JUL 11, 2019

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro!

Bingung tidak bisa menggunakan bahasa setempat di spot petualangan yang lo datangi? Tenang - ada lima cara menarik yang bisa lo terapkan nih! Sila simak bahasan kali ini ya!


Berbagai macam kesulitan yang akan lo hadapi saat traveling ke luar negeri, mungkin yang utamanya adalah bahasa. Bahasa setempat adalah salah satu tantangan yang mesti lo selesaikan ketika plesiran di sana.

Banyak petualang atau traveller yang tidak jadi pergi berpetualang ke luar negeri karena terkendala dengan bahasa. Bahkan di beberapa kasus, banyak traveller yang akhirnya tertipu atau mengalami nasib sial karena tidak mengerti bahasa setempat.

Sudah jelas bahasa adalah salah satu alat untuk berkomunikasi. Jika lo tidak menguasai bahasa di tempat lo datangi, bisa jadi komunikasi lo dengan warga setempat tidak akan baik. Oleh karena itu, menguasai atau setidaknya mengetahui sedikit bahasa tempat yang akan lo datangi adalah sebuah keharusan.

Misalnya, jika lo ingin traveling ke Thailand – setidaknya lo mesti menguasai beberapa kata kerja di bahasa Thailand. Kalau tidak – wah, dijamin lo akan bingung saat ke sana sih. Jalan tengahnya mungkin menguasai bahasa Inggris. Namun, sayang – walau jadi bahasa global, bahasa Inggris juga tidak menjamin semua orang di dunia ini mengerti apa yang dimaksudkan.

Nah, kalau bahasa akan jadi penghambat lo saat akan traveling ke luar negeri – yang lo mesti cari tahu adalah solusinya, bro. Dan lo sudah berada di halaman website yang tepat karena di bawah ini – akan dijelaskan bagaimana menyikapi perjalanan lo saat tidak menguasai bahasa setempat.

Eits sudah penasaran apa saja tipsnya jika lo tidak menguasai bahasa setempat? Tenang, dan sabar saja bro – sekarang sila betulkan posisi duduk lo dulu, seduh kopi, siapkan cemilan dan kudapan serta teman lainnya agar membaca artikel ini lebih nyaman!

Terkendala Bahasa Saat Traveling: Jangan Menunjuk!

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro!

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro! credit: freepik.com

Percaya atau tidak – kalau menunjuk untuk sebagian orang adalah sesuatu yang kasar, atau seperti tengah mengungkapkan emosi. Oleh karena itu, jika lo tengah bertanya pada warga lokal yang menggunakan bahasa setempat, jangan menunjuk-nunjuk ya bro.

Solusinya adalah sila menggunakan telapak tangan atau jempol jika ingin menunjuk arah. Biasanya, mereka – atau warga setempat yang lo tanyakan, akan mengerti maksud lo apa. Jika tidak mengerti juga, mau tidak mau lo mesti mengetahui setidaknya tujuan lo mau ke mana agar mereka bisa menunjukan arahnya.

Traveling tanpa bisa bahasa lokal? Sepertinya bukan masalah kalau lo mengetahui beberapa solusinya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan menunjuk-nunjuk ya. Nanti lo disangka sedang marah-marah atau menuntut sesuatu, dan nanti masalahnya akan tambah runyam!

Terkendala Bahasa Saat Traveling: Membawa Catatan

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro!

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro! credit: freelance-holiday.co.uk

Nah, jika tengah bertanya pada warga lokal yang menggunakan bahasa setempat – agar tidak lupa apa yang mereka ucapkan dan arahkan, sila membawa buku catatan kecil ya. Mereka mungkin akan mengerti mengapa omongan atau arahan mereka dicatat.

Jika lupa, lo masih bisa melihat catatan tersebut, dan bisa bertanya kembali dengan warga lokal yang lain. Atau setidaknya lo bisa meminta bantuan penduduk lokal di sana untuk menuliskan tujuan lo atau apapun yang lo mau dan butuhkan dalam bahasa mereka.

Hal ini tentu merajuk ke keinginan lo agar apa yang lo maksud mereka – warga lokal bisa mengerti. Jika tidak lo catat – takutnya lupa begitu saja karena panik tidak bisa menemukan apa yang lo butuhkan pada saat itu karena itu mengetahui bahasa lokal.

Terkendala Bahasa Saat Traveling: Menunjukan Simbol

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro!

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro! credit: mytravelbackpack.com

Nah, jika lo bingung bagaimana mengutarakan maksud lo karena terkendala bahasa setempat, ada cara cerdik yang bisa lo lakukan nih. Cara yang dimaksud adalah menggambarkan simbol. Misalnya, lo mau pergi ke hotel atau restoran, sila gambar bangunan dan tuliskan hotel.

