3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat!

Berkunjung ke Raja Ampat, jangan lupa untuk menghampiri Air Terjun Batanta, karena sangat indah loh bro. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat!

Kepulauan Raja Ampat memang merupakan kawasan wisata dimana lo bisa menikmati beragam keindahan berupa panorama alam nan memukau. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang sering bolak-balik ke sana. Pulau Misool memang menjadi salah satu daya tariknya, namun apakah lo sudah mengetahui mengenai Air Terjun Batanta? Yaap, air terjun ini ternyata memiliki sebuah keindahan nan memukau loh.

Air terjun yang tepat terletak di Pulau Batanta ini kerapkali juga disebut sebagai kawasan tersembunyi di Kepulauan Raja Ampat. Alasannya sangat sederhana, karena memang belum banyak yang menyadari keberadaan dari air terjun ini. Untuk mencapai ke lokasinya pun tak mudah, lo harus melewati medan yang cukup berat.

Walaupun begitu, keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini sangatlah menawan. Sehingga buat lo para pecinta alam, Air Terjun Batanta sendiri bagaikan harta karun yang tersembunyi di sebuah pulau terpencil. Nah, apa saja sih daya tarik dari air terjun ini? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Fakta dari Air Terjun Batanta – Medan yang Cukup Berat

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat!

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat! Credit: rajaampattomsadventure.com/

Ini merupakan salah satu kenyataan yang harus lo terima ketika ingin melihat keindahan dari air terjun ini. Yaap, karena medan yang ada di sana cukuplah berat, sehingga dibutuhkannya kondisi fisik serta mental kuat. Bayangkan saja, lo harus melakukan trekking hingga ke pedalaman hutan.

Namun perjalanan lo tidak akan membosankan kok, karena di sepanjang perjalanan lo akan melihat sebuah keindahan alam nan memukau. Sehingga ini merupakan destinasi yang tepat apabila lo ingin melakukan ekspedisi atau petualangan.

Kurang lebih 1 kilometer jarak yang harus lo lalui ketika ingin sampai di air terjun ini dari desa terdekat di Pulau Batanta. Terlebih lagi udara di sekitarnya masih begitu sejuk, lo akan merasakan kesegaran nan luar biasa. Polusi udara pun menjadi hal yang tidak akan lo dapatkan ketika berkunjung ke sana.

Fakta dari Air Terjun Batanta – Mutiara di Tengah Hutan

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat!

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat! Credit: /ksmtour.com

Mungkin itu merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan air terjun ini. Karena memang letaknya yang berada di hutan belantara, membuatnya terlihat indah. Sehingga tak heran apabila banyak dari para wisatawan atau pecinta alam yang ingin datang ke sana.

Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini memang terlihat sangat megah, belum lagi dengan bebatuan yang ada di sekitarnya. Menambah sosok dari kawasan alam ini semakin asri. Keindahannya pun tak hanya berhenti sampai di situ saja, karena terdapat sebuah gua tepat di tengah-tengah air terjun.

Memang lebar dari dari gua tersebut tidak terlalu besar, hanya mampu dimasuki oleh 5 hingga 6 orang. Di dalam gua itu, lo bisa duduk sambil melihat pemandangan dari balik tirai air. Kalau memang lo sedang beruntung, lo bisa melihat pelangi di kawasan Air Terjun Batanta.

Perlu untuk lo ketahui, kalau gua tersebut sering menjadi spot favorit bagi para wisatawan setelah berenang, debit air yang ada di Air Terjun Batanta juga tidak terlalu besar karena memang di sana jarang sekali terjadi hujan. Namun jangan khawatir, bukan berarti kawasan air terjun ini kering loh, malahan cukup menyegarkan walaupun berada di kawasan yang cukup panas.

Pelangi yang ada di kawasan air terjun ini pun terbilang cukup sering muncul, sebab sinar mataharinya selalu terik, sehingga kawasan air terjun ini selalu cerah. Kesempatan lo untuk melihat pelangi di air terjun ini juga cukup besar. Itulah mengapa pelangi juga menjadi salah satu daya tarik yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke Air Terjun Batanta.

Fakta dari Air Terjun Batanta – Cara Menuju ke Sana

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat!

3 Fakta Menarik Seputar Air Terjun Batanta di Kepulauan Raja Ampat! Credit: .nongki.net

Tentu setelah lo sudah mengetahui keindahan dari air terjun ini, hal berikutnya yang perlu untuk lo ketahui ialah bagaimana caranya agar lo bisa menginjakkan kaki lo di sana. Hal pertama yang patut untuk lo lakukan ialah harus tiba terlebih dahulu di Sorong.

Lalu dari Sorong lo menuju ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal. Dari dermaga Sorong, yang merupakan pintu gerbang ke Kabupaten Raja Ampat, lo bisa menggunakan kapal wisata, kapal milik rakyat ataupun menyewa speed boat ataupun long boat untuk sampai ke Pulau Batanta.

Nah, untuk harga penyewaan kedua kapal tersebut cukup berbeda, kalau lo menyewa speed boat atu long boat sekitar Rp 5 juta per hari dan bisa mengantarkan lo langsung ke Pulau Batanta tanpa harus ke Waisai. Untuk harga penyewaan kapal milik rakyat kurang lebih sekitar Rp 120.000 per orangnya dan melayani rute Sorong-Waisai.

Lalu perjalanan lo akan berhenti di dermaga Pulau Batanta, namun ini bukan akhir dari perjalanan lo loh, karena lo masih harus naik speed boat ke Desa Arefi yang berada di sisi lain Pulau Batanta. Setelah tiba, lo tinggal ikuti alur sungai yang mengalir dari dalam hutan bakau yang ada di pedalaman Pulau Batanta ini.

Kondisi dari air sungainya juga tidak terlalu dalam sehingga lo bisa berjalan kaki. Medan yang akan lo lalui cukup licin karena memasuki hutan bakau yang berlumpur. Setelah menyusuri sungai selama 30 menit, lo akan sampai di Air Terjun Batanta. Sangat disarankan untuk membawa bekal ketika lo tiba di sana. Sebab tidak ada penduduk yang menjual makanan serta minuman.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Air Terjun Batanta di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang tepenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan seta kelestarian dari setiap tempat wisata yang lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia!

Source: /ksmtour.com

 

 

Featured Image: instazu.com
Wilderness Beginner solo traveling

27 COMMENTS

SHARE
Nice info
nice info gan
Masih asri sekali
Nice info
Mantap sekali
Mantap batuk.....
Semoga kita semua sadar dan tetap menjaga kelestarianya...
Mantap niaaan nih...
Info yg sangat membantu
Menarik sekali