JUL 11, 2019

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Ubur-ubur kotak merupakan hewan yang mempunyai racun lebih mematikan dari ular dan kalajengking. Predator laut ini memiliki tentakel berisi jutaan kait yang menyimpan racun berbahaya. Apa saja hal penting yang perlu diketahui tentang hewan mematikan ini? Silakan simak paparan di bawah ya bro!


Setiap pelancong perlu berhati-hati ketika bertualang ke alam liar atau tempat yang jarang dijamah manusia. Pasalnya, lo bisa saja berhadapan dengan hewan yang memiliki racun mematikan di tengah perjalanan. Oleh sebab itu, wisatawan disarankan mencari informasi mengenai cara efektif menanggulangi luka akibat terkena serangan hewan beracun untuk berjaga-jaga.

Banyak dari lo mungkin melihat ular sebagai hewan paling mematikan lantaran mempunyai bisa atau racun yang sangat mematikan. Gigitan reptil ini dikatakan mampu menyebabkan timbulnya beragam masalah serius pada tubuh korbannya. Meski demikian, ular ternyata bukan hewan dengan racun paling mematikan di muka bumi.

Mengacu pada penelitian dari sekelompok ilmuwan asal University of Sydney, ada makhluk hidup yang mempunyai racun lebih mematikan dibandingkan ular. Nama hewan tersebut adalah ubur-ubur kotak australia atau Chironix flackeri. Bisa hewan ini bahkan lebih berbahaya dari kalajengking. Seram sekali ‘kan bro?

Memiliki Tentakel yang Menyimpan Racun Berbahaya

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: planetdeadly.com

Sesuai dengan namanya, ubur-ubur ini memiliki bentuk tubuh menyerupai kotak atau kubus. Racun hewan ini berlokasi di bagian tentakel seperti ubur-ubur pada umumnya. Perbedaan ubur-ubur kotak dengan ubur-ubur biasa terletak pada tentakelnya. Ubur-ubur kotak bisa memiliki tentakel hingga 60 buah dengan masing-masing panjang sekitar tiga meter. Wih!

Selain panjang, tentakel ubur-ubur kotak diketahui sangat mematikan karena menyimpan jutaan kait berisi racun. Bisa yang terkandung dalam tentakel hewan ini kabarnya bahkan sanggup menewaskan 60 orang dewasa. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menyentuhnya meski hanya sekali deh bro!

Kehadiran racun pada tentakel ubur-ubur kotak ternyata bukan ada tanpa sebab. Melalui racun ini, ubur-ubur kotak bisa membuat mangsanya tak berdaya ketika berusaha lari dari jeratan tentakel. Dengan begitu, hewan ini mampu melumpuhkan mangsanya secara mudah.

Efek Terkena Sengatan Tentakel Ubur-Ubur Kotak: Rasa Sakit yang Tak Tertahankan

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: boxjellyfish.org

Wisatawan perlu mewaspadai kehadiran ubur-ubur kotak, mengingat racunnya bisa membuat targetnya tak berkutik. Contok dampak dari sengatan tentakel ubur-ubur kotak adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Sekali saja terkena sengatannya, lo bakal merasakan sakit yang luar biasa.

Bukan hanya itu, sengatan ubur-ubur kotak juga berakibat fatal pada kulit. Lo dapat menderita penyakit nekrosis kulit, di mana sel-sel hidup bakal mati akibat dipengaruhi faktor eksternal seperti racun dan infeksi. Korban sengatan ubur-ubur kotak bahkan bisa mengalami trauma yang berdampak pada masalah pencernaan. Hal tersebut kabarnya dipengaruhi oleh komponen sel.

Racun yang terkandung pada tentakel ubur-ubur kotak juga dapat memengaruhi keadaan jantung korbannya. Jika sudah tersambar racun hewan ini, korbannya bisa mengalami serangan jantung. Sejumlah korban sengatan ubur-ubur kotak kerapkali tenggelam lantaran kaget usai merasakan sakit yang luar biasa. Oleh sebab itu, waspadai kehadiran hewan ini bila hendak berenang di laut ini ya bro!

Obat Penawar Racun Ubur-Ubur Kotak

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: worldatlas.com

Hingga sampai saat ini, para ilmuwan masih melakukan riset terhadap penawar racun ubur-ubur kotak. Mereka berupaya keras mencari tahu bagaimana racun hewan ini dapat memunculkan rasa sakit. Cara ini dimaksudkan agar mereka mampu mengenal lebih lanjut sistem kerja racun ubur-ubur kotak.

