Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini!

Danau Kaolin merupakan salah satu bukti kalau keindahan di Bangka Belitung sangatlah beragam. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini!

Bangka Belitung memang merupakan kawasan dimana lo bisa mendapatkan beragam pilihan spot wisata alam nan indah. Kawasan ini juga menjadi lokasi syuting dari film layar lebar yang bertajuk Laskar Pelangi. Tak heran apabila setelah film itu beresar, kawasan ini ramai diperbincangkan. Nah, terdapat satu kawasan yang selalu menarik perhatian, yaitu Danau Kaolin.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau Bangka Belitung dahulu terkenl sebagai pusan penambangan timah, sehingga terdapat banyak sisaan tempat penambangan di sana. Danau Kaolin salah satu diantaranya. Yaap, bisa dikatakan pula ini merupakan kawasan wisata yang secara tidak sengaja dibuat oleh manusia. Walaupun begitu, danau ini pun menyimpan sebuah keindahan alam nan memukau loh.

Danau yang terletak di Perawas, Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan salah satu kawasan wisata alam di Indonesia yang akan memberikan beragam kesan. Oleh sebab itu jangan sampai tidak mengunjungi di dalam kehidupan lo. Apa saja yang membuat danau ini menarik untuk lo kunjungi? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberpa informasinya di bawah ini.

Keunikan dari Danau Kaolin – Rahasia Dibalik Namanya

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini!

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini! Credit:riatumimomor.com

Yaap, danau ini juga menyimpan banyak rahasia yang perlu untuk lo ketahui loh. Salah satunya ialah dari bagaimana cara pembuatannya sendiri, karena ini bukanlah danau yang berasal dari fenomena alam. Melainkan dari tangan-tangan manusia.

Danau Kaolin sendiri merupakan saksi bisu kekayaan tambang Belitung, karena terbentuk dari ceruk besar bekas penggalian kaolin yang dieksploitasi besar-besaran di kawasan tersebut. Sirnya yang berwarna biru memang menjadi daya tariknya, belum lagi dengan daratan berwarna putih. Paduan warna yang menakjubkan tersebut pun sering sekali menjadi obyek foto para pengunjungnya.

Nah, kaolin sendiri merupakan sejenis mineral tanah liat yang mengandung aluminium silikat. Material ini biasa dijadikan salah satu bahan untuk membuat porselen, kain, kertas, pasta gigi, hingga kosmetik. Alasan mengapa daratannya berwarna putih, dikarenakan mengandung mineral tersebut.

Keunikan dari Danau Kaolin – Bentangan Alam nan Indah

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini!

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini! Credit: backpackerjakarta.com

Danau Kaolin sendiri merupakan tempat wisata alam yang memilki bentangan alam nan indah serta unik. Jarang sekali lo bisa mendapatkan kawasan seperti ini di Indonesia. Sejauh mata memandang lo akan terpesona dengan pemandangan unik di danau ini.

Pemandangan sisa eksploitasi penambangan dari relief batuan yang bentuk tak teratur tak disangka menjadi sebuah keindahan yang mampu memanjakan mata lo. Tak heran apabila banyak dari wisatawan yang datang ke sana selalu membawa kameranya.

Oleh sebab itu, lo jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen di danau ini. Karena memang danau ini memiliki banyak sekali spot foto yang mampu menghasilkan gambar unik nan memuaskan. Bagi lo yang memang memilki hobi fotografi, kawasan danau ini sangat direkomendasikan.

Keunikan dari Danau Kaolin – Aktvitas yang Bisa Lo Lakukan

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini!

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini! Credit: flickr.com

Bukan hanya hunting foto saja yang bisa lo lakukan di danau unik ini, namun terdapat beberapa aktivitas lainnya loh. Sehingga lo jangan khawatir bakalan cepat bosan ketika berkunjung ke sana. Benar-benar tidak akan menyesal ketika berada di sana bro.

Aktivitas yang bisa lo lakukan antara lainnya ialah berenang. Yaap, lo bisa loh berenang di air yang berwarna biru muda tersebut. Enggak bahaya kok, malah memiliki manfaat buat kulit lo. Konon katanya dengan kandungan kaolin di dalamnya dapat menyerap minyak berlebih, serta membuat kulit lo lebih halus.

Namun sangat disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, karena suhu udara di danau ini sangat panas. Dapat dibayangkan bukan apabila lo datang pada saat siang hari bro. Sinar matahari yang menyengat bisa menjadi teman lo. Ooo iyaa, masuk ke dalam kawasan danau ini gratis kok, karena memang belum ada pihak pengelolanya.

Keunikan dari Danau Kaolin – Airnya Sangatlah Segar

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini!

Berada di Bangka Belitung Tengoklah Keindahan Alam di Danau Kaolin Beserta 4 Keunikannya Ini! Credit: jadiberita.com

Setelah sudah mengetahui manfaat dari airnya, ternyata ada fakta menarik lainnya yang perlu untuk lo ketahui, yaitu kesegaran airnya. Yaap, walaupun udara panas di sekitarnya, ketika lo masuk ke dalam airnya, secara tiba-tiba lo akan merasakan kesegarannya.

Kembali lagi, warna airnya memang menjadi primadonanya, tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang senang sekali untuk datang ke sana. Sehingga jangan ragu yaa untuk menyeburkan badan lo ke kesegaran airnya.

Kondisi airnya juga bersih, sehingga lo sudah tidak perlu banyak khawatir mengenai airnya sendiri. Berada di kawasan danau ini juga akan memberikan sebuah nuansa di planet lain loh. Sebab bentuk lanskapnya pun berbeda dengan apa yang bisa lo lihat di danau pada umumnya. Pengalaman menarik tak terlupakan bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke sana.

Cara Menuju ke Danau ini

Hal penting lainnya yang perlu untuk lo ketahui seputar danau ini ialah bagaimana caranya agar lo bisa menginjakkan kaki lo di sana. Danau yang persis terletak di Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung ini cukup mudah untuk lo kunjungi kok.

Karena lo hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusak kota Tanjung Pandan. Yaap, danau bekas galian pertambangan Kaolin ini memang merupakan kawasan yang patut untuk lo kunjungi ketika lo beradai di Kepulauan Bangka Belitung.

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Kaolin di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari danau ini yaa, karena kalau bukan lo yang memulainya siapa lagi. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia yaa!

Source: kumparan.com/

 

 

Featured Image: /backpackerjakarta.com/

 

Wilderness Beginner solo traveling

35 COMMENTS

SHARE
Terkesan gersang
nice info
Nice info
Mantap.....
Unik sekali
Indah sekali gaes
Nice infonya
Airnya bening banget
CUMA BANGKA BELITUNG YANG PUNYA TEMPAT ELOK SEPERTI DANAU KAOLIN
mantap bos