Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Ubur-ubur kotak merupakan hewan yang mempunyai racun lebih mematikan dari ular dan kalajengking. Predator laut ini memiliki tentakel berisi jutaan kait yang menyimpan racun berbahaya. Apa saja hal penting yang perlu diketahui tentang hewan mematikan ini? Silakan simak paparan di bawah ya bro!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Setiap pelancong perlu berhati-hati ketika bertualang ke alam liar atau tempat yang jarang dijamah manusia. Pasalnya, lo bisa saja berhadapan dengan hewan yang memiliki racun mematikan di tengah perjalanan. Oleh sebab itu, wisatawan disarankan mencari informasi mengenai cara efektif menanggulangi luka akibat terkena serangan hewan beracun untuk berjaga-jaga.

Banyak dari lo mungkin melihat ular sebagai hewan paling mematikan lantaran mempunyai bisa atau racun yang sangat mematikan. Gigitan reptil ini dikatakan mampu menyebabkan timbulnya beragam masalah serius pada tubuh korbannya. Meski demikian, ular ternyata bukan hewan dengan racun paling mematikan di muka bumi.

Mengacu pada penelitian dari sekelompok ilmuwan asal University of Sydney, ada makhluk hidup yang mempunyai racun lebih mematikan dibandingkan ular. Nama hewan tersebut adalah ubur-ubur kotak australia atau Chironix flackeri. Bisa hewan ini bahkan lebih berbahaya dari kalajengking. Seram sekali ‘kan bro?

Memiliki Tentakel yang Menyimpan Racun Berbahaya

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: planetdeadly.com

Sesuai dengan namanya, ubur-ubur ini memiliki bentuk tubuh menyerupai kotak atau kubus. Racun hewan ini berlokasi di bagian tentakel seperti ubur-ubur pada umumnya. Perbedaan ubur-ubur kotak dengan ubur-ubur biasa terletak pada tentakelnya. Ubur-ubur kotak bisa memiliki tentakel hingga 60 buah dengan masing-masing panjang sekitar tiga meter. Wih!

Selain panjang, tentakel ubur-ubur kotak diketahui sangat mematikan karena menyimpan jutaan kait berisi racun. Bisa yang terkandung dalam tentakel hewan ini kabarnya bahkan sanggup menewaskan 60 orang dewasa. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menyentuhnya meski hanya sekali deh bro!

Kehadiran racun pada tentakel ubur-ubur kotak ternyata bukan ada tanpa sebab. Melalui racun ini, ubur-ubur kotak bisa membuat mangsanya tak berdaya ketika berusaha lari dari jeratan tentakel. Dengan begitu, hewan ini mampu melumpuhkan mangsanya secara mudah.

Efek Terkena Sengatan Tentakel Ubur-Ubur Kotak: Rasa Sakit yang Tak Tertahankan

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: boxjellyfish.org

Wisatawan perlu mewaspadai kehadiran ubur-ubur kotak, mengingat racunnya bisa membuat targetnya tak berkutik. Contok dampak dari sengatan tentakel ubur-ubur kotak adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Sekali saja terkena sengatannya, lo bakal merasakan sakit yang luar biasa.

Bukan hanya itu, sengatan ubur-ubur kotak juga berakibat fatal pada kulit. Lo dapat menderita penyakit nekrosis kulit, di mana sel-sel hidup bakal mati akibat dipengaruhi faktor eksternal seperti racun dan infeksi. Korban sengatan ubur-ubur kotak bahkan bisa mengalami trauma yang berdampak pada masalah pencernaan. Hal tersebut kabarnya dipengaruhi oleh komponen sel.

Racun yang terkandung pada tentakel ubur-ubur kotak juga dapat memengaruhi keadaan jantung korbannya. Jika sudah tersambar racun hewan ini, korbannya bisa mengalami serangan jantung. Sejumlah korban sengatan ubur-ubur kotak kerapkali tenggelam lantaran kaget usai merasakan sakit yang luar biasa. Oleh sebab itu, waspadai kehadiran hewan ini bila hendak berenang di laut ini ya bro!

Obat Penawar Racun Ubur-Ubur Kotak

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: worldatlas.com

Hingga sampai saat ini, para ilmuwan masih melakukan riset terhadap penawar racun ubur-ubur kotak. Mereka berupaya keras mencari tahu bagaimana racun hewan ini dapat memunculkan rasa sakit. Cara ini dimaksudkan agar mereka mampu mengenal lebih lanjut sistem kerja racun ubur-ubur kotak.

Para ilmuwan kabarnya menerapkan strategi khusus untuk mengetahui alasan mengapa racun ubur-ubur kotak dapat membahayakan manusia. Mereka diketahui memakai teknik perubahan CRISPR. Teknik tersebut memungkinkan peneliti untuk menambah, menghapus, atau mengubah DNA makhluk hidup.

Teknik CRISPR kabarnya sudah sering diterapkan ilmuwan untuk memecahkan berbagai persoalan. Salah satu contohnya adalah kasus kelainan darah yang dialami beberapa manusia serta perbaikan kelainan otot pada anjing. Jadi, ini bukan kali pertama ilmuwan memakai teknik ini dalam proses penelitian.

Setelah melakukan penelitian dengan teknik CRISPR, ilmuwan berhasil mendapatkan penemuan penting. Racun ubur-ubur kotak ternyata dapat diblokir dengan bantuan kolesterol. Sejak saat itu, mereka pun mulai merancang obat penawar dengan dosis yang aman dikonsumsi manusia.

Proses uji coba pun dimulai. Obat buatan peneliti tersebut ternyata sukses mencegah timbulnya kerusakan pada jaringan luka dan sel kulit serta mengurangi rasa sakit. Wih, keren sekali ya bro temuan ilmuwan ini!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: dailysabah.com

Meski begitu, obat penawar ini masih harus melalui tahap uji coba lebih lanjut. Tujuannya agar obat ini benar-benar terbukti mencegah terjadinya serangan jantung akibat sengatan ubur-ubur kotak. Dengan begitu, keselamatan para penyelam dapat terjaga lebih baik.

Demikian informasi seputar ubur ubur kotak yang dikenal sebagai predator laut mematikan. Sebelum menceburkan diri ke laut, ada baiknya wisatawan menanyakan keberadaan hewan ini kepada petugas setempat demi alasan keamanan. Dengan demikian, lo bisa berenang tanpa menyimpan perasaan khawatir serta terhindar dari berbagai kemungkinan buruk. Harap berhati-hati terhadap hewan ini ya bro!

Source: bobo.grid.id

Feature Image - nationalgeographic.com

Beginner pantai

27 COMMENTS

SHARE
ooooooooooooooooooooooooooo
Nice info
Ngeri yaa
Indahh tapi....
Mantap infonya
Terimakasih infonya bermanfaat
baru liat ky gini
Terima kasih infonya
terlihat cantik tapi mematikan
nice info