Para ilmuwan kabarnya menerapkan strategi khusus untuk mengetahui alasan mengapa racun ubur-ubur kotak dapat membahayakan manusia. Mereka diketahui memakai teknik perubahan CRISPR. Teknik tersebut memungkinkan peneliti untuk menambah, menghapus, atau mengubah DNA makhluk hidup.

Teknik CRISPR kabarnya sudah sering diterapkan ilmuwan untuk memecahkan berbagai persoalan. Salah satu contohnya adalah kasus kelainan darah yang dialami beberapa manusia serta perbaikan kelainan otot pada anjing. Jadi, ini bukan kali pertama ilmuwan memakai teknik ini dalam proses penelitian.

Setelah melakukan penelitian dengan teknik CRISPR, ilmuwan berhasil mendapatkan penemuan penting. Racun ubur-ubur kotak ternyata dapat diblokir dengan bantuan kolesterol. Sejak saat itu, mereka pun mulai merancang obat penawar dengan dosis yang aman dikonsumsi manusia.

Proses uji coba pun dimulai. Obat buatan peneliti tersebut ternyata sukses mencegah timbulnya kerusakan pada jaringan luka dan sel kulit serta mengurangi rasa sakit. Wih, keren sekali ya bro temuan ilmuwan ini!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking!

Mengenal Ubur-Ubur Kotak, Predator Laut yang Lebih Beracun dari Ular dan Kalajengking! Photo Credit: dailysabah.com

Meski begitu, obat penawar ini masih harus melalui tahap uji coba lebih lanjut. Tujuannya agar obat ini benar-benar terbukti mencegah terjadinya serangan jantung akibat sengatan ubur-ubur kotak. Dengan begitu, keselamatan para penyelam dapat terjaga lebih baik.

Demikian informasi seputar ubur ubur kotak yang dikenal sebagai predator laut mematikan. Sebelum menceburkan diri ke laut, ada baiknya wisatawan menanyakan keberadaan hewan ini kepada petugas setempat demi alasan keamanan. Dengan demikian, lo bisa berenang tanpa menyimpan perasaan khawatir serta terhindar dari berbagai kemungkinan buruk. Harap berhati-hati terhadap hewan ini ya bro!

Source: bobo.grid.id

Feature Image - nationalgeographic.com


Please login to comment
26 COMMENTS
Mustofah
July 11, 2019 at 8:31 PM

ooooooooooooooooooooooooooo


Yuniarto
July 11, 2019 at 8:37 PM

Nice info


Rio Fernandez
July 11, 2019 at 9:47 PM

Ngeri yaa


Ikbalagri
July 12, 2019 at 12:17 AM

Indahh tapi....


Rifa Sanjaya
July 12, 2019 at 5:58 AM

Mantap infonya


Peni heryawan
July 12, 2019 at 8:08 AM

Terimakasih infonya bermanfaat


agung
July 12, 2019 at 8:09 AM

baru liat ky gini


Faizul Umam
July 12, 2019 at 8:52 AM

Terima kasih infonya


arief
July 12, 2019 at 9:31 AM

terlihat cantik tapi mematikan


anjas zulkifli
July 12, 2019 at 11:02 AM

nice info


Wafiroel N
July 12, 2019 at 11:22 AM

waktunya berburu ubur2


Kristian Mustafa
July 12, 2019 at 2:37 PM

Ngerih juga racun nya bro


M.Iksan rosad
July 12, 2019 at 6:02 PM

wah keren banget sih ini


Resatya Oktafitullah SAV
July 13, 2019 at 1:27 AM

Lucu yaaa


Jokerjoo
July 13, 2019 at 5:21 AM

Ngeriyaaaaaaaa


Hilman rusdiyanto
July 13, 2019 at 11:39 AM

Waaaawwww


Rizza Pahlevi
July 13, 2019 at 11:59 AM

Mantap kali infonya


Fajar Satritama
July 13, 2019 at 12:13 PM

Thanks bro info nyaa


Hari Tristiyanto
July 13, 2019 at 12:45 PM

Informasi yg berguna


Nadif Ahmad Hasan
July 13, 2019 at 1:41 PM

Wih wih thanks infonya


MOH. SHADAM TAQIYYUDDIN AZKA
July 13, 2019 at 3:52 PM

Baru tau kalau ubur-ubur bisa mematikan seperti itu.


Ricko Pratama Putra
July 13, 2019 at 6:03 PM

Makasih Infonya


dephy
July 13, 2019 at 8:55 PM

hewan laut lucu tapi dan unik


Wanda Prawira
July 13, 2019 at 9:30 PM

MANTAP BGT GAN


Ricko Pratama Putra
July 14, 2019 at 11:19 PM

Nice Info


Ikbal Travel
July 15, 2019 at 6:42 AM

Ngeriiii