6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

Setiap orang perlu menyempatkan waktu untuk berlibur, termasuk para pekerja kantor yang sering disibukkan dengan urusan pekerjaan. Bagaimana cara mengatur waktu liburan di tengah-tengah jam kerja yang begitu sibuk? Temukan jawabannya dalam postingan di bawah ya bro!

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

Setiap pekerja kantor perlu mengimbangi jadwal kerja yang padat dengan aktivitas liburan. Alasannya agar pikiran dapat kembali terasa segar sehingga siap menjalani hari baru dengan energi positif. Sayangnya, banyak orang kesulitan mencari waktu berlibur lantaran mempunyai jadwal kerja yang terbilang padat.

Bagaimana cara mengatur waktu liburan di tengah-tengah jam kerja yang begitu sibuk? Berikut adalah 6 kiat sederhana untuk mewujudkan hal tersebut. Silakan membaca tips di bawah ya bro!

1. Menggunakan Waktu Bekerja Semaksimal Mungkin

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk. Photo Credit: travelandleisure.com

Banyak orang mudah merasa jenuh ketika menjalani rutinitas di kantor yang bersifat monoton. Oleh sebab itu, lo perlu menggunakan waktu bekerja semaksimal mungkin agar dapat pulang sesuai jadwal. Cobalah untuk lebih serius dalam bekerja supaya segala tugas bisa selesai tepat pada waktunya.

Dengan menaruh konsentrasi penuh pada pekerjaan, lo berpeluang menyelesaikan tugas lebih cepat dari batas baktu yang diharapkan. Salah satu cara termudah untuk memaksimalkan waktu kerja adalah menjauhi kebiasaan bercanda atau bergosip dengan teman kerja di kantor. Lo tentu dapat menggunakan waktu bekerja secara efisien saat menghindari dua hal tersebut.

Jangan menunda waktu untuk menuntaskan pekerjaan karena hal ini akan memperbesar kemungkinan pulang telat. Pekerja kantor juga sebaiknya tidak sungkan menanyakan hal yang tidak dimengerti tentang tugas kepada atasan atau rekan kerja lain. Bila memungkinkan, buatlah sebuah tim agar tugas dapat dikerjakan secara lebih mudah sehingga lo bisa pulang lebih cepat.

2. Menuntaskan Pekerjaan Jauh sebelum Deadline

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk. Photo Credit: maptrotting.com

Sebelum pergi refreshing, lo sebaiknya memastikan segala tugas sudah tuntas terlebih dahulu. Jangan sampai lo pergi liburan saat tugas kantor tengah menumpuk. Hal ini bakal menganggu ketenangan liburan karena pikiran lo akan dibayang-bayangi dengan tugas.

Jadi, selesaikan segala tugas kantor terlebih dahulu sebelum berangkat liburan. Dengan begitu, lo bisa puas menikmati momen liburan tanpa menyimpan rasa khawatir. Penat pun akan hilang ketika lo dapat leluasa mengunjungi aneka tempat liburan. Setuju ‘kan bro?

Salah satu cara efektif untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat adalah mengutamakan tugas dengan batas waktu pengumpulan yang paling dekat. Cara ini ditujukan agar lo bisa meminimalisir kemungkinan terlambat menyerahkan tugas. Usai menuntaskan semua pekerjaan, jangan lupa mengajukan cuti ke kantor agar bisa segera menikmati waktu liburan.

3. Menyiapkan Rencana Liburan Sedetail Mungkin

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk. Photo Credit: lettersfromatravelinggirl.com

Di tengah-tengah kesibukan kerja, sempatkanlah waktu untuk mengatur rencana refreshing. Persiapkan semuanya secara rinci, mulai dari tempat wisata, transportasi, akomodasi, hingga lama waktu berlibur. Dengan perencanaan matang, lo bisa menikmati suasana refreshing yang berkesan lantaran semua hal sudah terkendali.

Hal penting lain yang perlu disiapkan pelancong sebelum berangkat liburan adalah daftar kegiatan wisata. Dengan membuat daftar kegiatan, aktivitas liburan lo akan menjadi lebih terorganisir. Lo pun bisa menghabiskan waktu refreshing secara puas ketika sendiri maupun bersama keluarga atau teman.

