat ini kabarnya terinspirasi dari peristiwa sejarah. Julukan “Istana Hinggap” diberikan masyarakat lantaran rumah ini sering menjadi tempat menginap Sultan Syarif Kasim II. Cukup unik, bukan?

Bangunan Istana Hinggap diketahui menggunakan desain campuran khas Eropa dan Turki, yakni artdeco, Rumah ini masih mempertahankan keaslian bentuknya sehingga pengunjung dapat mengamati sisa-sisa peninggalan sejarah secara jelas. Satu-satunya bagian Istana Hinggap yang mengalami proses pembaharuan kembali adalah lantainya. Jangan lupa luagkan waktu ke sini ya bro!

2. Taman Tuan Kadi

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali! Photo Credit: instagram.com/ariefbudikusuma18

Lo bisa menemukan taman ini di bawah jembatan Siak 1, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Salah satu keistimewaan Taman Tuan Kadi terletak pada kehadiran cagar budaya warga Pekanbaru di dalamnya, yakni Rumah Singgah Sultan. Rumah tersebut kabarnya didirikan pada tahun 1895. Lama sekali ya bro?

Rumah Singgah Sultan kabarnya dimiliki oleh bapak mertua Tuan Qadhi H. Zakaria, yakni Haji Nurdin Putih. Sultan Syarif Kasim II seringkali menjadikan rumah ini sebagai tempat persinggahan ketika ia menyambangi kota Pekanbaru. Dengan kata lain, Rumah Singgah Sultan telah menjadi saksi bisu beragam kejadian bersejarah.

Rumah khas Melayu ini juga mempunyai lantai berukuran tinggi seperti rumah panggung. Karakteristik tersebut menyesuaikan dengan lokasinya yang dahulu terletak di atas sungai. Saat memasuki rumah ini, lo dapat menemukan sejumlah foto sejarah Sungai Siak serta tempat penyajian kuliner khas Melayu bernama dulang. Pengunjung juga bisa melihat mainan kuno berupa gasing dan centong nasi berbahan batok kelapa.

Daya tarik Taman Tuan Kadi tidak hanya terletak pada rumah singgahnya saja. Di taman ini, wisatawan juga bisa mengamati halte kuno yang melatarbelakangi peristiwa pengeboran minyak bumi di Pekanbaru. Halte tersebut menyuguhkan pemandangan jembatan Siak yang begitu megah. Lo juga dapat melihat buah manggis yang dipercaya masyarakat Melayu sebagai simbol kejujuran di area taman.

3. Kimteng Lama

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali! Photo Credit: kartitiani.wordpress.com

Kawasan ini wajib dikunjungi lo yang mengaku sebagai penggemar kopi sejati. Di Kimteng Lama, wisatawan bakal puas menikmati aneka kopi yang terbuat dari biji kopi arabika lokal. Lo bisa menemukan kawasan ini di daerah Pasar Bawah. Pecandu kopi wajib ke sini deh!

Nama kawasan ini kabarnya terinspirasi dari nama pengusaha warung kopi terkenal, yakni Tan Kim Teng. Kimteng lama sukses mendapat perhatian masyarakat bukan hanya dari cita rasa kopinya saja. Banyak Daya tarik tempat ini juga terletak pada meja batu pualamnya yang tidak pernah dihinggapi lalat. Unik sekali ‘kan?

Ada berbagai pilihan makanan yang bisa lo nikmati di Kimteng lama. Contohnya seperti mi ayam, roti bakar srikaya, nasi goreng, dan lain-lain. Tempat ini kabarnya buka dari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. Kimteng Lama kabarnya sering didatangi kalangan pejabat daerah sekitar pukul 08.00 WIB. Sempatkan waktu ke tempat ikonik ini ya bro!

4. Pasar Bawah

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali! Photo Credit: kulinerindonesia.id

Berlibur ke Pekanbaru juga rasanya tak lengkap jika tak menyambangi Pasar Bawah. Pasar terkenal ini menyajikan beragam oleh-oleh menarik yang bisa dibeli wisatawan sebelum pulang. Barang lainnya yang bisa lo temukan di sini adalah pakaian, peralatan elektronik, sembako, serta benda-benda klasik.

Pasar Bawa memiliki tampilan depan yang mirip dengan desain rumah khas Melayu. Di sini, wisatawan juga dapat membeli sejumlah barang impor berkualitas asal Malaysia dan Singapura. Pokoknya, tempat ini cocok dijelajahi wisatawan yang hobi berbelanja selama traveling.

5. Titik Nol Kilometer Pekanbaru

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali! Photo Credit: .a-pradana.net

Tugu yang dibangun pada tahun 1920 ini bisa lo temukan di kawasan Pelindo. Lokasi Titik Nol Kilometer kabarnya tidak jauh dari gedung gudang. Dahulu, pemerintah Hindia Belanda menjadikan tugu ini sebagai penanda pembangunan jalan berisi informasi jarak kota Padang dan Bangkinang.

Letak resmi tugu ini pernah menjadi bahan perdebatan dengan pemerintah setempat. Akan tetapi, tugu ini akhirnya dinamakan Titik Nol Kilometer Pekanbaru karena dipengaruhi faktor sejarah. Segera datangi tempat ini secepatnya ya bro!

6. Rumah Tinggi

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali!

7 Destinasi Wisata Sejarah Ikonik di Pekanbaru, Patut Dikunjungi Minimal Sekali! Photo Credit: .a-pradana.net

Jika lo mencari tempat produksi kain tenun Melayu di Pekanbaru, Rumah Tinggi adalah destinasi liburan yang wajib dituju. Di Rumah Tinggi, wisatawan dapat melihat proses pembuatan kain dengan hiasan benang sutra berwarna emas serta motif khas Pekanbaru. Kain tersebut dibuat secara manual dengan bantuan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Lo juga bisa melihat produk kain tenun yang sudah jadi seperti selendang, sarung, dan syal.

Demikian 6 destinasi wisata sejarah ikonik yang patut dikunjungi wisatawan di Pekanbaru. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi buat lo yang ingin berlibur ke Pekanbaru. Jangan lupa jelajahi tempat-tempat di atas ya bro!

Source: kumparan.com

Feature Image - instagram.com/ariefbudikusuma18

Beginner sumatera solo traveling

24 COMMENTS

SHARE
NIce info
Mntapp boss
Mantap bro
Kaya akan sejarah nya bro. Keren
Pengin nyoba Kopinya
thanks info min
sejarah adalah salah satu bukti peradaban manusia
Mantaaap
Udah dapat poin berapa kalian?
Mantap sekali