5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

Jika tertarik menaiki bus di malam hari, ada baiknya lo membawa sejumlah perlengkapan penting agar perjalanan terasa aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

Ketika musim liburan tiba, sebagian orang melancong ke tempat wisata tertentu dengan menaiki bus malam. Kendaraan ini kerapkali dipilh wisatawan saat menyambangi daerah yang tidak dilintasi kereta api. Ada juga yang memilih perjalanan bus di malam hari dengan tujuan bisa melakukan aktivitas secara lebih puas keesokan harinya.

Jika tertarik menaiki bus di malam hari, ada baiknya lo membawa sejumlah perlengkapan penting agar perjalanan terasa nyaman. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Obat Antimabuk

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam. Photo Credit: simplenews.co.uk

Pelancong sebaiknya tak lupa memasukkan obat antimabuk ke dalam tas sebelum naik bus. Dengan membawa barang ini, lo bakal siap mengantisipasi mabuk darat jika sewaktu-waktu terjadi di tengah perjalanan. Salah satu faktor pemicu terjadinya mabuk darat adalah guncangan di bus.

Jika dibandingkan kereta api, guncangan di dalam bus biasanya terasa lebih kencang sehingga mudah menyebabkan mabuk darat. Seseorang juga dapat mengalami mabuk darat karena bus yang ditumpangi sering berbelok. Oleh sebab itu, obat antimabuk perlu disiapkan para pelancong agar siap ketika bus melintasi jalur penuh kelokan.

Perlu diingat, obat antimabuk memiliki efek samping berupa rasa kantuk. Lo bakal mudah tertidur usai mengonsumsi obat satu ini. Rasa mabuk tentu tak akan muncul jika lo tertidur pulas selama di perjalanan. Jadi, jangan sampai lupa membawa obat ini ya bro!

2. Masker

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam. Photo Credit: insidescience.org

Barang lainnya yang perlu disiapkan sebelum menaiki bus adalah masker. Mirip seperti jaket, barang satu ini berfungsi melindungi tubuh dari rasa dingin. Perbedaan masker dan jaket tentu terletak bagian anggota tubuh yang ditutupi, yakni mulut dan hidung.

Kegunaan masker tidak boleh dipandang sebelah mata oleh para pelancong. Apabila tidak mengenakan masker, lo bakal menghirup udara dingin yang mudah membuat mulut terasa kering dan tidak nyaman. Jadi, upayakan bawa masker agar udara dingin tidak mudah masuk ke dalam mulut.

Masker juga perlu disiapkan pelancong yang kerapkali tertidur dalam keadaan mulut terbuka ketika duduk di kursi bus. Alat ini akan menutupi mulut lo yang terbuka sehingga tidak dapat dilihat penumpang bus lain. Bermanfaat sekali, bukan? Siapkan masker sebelum berangkat ya bro!

3. Jaket

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam. Photo Credit: winnipegfreepress.com

Jaket sebaiknya dibawa wisatawan yang hendak menaiki bus malam dengan fasilitas AC. Badan bisa saja terasa tidak enak karena suhu udara di dalam bus terlalu dingin akibat kehadiran AC. Oleh sebab itu, mengenakan jaket tentu akan membuat suhu tubuh lo kembali normal.

Selain itu, penumpang bus malam membutuhkan jaket agar siap menghadapi kemungkinan AC blong di sepanjang perjalanan. Jika hal ini terjadi, penumpang bus akan terkena semburan udara dingin secara langsung dari AC. Situasi ini tentu akan membuat tubuh lo rawan terkena penyakit flu.

Saat mengenakan jaket, penumpang bus dapat mengurangi rasa dingin sehingga dapat menikmati perjalanan secara nyaman. Lo tentu bisa memasukkan jaket ke dalam tas bila suhu udara tak terlalu dingin. Jangan lupa masukkan jaket dalam barang bawaan lo ya bro!

4. Buku atau Smartphone

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam. Photo Credit: videoblocks.com

Banyak orang menghabiskan waktu perjalanan di bus dengan tidur. Jika masih belum mengantuk, lo bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan bermain smartphone atau membaca buku. Dua aktivitas yang membutuhkan konsentrasi ini tentu akan melahirkan rasa kantuk secara perlahan.

Banyak hal yang bisa lo lakukan dengan smartphone atau ponsel, mulai dari menonton film, bermain game, atau sekadar browsing. Jika tidak ingin bermain ponsel, luangkanlah waktu untuk membaca buku agar perjalanan lo terasa lebih bermanfaat. Tidak lama setelah ini, rasa kantuk akan muncul sehingga lo dapat mencoba tidur di kursi bus.  

Meski ampuh memunculkan rasa kantuk, membaca buku dan melihat layar ponsel juga berpotensi menyebabkan mabuk darat di perjalanan. Oleh sebab itu, dua aktivitas ini baiknya dihentikan ketika lo mulai merasa pusing atau mual. Jangan sampai dua hal tersebut malah membuat kondisi lo bertambah buruk deh!

5. Bantal Leher

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam

5 Barang yang Perlu Dibawa Traveller saat Naik Bus Malam. Photo Credit: theatlantic.com

Jika ingin menikmati perjalanan bus malam secara nyaman, penumpang bus hendaknya membawa bantal leher. Barang ini akan memudahkan lo mendapat posisi tidur yang nyaman. Bentuk bantal leher diketahui menunjang kenyamanan penggunanya ketika tertidur pulas di kursi tegak.

Ketika menaiki bus, lo bakal kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman. Hal ini juga berlaku seandainya kursi bus dapat disandarkan oleh penumpang. Salah satu penyebab seseorang sulit tertidur di kursi bus adalah posisi kepala yang terlalu menekuk.

Oleh sebab itu, bantal leher diperlukan penumpang bus agar kepala menjadi tersangga serta tidak terlalu menunduk. Lo bisa tertidur dengan keadaan lebih nyaman ketika menggunakan benda ini. Dengan demikian, waktu istirahat malam dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Demikian 5 barang yang perlu dibawa traveller ketika menaiki bus malam. Menyiapkan barang-barang ini tentu akan membuat perjalanan lo terasa lebih nyaman. Semoga informasi di atas berguna buat lo yang hendak melancong dengan kendaraan bus malam.

Source: kompas.com

Feature Image -  says.com

Beginner solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Mantappp
masker juga berfungsi agar ketika tidur iler kita ga kemana-mana. . . hahaha
Terimakasih infonya
Bagus juga untuk pengingat
Gud info gann
Mantaappp
bantal paling penting hehe
Nice infonya
ok siap, makasih infonya
nice info