Pekerja kantor tidak selalu bisa menikmati suasana refreshing karena mempunyai kesibukan yang tinggi. Oleh sebab itu, perencanaan yang matang akan membuat momen liburan lo terasa lebih berharga. Lo pun bisa menghilangkan rasa jenuh serta siap menyambut hari baru dengan perasaan positif.

4. Menaklukkan Rasa Malas

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk. Photo Credit: hobsons.com

Ada banyak kegiatan yang dapat menghambat produktivitas kerja di kantor, contohnya seperti mengobrol, bersantai, dan mendengarkan musik. Pekerjaan lo bisa saja menjadi terlantar bila terlalu mengikuti kemauan diri sendiri. Jika membiarkan diri dikuasai rasa malas, tugas akan terasa sulit diselesaikan sehingga jadwal kerja berubah menjadi tak teratur.

Untuk itu, mulailah melawan rasa malas agar tugas kantor selesai pada waktunya. Rasa malas dapat diatasi bila lo membulatkan tekad kuat dalam hati. Alhasil, pekerjaan dapat tuntas sesuai dengan waktu yang diperkirakan. Benar ‘kan bro?

Tidak ada orang yang bisa membantu lo untuk menghilangkan rasa malas karena hal ini berawal dari dalam diri sendiri. Oleh sebab itu, lo harus berjuang melawannya sendiri agar bisa memanfaatkan waktu kerja secara maksimal. Oke, bro?

5. Menetapkan Destinasi Wisata yang Dekat dan Mudah Dijangkau

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk. Photo Credit: productivityist.com

Terdapat sejumlah cara untuk menikmati masa liburan meski jatah cuti kantor sudah habis, salah satunya adalah berlibur di hari Sabtu dan Minggu. Lo bisa memanfaatkan waktu akhir pekan untuk berwisata ke tempat tertentu bersama sahabat atau keluarga tercinta. Kegiatan ini tentu akan membuat pikiran lo kembali terasa fresh.  

Berhubung waktu liburan tidak berlangsung lama, ada baiknya lo memilih tempat wisata yang dekat serta mudah dijangkau dari kediaman lo. Kunjungilah tempat indah yang bisa mengalihkan pikiran lo dari stres dan penat. Dengan demikian, lo bakal siap membuka lembaran hari baru dengan penuh semangat.

6. Mengajak Orang Lain Ikut Pergi Berlibur

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk

6 Kiat Mengatur Waktu Liburan Bagi Pekerja Kantor yang Sibuk. Photo Credit: thepinthemapproject.com

Agar momen liburan tidak terasa garing dan membosankan, lo disarankan mengajak orang lain ikut dalam perjalanan wisata lo. Jangan malu atau sungkan untuk mengajak keluarga, teman, atau rekan kerja dalam perjalanan liburan lo. Pasalnya, banyak dari mereka mungkin tertarik melepas penat atau menenangkan pikiran dengan cara berlibur.

Jika berniat meluangkan waktu refreshing bersama orang lain, lo sebaiknya menyesuaikan jadwal liburan dengan mereka. Aturlah rencana sematang mungkin agar momen liburan lo dan partner benar-benar terwujud dengan baik. Dengan begitu, rencana liburan pun tidak hanya berakhir sebagai wacana semata.

Demikian 6 kiat meluangkan waktu liburan bagi pekerja kantor yang memiliki jadwal padat. Semoga informasi di atas membantu lo yang tengah merencanakan perjalanan wisata ke suatu tempat. Selamat pergi berlibur ya bro!

Source: wartaekonomi.co.id

Feature Image - traveldailymedia.com

Tips Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Win Gilang Darwin
dan siapkan cuti heuheu
anjas zulkifli
nice info
Dyastantya Ekmawanto
Thanks for info bro
Rykma Alodya
Nice info
Fajar Satritama
Nice info
Gilang Agis Saputra
Mantap infonya
Yuniarto ( Tato )
Penting untuk di perhatikan
Harsono
Manajemen waktu
Iksan
nice info
Nadif Ahmad Hasan
Uhhh nice info