Atau jika ingin makan, sila gambarkan rumah dengan simbol sendok dan garpu. Biasanya dengan simbol, mereka akan mengerti apa yang lo utarakan. Jika begitu, pastikan lo mengetahui bentuk-bentuk simbol yang dimengerti secara umum dan global.

Oleh karena itu, lo memang mesti membawa buku catatan agar jika lo ingin menggambarkan simbol tersebut, lo sudah tidak perlu bingung bagaimana menunjukan simbol-simbol tersebut.

Terkendala Bahasa Saat Traveling: Siapkan Peta Dua Bahasa

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro!

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro! credit: campuspress.yale.edu

Berdasarkan kemajuan teknologi sekarang ini – sebenarnya lo sudah tidak perlu khawatir tersesat, misalnya – karena tidak mengetahui bahasa setempat, lo bisa mengunduh aplikasi peta dengan berbagai translasi. Jadi lo bisa menggunakan bahasa yang lo ketahui dan bahasa setempat.

Yang lo butuhkan untuk cara yang satu ini adalah ponsel pintar dengan daya baterai penuh. Perlu lo ketahui juga bro – membuka aplikasi peta dengan durasi yang cukup lama akan menguras daya baterai lo sedikit demi sedikit. Jadi pastikan ponsel pintar lo itu telah mempunyai daya yang penuh!

Terkendala Bahasa Saat Traveling: ke Hotel Terdekat

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro!

Traveling ke Luar Negeri Terkendala Bahasa Lokal? Ini 5 Tips Menariknya Bro! credit: thriftytraveler.com

Kalau memang lo benar-benar tersesat – hal yang bisa lo lakukan adalah datangi hotel terdekat. Biasanya, pegawai hotel sudah dibekali dengan bahasa Inggris sehingga ada kemungkinan kalau maksud lo bisa dimengerti oleh mereka.

Wah bagaimana nih bro? Dari lima cara di atas, apakah ada yang masih membingungkan diri lo? Kalau iya, coba tulisakan di kolom komentar di bawah ini – ide-ide lo kalau lo tidak mengerti bahasa setempat di spot petualangan yang lo datangi!

 

Source – Kumparan

Feature Image – travelfave.com


Please login to comment
23 COMMENTS
Fajar Satritama
July 11, 2019 at 3:23 PM

Thanks bro ide nyaa


Yuniarto
July 11, 2019 at 8:39 PM

Perlu di coba nih..kayanya berguna


dephy
July 11, 2019 at 10:35 PM

sebagian besar ini lah salah satu yang menjadi momok para traveler


Ikbal Travel
July 12, 2019 at 12:19 AM

Pake bahasa tubuh wkwkwk


Ginar yogaswara
July 12, 2019 at 12:42 AM

Terima kasih info nya. Insya allah bermanfaat


Resatya Oktafitullah SAV
July 12, 2019 at 12:54 AM

Cocok nih wkwk


arief
July 12, 2019 at 9:53 AM

keren nih triknya


anjas zulkifli
July 12, 2019 at 11:02 AM

nice info bro


Thom Yorke
July 12, 2019 at 11:11 AM

GUE NIH JAGONYA NGOMONG BAHASA ASING


Dyastantya Ekmawanto
July 12, 2019 at 1:29 PM

Nice tips bro


M.Iksan rosad
July 12, 2019 at 6:04 PM

nice info


Ricko Pratama Putra
July 12, 2019 at 11:14 PM

Makasih Infonya


Jokerjoo
July 13, 2019 at 5:24 AM

Josss min infonya


Peni heryawan
July 13, 2019 at 10:15 AM

Indah sekali alamnya


Hilman rusdiyanto
July 13, 2019 at 11:40 AM

Thanksss


Nahrul Hayat
July 13, 2019 at 11:45 AM

Sangat bermanfaat


Rizza Pahlevi
July 13, 2019 at 11:56 AM

Mantap lah


Nadif Ahmad Hasan
July 13, 2019 at 1:48 PM

Nice info


Kristian Mustafa
July 13, 2019 at 2:54 PM

Bahasa tubuh adalah bahasa terbaik dan mudah dipahami


Yayan Yuliansyah
July 13, 2019 at 9:28 PM

NICE INFO BRO GAN


Hari Tristiyanto
July 15, 2019 at 8:52 AM

Sangat bermanfaat


Gilang Agis Saputra
July 15, 2019 at 9:34 AM

Mantap infonya


Mustofah
July 15, 2019 at 1:46 PM

Jossssssslaaah