Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

Tidak mau ikutan tertipu oleh penawaran open trip di dunia maya? Nih simak bahasan kali ini biar lo tidak ketemu sama pengelola open trip abal-abal!

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

“Yuk, yuk open trip aja lah biar murah biar engga wacana aja nih travelingnya!”

 

Pernyataan di atas akan sering kali ditemukan di grup-grup percakapan yang ramai pembicaraan tapi minim aksinya. Eits, apakah teman-teman di grup percakapan lo juga begini kelakuannya? Kalau iya, sabar saja bro – atau mungkin lo yang harus jadi inisiatornya, nih!

Sekedar wacana adalah salah satu problem yang cukup ‘serius’ jika ingin traveling bersama teman-teman. Sudah direncanakan sejak awal, namun mendekati harinya – malah pada bubar. Menjengkelkan memang. Namun, sekarang ini sudah ada solusinya.

Solusinya adalah ikut jasa open trip. Sekarang ini, pengelola jasa tersebut sudah menjamur dan menawarkan berbagai paket wisata serta petualangan yang bermacam-macam. Tentu harga adalah saingan di mana para pengelola open trip tersebut saling berkompetisi.

Yang murah yang menang. Sepertinya persaingan para pengelola open trip memang di harga. Kalau dilihat-lihat, paket wisata yang mereka tawarkan, mirip-mirip. Maka dari itu, traveller sekarang ini cukup melihat harga serta ulasan berbagai traveller lainnya soal kepuasannya mengikuti open trip tersebut.

Sayangnya, perkembangan berbagai grup open trip di Indonesia diwarnai oleh asam garam masalah. Mulai dari ketidakcocokan jadwal sampai ke kasus penipuan. Kalau sudah tertipu, mungkin lo akan merasa sedang apes saja. Tapi kalau sudah bayar dan tertipu – rasanya pasti mau marah, bro!

Nah, bahasan kali ini akan mengulas soal apa itu open trip, bagaimana detilnya serta langkah-langkah antisipasi untuk menghindari kasus-kasus penipuan yang sempat marak terjadi di tiga tahun belakangan ini. Modusnya bermacam-macam. Oleh karena itu, lo mesti berhati-hati bro.

Yuk Ikut Open Trip!

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu! credit: invisiblechildren.com

Buat lo yang masih awam dengan istilah yang satu ini, open trip – secara sederhana mungkin bisa didefinisikan sebagai program traveling beramai-ramai dalam grup yang memungkinkan diri lo bertemu dengan traveller lain yang sama sekali tidak kenal.

Mengasyikan memang. Bertemu dengan teman baru di tujuan traveling yang sama. Makanya, open trip jadi solusi saat teman-teman nongkrong lo hanya berwacana untuk traveling tapi ujung-ujungnya tidak jadi, bro.

Open trip dikelola oleh perorangan, atau beberapa orang juga – namun tidak berbentuk seperti agen travel. Open trip tidak hanya sebatas ada ‘orang baik’ yang mengantarkan lo dengan kumpulan traveller lainnya untuk menuju destinasi wisata yang lo mau.

Mereka bahkan mengatur jadwal perjalanan sedemikian rupa. Mulai dari keberangkatan, acara di sana, akomodasi makan dan penginapan, sampai perjalanan pulang. Biasanya satu paket seperti ini harganya akan semakin murah jika banyak yang ikut.

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu! credit: farandwide.much.com

Ya! Hukumnya open trip seperti itu bro. Dari harga yang ditawarkan di brosur – akan jadi semakin murah jika lo mendapatkan grup dengan banyak orang di tujuan yang sama. Makanya, salah satu trik mendapatkan open trip murah adalah melihat dulu kuota travellernya sudah berapa banyak.

Kalau lo bertanya kenapa biaya traveling dengan grup open trip bisa lebih murah, biasanya si pengelola mempunyai kenalan yang ada di destinasi wisata tersebut, dan sanggup untuk mengakomodir grup traveling tersebut dengan harga yang sudah ditentukan.

Bicara soal pengelola open trip – biasanya mereka tidak berbentuk suatu badan, atau perusahaan. Jadi, cukup mudah untuk dituntut secara hukum jika terjadi penipuan seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya.

Modal Percaya Sama Open Trip, Beresiko Tinggi?

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu! theonlysocial.com

Resiko memang selalu ada di hal apapun, termasuk open trip ini. Hal ini dibuktikan dari deretan kasus penipuan open trip selama tiga tahun kebelakangan. Penipuan ini berdasarkan hal sederhana, yaitu modal percaya saja.

Usut punya usut – banyak yang ‘jahil’ untuk memanfaatkan kepercayaan para traveller. Oleh karena itu, berikut beberapa langkah antisipasi agar lo tidak mudah tertipu dengan berbagai penawaran open trip yang berseliweran di media sosial serta dunia maya.

Melihat Kualitas Foto di Penawarannya

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu! credit: twenty20.com

Baik dari brosur cetak atau secara digital – hal sederhana yang bisa lo analisis dari tawaran open trip di media sosial atau intenet adalah kualitas foto yang dipampang di sana. Kalau sekiranya foto serta penjelasannya tidak masuk akal – lebih baik hindari open trip tersebut.

Lihat Website dan Kontak yang Bisa Dihubungi

Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu!

Contoh Open Trip Website. Mengetahui Detil Open Trip dan 5 Langkahnya Agar Tidak Mudah Tertipu! credit: opentripapp.com

Selain foto – yang mesti diperhatikan lagi adalah kualitas website dan hal-hal yang ada di dalam sana. Termasuk kontak yang bisa dihubungi – jika kontak tersebut tidak bisa dihubungi atau tidak ada respon dari pertanyaan-pertanyaan lo terkait dengan paket tawaran liburan itu, lebih jangan diteruskan.

Perhatikan Testimoni Online

Siapapun bisa saja menuliskan testimony dan memberikan penilaian bagus untuk pengelola open trip tersebut. Jadi, lihatlah apa yang mereka bicarakan di testimoni online itu. Kalau hanya bilang ‘bagus, memuaskan, atau oke’ rasanya mesti lo teliti lagi lebih dalam. Jangan-jangan testimoni tersebut dibuat sendiri oleh si pengelola open trip.

Tanya Langsung Dengan yang Sudah Pernah Coba

Jika memang kebetulan salah satu teman lo atau ada sosok yang sudah pernah mencoba open trip tersebut, jangan ragu untuk bertanya soal kualitas open trip tersebut ya.

Lihat Detil Itinerary-nya!

Kalau tidak detil atau sepertinya membosankan soal itinerary-nya – sebaiknya tidak usah lo teruskan ketertarikan lo di open trip tersebut. Biasanya pada bagian ini, mereka – para pengelola open trip bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan memberikan berbagai penawaran yang mengasyikan. Oleh karena itu, coba perhatikan di bagian ini.

Yap, bagaimana bro? Sudah cukup jelas dengan bahasan di atas? Semoga dengan memerhatikan beberapa langkah di atas, kasus penipuan karena open trip abal-abal bisa ditekan dan semakin kecil. Jika masih banyak yang terperangkap – ada kemungkinan para pelaku tidak jera dan malah melihat hal ini sebagai kesempatan mereka mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak lazim, bro.

 

Source – tokopedia dan detik travel

Feature Image – theroadtripguy.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

7 COMMENTS

SHARE
Infonya bagus
Informasi dan tips yg bermanfaat
Good informasi
banyak sekarang jasa open trip yang mahal, padahal kalo dihitung budgetnya dengan traveling sendiri lebih murah
suwun informasinya
Ok siap, ditelusuri agen baru diel
Nice nice