Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang

Jika ingin membuat momen traveling terasa lebih bermakna, pelancong direkomendasikan menjajal voluntourism. Istilah tersebut mengacu pada kegiatan pariwisata sembari menjadi sukarelawan. Apa saja hal yang perlu lo ketahui tentang voluntourism

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang

Traveling merupakan salah satu cara terbaik bagi manusia untuk mengenal dan memahami isi dunia. Lewat traveling, lo dapat berinteraksi dengan kelompok suku masyarakat lain, melihat kebudayaan unik, hingga mengamati keindahan flora dan fauna. Hal-hal tersebut tentu bisa diabadikan pelancong dalam bentuk foto, video, atau tulisan.

Jika ingin membuat momen traveling terasa lebih bermakna, pelancong direkomendasikan menjajal voluntourism. Dilansir dari kompas.com, Istilah tersebut mengacu pada kegiatan pariwisata sembari menjadi sukarelawan. Ditilik dari sudut etimologis, voluntourism sendiri berasal dari kata “volunteer” dan “tourism”.

Bersumber dari laman voluntourism.org, Dewan Pariwisata Nevada menjadi organisasi pertama yang menggunakan istilah voluntourism. Pada tahun 1998, mereka menghimbau masyarakat lokal untuk beperan aktif sebagai relawan. Himbauan ini ditujukan agar wisata pedesaan di salah satu wilayah Nevada mengalami perkembangan.

Perbedaan Kegiatan Voluntourism dengan Volunteering (Sukarelawan)

Kegiatan ini mempunyai sejumlah perbedaan dengan aksi volunteering atau memberi bantuan pada sesama. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan keunikan tersendiri. Apa sajakah itu? Berikut adalah uraian lebih lengkapnya dilansir dari situs gooverseas.com.

1. Menitikberatkan pada Kepentingan Kelompok

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang. Photo Credit: etbtravelnews.global

Umumnya, kegiatan voluntourism melibatkan sekelompok individu dalam suatu perjalanan. Para pelancong nantinya diberikan informasi mengenai tanggal berlangsungnya acara. Selain itu, mereka juga bakal dibebaskan mendaftar sesuai dengan minat pribadi.

Hal tersebut membuat peserta voluntourism harus menyiapkan biaya kunjungan tambahan. Voluntourism diketahui memudahkan pesertanya untuk berbagi pengalaman secara lebih puas. Meski demikian, kegiatan ini juga dikatakan sedikit membatasi interaksi antara pelancong dan warga setempat.

2. Seluruh Kegiatan Diatur oleh Perusahaan

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang. Photo Credit: triblive.com

Perusahaan yang menawarkan jasa voluntourism biasanya bukan dari perusahaan nirlaba. Voluntourism umumnya dikelola oleh perusahaan profit yang tergabung dalam industri travel serta tidak mengurus pengembangan internasional. Begitu deh bro.

Salah satu ciri unik yang mungkin dimiliki voluntourism adalah fokusnya yang tertuju pada pengalaman peserta. Hal inilah yang mendorong pihak perusahaan untuk membuat program dengan tujuan menghasilkan uang selain menebar manfat kepada komunitas di luar negeri. Sejumlah biaya voluntourism juga akan diberikan untuk staf lokal, pengembangan, proyek sukarela, serta peningkatan ekonomi pariwisata.

Jika ingin mengetahui informasi seputar penggunaan anggaran voluntourism, lo bisa menanyakan hal tersebut kepada pihak provider atau penyedia. Perusahaan yang baik tentunya akan menjabarkan penjelasan secara terperinci dan transparan. Oke bro?

3.  Memiliki Jangka Waktu Pendek

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang. Photo Credit: volunteeringsolutions.com

Program dalam voluntourism umumnya termasuk cakupan dari liburan yang lebih besar. Jadi, program ini biasanya melibatkan kunjungan kecil selama satu hari penuh atau seminggu. Penciptaan program-program ini memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menebar kebaikan di luar negeri, namun tak punya waktu cukup untuk mengikuti proyek sukarela.

