Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Merasa keseimbangan tubuh lo bisa untuk melakukan kegiatan ekstrem? Coba deh bermain slacklining dan temukan informasinya di bawah ini!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Apakah lo sudah pernah mendengar olahraga ekstrem slacklining? Mudahnya ini merupakan sebuah aktivitas yang akan membuat para pemainnya menyeberangi satu titik ke titik lainnya di atas seutas tali. Tentu keseimbangan badan menjadi salah satu kunci utamanya. Namun apakah slacklining hanya sebatas itu saja?

Masih banyak hal lainnya yang perlu untuk lo ketahui seputar olahraga nan ekstrem ini, tak heran apabila hanya segelintir orang saja yang bisa menguasainya. Mental pun menjadi salah satu faktor penting dalam menguasai slacklining, sehingga bukan hanya fisik saja yaa.

Berjalan di atas seutas tali memang bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, latihan setiap waktu menjadi hal yang patut untuk lo lakukan ketika berencana untuk memulainya. Mungkin dengan mengikat tali dari pohon ke pohon lainnya menjadi rutinitas lo sebelum benar-benar naik ke level berikutnya.

Nah, apa saja sih yang perlu lo ketahui seputar slacklining itu sendiri? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, siapa tahu lo bisa menjadi salah satu master dari olahraga satu ini bro!

Ukuran Tali yang Digunakan

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: .rei.com

Tentu pondasi awal yang perlu untuk lo ketahui sebelum bermain olahraga satu ini ialah dari ukuran dari talinya. Biasanya tali tersebut lebih familiar disebut band atau webbing. Yaap, tali tersebut harus panjang, tipis, pastinya juga kuat.

Lebar dari tali sendiri juga beragam loh, namun sangat disarankan untuk menggunakan ukuran 2,5 hingga 3,5 centimeter. Tentunya tidak mudah untuk langsung bisa menguasainya, lo harus terbiasa dengan keseimbangan tubuh lo.

Membiasakan posisi kaki o di seutas tali juga menjadi hal yang patut untuk lo perhatikan. Ketika lo sudah nyaman, biasanya dengan melakukannya berkali-kali maka lo sudah bisa berjalan perlahan-lahan. Tidak perlukan waktu tercepat kok, hal terpenting ialah untuk bisa diujung tali.

Selain dari ukuran tali, bahan dari tali tersebut juga harus lo perhatikan. Biasanya tali terbuat dari bahan polyster, nilon, polypropylene atau plyamide. Apabila lo sudah mengetahui bahan-bahan serta ukurannya maka lo sudah bisa latihan. Coba lah dengan tantangan yang mudah terlebih dahulu yaa.

Siapa Sih yang Menemukan Olahraga Ini?

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: sherbrookerecord.com/

Pertanyaan dasar namun sangat penting untuk lo ketahui ini memang menjadi pengetahuan lo sebagai pemain slacklining. Mudahnya agar lo bisa menjawab pertanyaan dari seseorang yang ingin memastikan apakah lo benar-benar seorang pemain olahraga ekstrem ini.

Yaap, memang biasanya olahraga-olahraga ekstrem muncul dari negeri Paman Sam bukan? Sama halnya dengan slacklining, olahraga ini memang pertama kali ditemukan di Amerika Serikat. Tepatnya oleh Adam Grosowsky dan Jeff Ellington di Ngarai Yosemite, Amerika Serikat.

Perlu untuk diketahui pula, kalau mereka merupakan penemu pertama slacklining modern pada tahun 1979. Sehingga jangan sampai keliru yaa bro. Oo iyaa, sudah ada juga orang yang mencatatkan rekor sebagai pejalan slacklining terpanjang di dunia loh.

Rekor tersebut dipecahkan oleh Nathan Paulin di Perancis serta Danny Mensik dari Republik Ceko. Rekor tersebut terpecahkan tepat di tahun 2016. Mereka pun berhasil berjalan di seutas tali sepanjang 1020 meter. Tentu merupakan rekor yang susdah untuk dipecahkan lagi bukan?

