5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

Surabaya merupakan kota yang penuh dengan gedung-gedung tua nan menarik. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

Buat lo yang suka dengan gedung-gedung tua, Surabaya bisa menjadi destinasi wisata lo berikutnya loh. Sebab di dalam kota ini terdapat beberapa gedung tua nan bersejarah yang masih memiliki arsitektur bergaya kolonial Eropa. Selain dari kulinernya, memang gedung-gedung tuanya menjadi daya tarik lainnya bagi para wisatawan.

Surabaya yang disebut-sebut juga merupaka kota pahlawan ini memang gudangnya gedung-gedung tua nan epik dan menarik. Ternyata bukan hanya dengan gaya Eropa saja, karena lo juga bisa melihat bangunan tua dengan gaya arsitektur Tionghoa maupun Timur Tengah, tak heran apabila banyak dari wisatawan yang datang ke kota yang terletak di Jawa Timur ini.

Memiliki hobi fotografi? Kota ini akan sangat sayang sekali untuk lo lewatkan apabila ingin mengincar spot-spot foto nan unik. Bisa dikatakan pula ini merupakan kawasan atau obyek fotografi yang empuk. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan gedung-gedung tua di ibu kota dari Jawa Timur ini, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini yaa!

Gedung Tua di Kota Surabaya – De Javasche Bank

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur! Credit: /en.m.wikipedia.org

Pilihan pertama yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di Surabaya ialah De Javasche Bank. Gedung yang terletak di Jalan Garuda No 1 ini selain indah juga memiliki banyak cerita mengenai sejarah perbankan di Indonesia.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1829 ini telah diubah namanya menjadi Gedung Bank Indonesia pada tanggal 1 Juli 1953. Hingga hari ini aktivitas di dalam gedung ini sudah tidak seperti dulu lagi, karena memang kapasitasnya yang sudah tidak memadai. Oleh sebab itu, saat ini gedung tersebut menjadi cagar budaya milik Bank Indonesia dan berfungsi sebaga museum serta ruang pameran.

Kalau lo berkunjung ke sana, jangan lupa untuk membawa kamera lo yaa. Sebab ada banyak sekali momen yang bisa lo tangkap. Insting fotografi lo pun akan semakin terpacu, bukan hanya itu saja, obyek baik yang berada di dalam gedung maupun di luar gedung pun sangat menarik untuk bisa lo abadikan.

Gedung Tua di Kota Surabaya – Hotel Majapahit

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur! Credit: booking.com

Berikutnya berbicara mengeni gedung tua, jangan lupa untuk berkunjung ke Hotel Majapahit yaa. Hotel yang terletak di Jalan Tunjungan Surabaya ini memang merupakan hotel bersejarah yang menjadi saksi bisu adanya peristiwa perobekan Bendera Belanda menjadi Merah Putih.

Bentuk hotelnya pun sangat unik, tak heran apabila banyak dari wisatawan berfoto-foto di lokasi ini. Sehingga lo juga jangan sampai ketinggalan untuk mengujunginya yaa. Oo iyaa, perobekan bendera oleh arek-arek Suroboyo kala itu merupakan sejarah penting loh di Indonesia.

Hotel yang dibangun di atas tanah seluas 1000 meter persegi oleh Lucas Martin Sarkies tersebut memang memiliki gaya arsitektur nan menarik. Kurang lebih memiliki gaya kolonial Belanda ini didesain oleh Alfred Bidwell. Gaya desain yang diambil ialah Art Nouveau.

Gedung Tua di Kota Surabaya – Hotel Arcadia

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur! Credit: tripadvisor.co.za/

Bukan hanya Hotel Majapahit saja yang menjadi daya tariknya, ternyata Hotel Arcadia juga masuk ke dalam list apabila lo mencari gedung-gedung tua di kota ini. Hotel yang terletak di Kawasan Jembatan Merah Plaza ini memang didesain bergaya arsitektur kolonial di awal abad 20.

Sebelum bernama Hotel Arcadia, bangunan ini juga dikenal dengan nama Hotel Ibis. Tentunya kawasan hotel ini tak boleh luput dari pencarian lo di sana. Apalagi kalau lo sudah menenteng kamera di badan lo. Indah serta megah menjadi kata-kata yang tepat untuk menggambarkannya.

Pertama kali dibangun pada tahun 1913 oleh NV Geo Wehry, hotel ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya. Lo akan berasa seperti terlempar ke masa lalu deh ketika berkunjung ke hotel ini.

Gedung Tua di Kota Surabaya – Rumah Sembayang Abu The Goan Tjing

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur! Credit: situsbudaya.id

Berikutnya merupakan gedung tua yang memiliki gaya Tionghoa dan memiliki keunikannya tersendiri, yaitu Rumah Sembayang Abu The Goan Tjing. Gedung yang terletak di Jalan Gula ini memang merupakan cagar budaya peninggalan Tionghoa. Kawasan ini juga dikenal menyisakan memori kawasan pecinan yang epik.

Yaap, sesuai dengan namanya, gedung ini merupakan rumah yang dibangun dengan tujuan menyimpan abu-abu jenazah Keluarga Tionghoa. Nah, untuk bangunan ini memang dikhusukan untuk menyimpan abu jenazah Keluarga The.

Terlihat dari gaya bangunan saja lo sudah bisa merasakan gaya arsitektur Tionghoa yang sangat kental. Keuntungan yang bisa lo dapatkan di sana ialah kondisinya yang sepi dikunjungi, sehingga buat lo para pecinta fotografi bisa mengamil sudut-sudut unik yang akan menghasilkan gambar nan ciamik.

Gedung Tua di Kota Surabaya – Gereja Kristen Indonesia

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur!

5 Pilihan Gedung Tua yang Ada di Kota Surabaya, Jawa Timur! Credit: .womanblitz.com

Ingin menikmati suasana bangunan bergaya Timur Tengah? Ini merupakan tempat yang tepat untuk lo kunjungi. Bangunan yang terletak di Jalan Pregolan Bunder Nomor 34 ini memang merupakan gereja yang juga merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda.

Bentuk bangunan ini pun sangat unik beserta memilki nilai sejarah yang tinggi, tak heran apabila ini merupakan kawasan yang tepat untuk dijadikan spot foto. Sangat disarankan untuk datang pada hari biasa. Sebab pada akhir pekan, biasanya gereja ini aktif digunakan oleh para jemaat.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1918 ini memang sangat dipengaruhi oleh langgam desain Kolonial Belanda yang berkembang di Surabaya pada tahun 1870 hingga 1920an, bila melihat dari bentuk atau arsitekturnya.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar gedung-gedung tua yang ada di Surabaya? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan wisata di Indonesia!

Source: idntimes.com

 

 

Featured Image: .tripzilla.id
Urban Places Beginner solo traveling

38 COMMENTS

SHARE
nice info
Eksotisnya bangunan tua
Makasih Infonya
Salut ... masih terpelihara dgn baik
Bagus buat foto2 yema jadul
Nice infonya
suasananya horor di Rumah Sembayang Abu The Goan Tjing
Buat prewed
Bangunan bersejarah
Nice info