Selain itu, banyak juga yang tertarik melakukan voluntourism dengan alasan durasinya cenderung lebih pendek. Voluntourism sejatinya dapat diwujudkan dalam aktivitas sederhana. Misalnya ketika liburan musim semi alternatif berlangsung, di mana ada dua waktu minggu perjalanan dihabiskan untuk kegiatan sekolah serta safari di Kenya. Kegiatan ini tentu bisa juga dikatakan sebafai bentuk voluntourism.

4. Tidak Memerlukan Keahlian Khusus

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang

Voluntourism, Cara Pas Nikmati Liburan dan Tebar Kebaikan di Waktu Senggang. Photo Credit: pulitzercenter.org

Jika hendak mencoba voluntourism, lo tidak harus menguasai keterampilan khusus agar bisa memberikan bantuan terhadap korban. Pasalnya, proyek ini melibatkan beragam kegiatan yang cukup variatif, mulai dari pekerjaan konstruksi, pengajaran, konservasi lingkungan dan lain-lain. Semua peserta dapat berpartisipasi tanpa perlu memikirkan latar belakang, pengalaman, atau gelar.

Pihak penyedia voluntourism dari awal memang tidak mencari orang yang berpengalaman di bidang tertentu. Satu hal yang mungkin perlu dimiliki setiap peserta adalah sikap baik serta mudah terbuka kepada hal-hal baru. Program voluntourism akan memastikan setiap grup diawasi dengan baik oleh orang berkeahlian khusus. Mantap, bukan?

Keuntungan Voluntourism

Dilansir dari cnn.com, manfaat yang diberikan voluntourism terhadap suatu komunitas bergantung pada kemampuan para relawan. Sebagai contoh, para dokter sedang menyediakan kebutuhan khusus ke dalam suatu komunitas. Di situ, relawan dapat memberi pertolongan berupa pembangunan perpustakaan atau sekolah bagi masyarakat tidak mampu.

Relawan voluntourism juga dipastikan punya pengalaman travel yang memuaskan. Hal tersebut dikarenakan pihak penyedia voluntourism punya tanggung jawab untuk mengidentifikasi akomodasi terbaik yang disertai kredensial tanggung jawab lingkungan dan sosial. Kenyamanan voluntourist juga ditunjang keberadaan pemandu terlatih yang mematuhi prinsip-prinsip perjalanan.

Voluntourist perlu mencari organisasi yang sering berkonsultasi dengan komunitas lokal. Dengan begitu, lo bisa memastikan kebutuhan dari suatu proyek komunitas tersalurkan dengan baik. Keterampilan para voluntourist juga harus disesuaikan dengan proyek dan terhubung dengan klien yang sebelumnya pernah menjadi relawan.

Demikian informasi seputar voluntourism. Semoga paparan informasi di atas bermanfaat buat lo yang berniat mengisi waktu liburan dengan kegiatan positif dan seru. Proyek satu ini cocok dilakukan traveller berjiwa sosial tinggi yang ingin menebar kebaikan kepada sesama. Jangan ragu mencobanya ya bro.

Feature Image - stuff.co.nz

In Depth Beginner solo traveling

27 COMMENTS

SHARE
dephy
SUNGGUH MULIA
anjas zulkifli
nice info happy wekeend gan
Farid Hidayat
Mantapp gan
Wafiroel N
Ide yg bagus
Hari Tristiyanto
Rwfreshing smbil menyebar kebaikan
Ikbal Travel
Mantaaaap bro
Hengky  kik
Info yang sangat menarik dan menambah wawasan
Saidjah
Mantaaaaap brooo
Reski Taofik Hidayah
Nice pict ....
Yuniarto ( Tato )
Dengan berbagi kita merasa bahagia