Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Laos merupakan negara yang penuh dengan kebudayaan dan terpenting ialah kulinernya! Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Sedikit bergeser ke negara tetangga kita yaitu Laos, lo bisa mendapatkan pengalaman menarik ketika berkunjung ke sana loh. Bukan hanya sekedar spot wisatanya saja, namun kuliner yang ada di negara tersebut menjadi daya tarik lainnya. Apalagi buat lo para food lover negara ini bisa menjadi destinasi lo berikutnya. Tenang, cita rasanya tak beda jauh kok dengan apa yang lo cicip setiap harinya.

Laos memang merupakan negara di Asia Tenggara yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan karena kebudayana serta kesederhanaanya. Tak heran apabila banyak dari para pelancong dari berbagai dunia ingin sekali untuk merasakan seperti apa kulinernya.

Nah, banyak pula yang mengatakan apabila negara ini akan menjadi salah satu destinasi kuliner terbaik di dunia. Mulai dari rasa hingga percampuran rempah-rempahnya hingga suasana menikmati semangkuk makanan di hadapan pemandangan alam nan indah pun menjadi daya tarik lainnya.

Apa sih yang menjadi alasan kuat mengapa lo patut untuk mengunjungi Laos untuk menikmati beberapa pilihan kulinernya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi panduan lo yaa. Hitung-hitung bisa kok untuk menghilangkan rasa penat lo.

Nikmatnya Kuliner Laos

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia! Credit: metro.co.uk

Dari satu sendok penuh tom kha kai yang merupakan sup ayam tradisional Laos bisa menjadi gerbang untuk lo bisa menyadari betapa beragamnya kebudayaan di negara ini. Percampuran dari serai, jeruk nipis serta campuran rempah-rempah lainnya menghasil sebuah aroma makanan yang sangat menggoda.

Tak heran apabila banyak dari para penyuka kuliner yang sudah mencicipinya pasti sudah tidak sabar lagi apabila sudah berada di Bandara Louangphabang. Selalin dari menu tradisional tersebut, berada di Laos tentunya lo bisa mencicipi kuliner lainnya yang tak kalah nikmatnya.

Ketika lo sudah memutuskan untuk berkunjung ke negara ini, cobalah untuk menghampiri pegunungan Phou Thao dan Phou Nang yang dikelilingi oleh kota tua bernama Loungphabang. Bentangan pohon-pohon berada di ketinggian pun menjadi daya taiknya.

Ketika lo masuk ke dalam kota tersebut, banyak hal yang bisa lo dapatkan, apalagi bila membicarakan mengenai kuliner. Karena memang menurut orang Laos sendiri, makanan merupakan identitas dari setiap individu di sana. Tak heran apabila mereka mengambil tindakan serius apabila berbicara mengenai kuliner itu sendiri.

Bisa dikatakan pula apabila dari setiap menu kuliner yang nikmati di Laos merupakan sebuah hasil karya seni, dikerjakan dari hati. Namun apakah kenikmatan dari kuliner di sana hanya terdapat pada kawasan pagunungan ini, tentunya tidak. Ketika lo sudah mengeksplorasi apa yang ada di sana, lo bisa berpindah ke tempat lain dan temukan beragam pilihan menu lainnya yang tak kalah nikmatnya.

Varian Menu

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia! Credit: mustardwithmutton.com

Yaap, selain kaya akan rempah-rempahnya, Laos juga merupakan negara yang memilki banyak sekali jenis kuliner. Memang sangat didominasi dengan sayuran nan segar. Salah satu pilihan menu yang paling banyak disukai ialah larb.

Larb merupakan makanan sejenis salad daging cincang, bahan yang digunakan bisa ayam, sapid an domba. Lalu daging cincang akan diibumbui dengan kecap asin, air jeruk nipis, jus ikan yang difermentasi dengan bumbu khas Laos. Ditambah dengan beras tumbuk serta rempah-rempah (bawang merah, bawang Bombay dan lada), kemudian ditumis dan ditambahkan irisan cabai. Agar semakin nikmat, larb biasanya disajikan bersama dengan ketan dan sayuran segar. Untuk menemukan kuliner satu ini pun terbilang cukup mudah, Lo bisa berkunjung ke Vientiane yang merupakan ibu kota dari Laos, di kota ini tentunya banyak sekali bisa ditemukan beragam jenis kuliner.