 Jenis-Jenis Slacklining

Slacklining sendiri juga memiliki beragam jenisnya, bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, tak heran apabila lo ingin menguasainya, lo bisa memilih mana yang paling cocok untuk diri lo. Langsung saja simak beberapa jenis-jenis dari olahraga ekstrem ini.

  • Urbanlining

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: tasha-marie.blogspot.com

Jenis pertamanya yaitu urbanlining atau biasa juga disebut urban slacklining. Ini merupakan perpaduan dari beberapa jenis yang ada. Biasanya dilakukan di area urban, contohnya saja di parkiran atau di jalanan.

Biasanya para pemain jenis ini lebih memilih untuk menggunakan tali dengan lebar 5 cm untuk di jalanan, namun tidak menutup kemungkinan pula untuk menggunakan ukurang yang lebih tipis, sekitar 2,5 cm.

Peraturannya pun cukup mudah untuk dimengerti, bagaimana caranya agar lo tidak jatuh sepanjang tali yang sudah diutas. Kembali lagi, keseimbangan tubuh menjadi kunci dan konsentrasi yang tinggi.

  • Tricklining

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: lukas-irmler.com

Biasanya kalau lo sudah menguasai urbanlining, rasanya gatal ingin bergaya-gaya atau melakukan trick. Nah, tricklining merupakan jenisnya. Biasanya jenis ini dilakukan dengan ketinggian yang sangat rendah.

Banyak trick yang bisa lo lakukan, mulai dari jalan mundur, berlutut,lari hingga lompat-lompat. Sehingga sangat disarankan untuk benar-benar menguasai langkah awal sebelum berpindah ke jenis satu ini yaa.

  • Highlining

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: youtube.com

Nah, ini merupakan jenis slacklining yang bukan hanya memerlukan tingkat kesulitan nan tinggi, namun juga keberanian. Karena biasa dilakukan di atas ketinggian, seperti menyeberangi perbukitan hingga juga bisa dilakukan di atas air.

Hanya bisa dilakukan oleh para pemain berpengalaman. Untuk selalu memastikan keselamatan, lo patut memiliki climbing harness atau swami belt. Dean Potter dan Andy Lewis merupakan pemain professional untuk jenis satu ini.

  • Slackline Yoga

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: /obatsakitmaag.info

Yaap, ini merupakan percampuram antara dua aktivitas, yaitu yoga dan slacklining. Sehingga buat lo para pemain yoga, bisa loh mencobanya. Untuk tali yang digunakan memiliki lebar sekitar 2,5 cm.

Posisi yoga pun bisa lo impletasikan di atas seutas tali tersebut, tentunya diperlukan tingkat keseimbangan, kekuatan, daya bernafas, fleksibilitas hingga rasa percaya diri nan tinggi. Kesulitannya pun terbilang cukup tinggi.

  • Rodeo Lines

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: /commons.wikimedia.org

Ini merupakan jenis yang terbilang unik, karena talinya pun sangat kendor. Sehingga lo memerlukan kemampuan tinggi atau memang sudah terbiasa untuk melakukan aktivitas ekstrem ini.

  • Windlining

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal!

Memahami Slacklining, Aktivitas Ekstrem yang Memerlukan Tingkat Keseimbangan Tubuh Maksimal! Credit: oneinchdreams.com

Untuk jenis slacklining terakhir ini biasa dilakukan dengan kondisi alam yang sangat berangin. Dengan kata lain, tantangan lo bukan hanya sekedar tali, namun angin berhembus kencang. Banyak yang mengatakan pula kalau ini merupakan jenis paling susah untuk dikuasai.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar slacklining di atas? Apakah lo sudah memiliki keberanian serta kondisi tubuh yang cocok untuk mampu menaklukannya? Semangat selalu dan jangan takut untuk melakukan hal baru di dalam hidup lo!

Featured Image: youtube.com
In Depth Beginner Extreme

35 COMMENTS

SHARE
Mantab kale
Bisa dicoba,tapi jgn lupa siapkan matras dibawahnya.
Mantapp nih
nambah ilmu ,terimakasih sudah berbagi
Terima kaseh
Asik belajar keseimbangan
wah ngeri dah ga berani main begituan hehe
Sangat sulit untuk dilakukan
ngeri uey
Matabs gilakkkk