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia! Credit: thisismick.com/

Tak berhenti sampai disitu, jangan lupa pula untuk mencicipi khao jee. Kuliner yang berbahan dasar roti ini memang sangat cocok sekali untuk menjadi teman lapar lo di siang hari. Bisa dikatakan pula ini merupakan sandwichnya Laos.

Kuliner yang terdiri dari roti Perancis, irisan tomat, keju, irisan ham, wortel, selada dan disiram dengan saus bawang putih dan cabe ini memang sangatlah seksi untuk lo kunyah. Uniknya lagi, rotinya terbuat dari tepung beras, sehingga memiliki rasa cukup berbeda bila dibandingkan dengan roti-roti lainnya.

Untuk menemukannya pun tak sulit, karena hampir semua penjual kaki lima di jalan-jalan menjual kuliner satu ini. Begitu pula dengan restoran yang menyediakan makanan khas Laos. Untuk menemani kenikmatannya, secangkir kopi pun menjadi teman yang tepat.

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia! Credit: reservasiku.com/

Satu kuliner yang sangat sayang sekali untuk lo lewatkan ketika berada di Laos ialah ping gai. Kalau lo memang penyuka daging ayam, ini merupakan pilihan paling tepat. Bahkan bisa dikatakan pula ini merupakan ayam panggang nan populer di tengah-tengah masyarakat Laos.

Ayam yang dibelah lalu direndam dalam sebuah percampuran bumbu (saus ikan, lada, bawang putih, bawang merah, kunyit, sereh, lengkuas, daun ketumbar, cabe, jahe, kecap manis, gula aren dan cuka) beberapa waktu ini kemudian dipanggan hingga matang.

Ping gai bisa lo nikmati dengan ketan dan tan mak hoong atau salad kelapa. Cita rasa yang segar pun menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang suka untuk memakan ping gai. Apalagi kalau kondisi perut sedang lapar-laparnya.

Pilihan Kedai Makan di Laos

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia!

Ini Merupakan Alasan Mengapa Laos Layak Dijadikan Destinasi Kuliner Dunia! Credit: .ferretingoutthefun.com

Setelah sudah mengetahui seperti apa karakteristik dari kuliner Laos, tentunya lo juga harus tahu tempat mana yang paling tepat untuk bisa menikmati beragam varian kulinernya. Oo iyaa, jangan lupa pula untuk menggunakan teknolodi GPS untuk menemukan pilihan kedai makan atau restoran yang ada di sana yaa.

Pilihan pertama ialah Le Banneton Café, perlu untuk diketahui pula kalau Laos memang merupakan negara jajahan Perancis, sehingga lo akan mudah untuk menemukan kuliner bergaya negara menara Eiffel tersebut. Nah, di café ini lo bisa menemukan beragam pilihan kopi, beserta dengan roti yang masih segar. Suasananya pun memiliki konsep kolonial Perancis.

Lalu jangan lupa untuk mengunjungi Dyen Sabai. Untuk berkunjung ke kedai makan ini, lo harus menyeberangi jembatan bambu di kawasan Nam Khan. Memang medan yang akan lo tempuh benar-benar masih alami, tentu pemandangannya sangat ciamik. Di sana lo bisa menikmati makanan sederhana seperti babi panggan beserta terong goreng. Yang membuat spesial tempat ini ialah lo bisa menikmati kuliner sembari kembali ke alam.

LaoDerm Restaurant merupakan pilihan ketiga yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di Laos. Restoran yang terletak di Sakkline Road ini menyediakan beragam makanan sehari-hari khas Laos, mulai dari som tam atau sejenis salad pepaya hijau hingga serangga goreng. Menarik bukan?

**

Jadi bagaimana bro dengan cerita sedikit seputar kuliner Laos di atas? Semoga bisa menjadi salah satu acuan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengekplorasi keindahan yang ada di dunia ini yaa!

 

 

Source: nationalgeographic.com
Featured Image: .indochinatourguide.com/
Trending Beginner foodventure

29 COMMENTS

SHARE
liat fotonya jadi lapar
Nice Info
Mirip2 masakan indo ya
Hadeeuh jadi laffaaaaar
Makasih infonya
Sandwich laos nya keliatannya enak banget
Mantappp
wow binkin ngiler
Ngga beda jauh sama makanan Indonesia
Mantapnya..