Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya!

Karena sudah mendapatkan perhatian dari berbagai pihak, Danau Toba bisa dikunjungi lewat berbagai pilihan transportasi, lho. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini ya!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya!

Jadi salah satu danau yang sekarang ini tengah diperhatikan sekali oleh pemerintahan, Danau Toba diprediksi jadi salah satu daya tarik Sumatera Utara untuk traveling. Diperkirakan juga, atas perhatian pemerintah, diharapkan Danau Toba mampu menarik banyak petualang untuk datang ke sana.

 

Sudah pernah dibahas soal berbagai fakta menarik Danau Toba, bahkan sampai sejarahnya – Danau Toba memang mempunyai keindahan alam yang berbeda dari danau-danau lainnya. Danau Toba sendiri jadi danau paling besar dan paling luas di antara danau lainnya di Indonesia.

Danau Toba mempunyai karakteristik atau keunikan tersendiri yang rasanya tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya. Saking besar dan luasnya – Danau Toba mempunyai sebuah pulau yang berada di tengahnya, yaitu Pulau Samosir.

 

Pulau Samosir begitu terkenal karena cerita rakyatnya yang melegenda. Terlepas dari hal tersebut, keindahan alam di sana memang luar biasa. Oh iya bro, buat lo yang ingin mengetahui seberapa luasnya Danau Toba, sila naik ke Menara Tele.

 

Dari atas menara tersebut – lo akan melihat luasnya Danau Toba yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Bro, perlu lo ketahui nih kalau lo mau datang ke menara tersebut untuk mendapatkan foto lanskap terbaik dari Danau Toba – setidaknya ada dua waktu yang mesti lo ketahui.

 

Waktu pertama adalah saat matahari terbit atau sunrise – dan waktu yang kedua adalah matahari terbenam atau sunset. Tidak hanya di pantai-pantai saja, bro – sunrise dan sunset di Danau Toba juga sangat memanjakan mata!

 

Nah, buat lo yang sudah penasaran sama keindahan alam yang ada di Danau Toba dan ingin membuktikannya sendiri – ada beberapa hal yang mesti lo ketahui juga nih. Setidaknya sekarang sudah banyak pilihan moda transportasi untuk menuju spot petualangan ini.

Lalu, apa saja pilihan transportasinya? Sila simak bahasan kali ini ya bro!

 

Transportasi ke Danau Toba: Dua Bandara Dekat Sana!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya! credit: travel.kompas.com

 

Dilansir dari Kumparan Travel – kalau di dekat Danau Toba sekarang ini sudah ada dua bandara. Satu bandara adalah Bandara Internasional Silangit yang dikelola oleh Angkasa Pura II, dan satu lagi adalah Bandara Sibisa yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

 

Keberadaan dua bandara ini jelas mempermudah akses lo untuk sampai ke Danau Toba. Nah, jika lo akan terbang dari Jakarta – lo bisa pilih beberapa maskapai seperti Citilink, Batik Air dan Sriwijaya Air yang melayani rute Jakarta – Silangit.

 

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya! credit: tfanews.com

 

Kalau lo ingin ke Bandara Sibisa, hanya ada satu maskapai yang melayani satu penerbangan di hari Jumat dengan rute Bandara Sitoli Nias ke Bandara Sibisa Danau Toba. Maskapai tersebut adalah Aviastar. Kemudian, kalau soal harga – maskapai apapun sepertinya harga bisa berubah-ubah.

 

Mungkin untuk mendapatkan harga penerbangan yang murah – lo bisa pesan dari jauh-jauh hari nih bro. Jadi sebaiknya – jika lo memang ingin ke Danau Toba, sudah benar-benar lo perhitungkan seberapa lama dan kapan lo akan berangkat serta pulang, agar membeli tiket pesawatnya bisa lebih murah.

 

Transportasi ke Danau Toba: Jalur Danau!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya! credit: pesona.travel

 

Ingin ke Danau Toba dengan cara yang cukup berbeda? Tenang bro, lo sekarang bisa mencapai dan menjangkau danau besar ini dengan pilihan transportasi melalui jalur danau. Setidaknya sudah ada sembilan dermaga yang siap jadi pintu gerbang lo menuju petualangan di Danau Toba.

 

Sebut saja seperti dermaga Simanindo, Tomok, Ajibata, Tiga Ras, Ambarita, Muara, Onan Runggu, Balige dan Sipinggan Nainggolan. Khusus untuk Ambarita – tergolong dermaga baru yang masih berada di tahap konstruksi.

 

Transportasi ke Danau Toba: Lewat Jalur Darat!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya!

Makin Mudah Traveling ke Danau Toba! Berikut 3 Pilihan Transportasinya! credit: reporter88.com

 

Percaya atau tidak – sekarang ini lo bisa lho ke Danau Toba dengan menaiki kereta. Ada jalur kereta Danau Toba Medan – Pematang Siantar, atau jalur tol Medan – Kualanamu buat lo yang ingin naik mobil. Di jalur atau rute tersebut lo bisa menempuh jalur lingkar Danau Toba sepanjang 366 kilometer dan jalan lingkar Pulau Samosir sepanjang 145 kilometer.

Luar biasa, bukan? Kemudahan untuk mengakses Danau Toba ini berkat berbagai pihak yang terkait sehingga fasilitas apapun yang ada di dalamnya, mesti lo jaga nih bro!

 

Wah bagaimana nih? Jika sudah cukup jelas berbagai pilihan jalur transportasinya – kira-kira, kapan nih lo siap untuk berpetualang ke Danau Toba?

 

Source – Kumparan

Feature Image – genpi.co

Wilderness Beginner danau solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
Ajib dah makin mudah dgn adanya pembangunan infrastruktur
jadi kepengen banget kesana.
nice info
mantap jiwa min
Nice Info
transportasi memudahkan kita untuk berwisata
Mantaaaap
Infonya bermanfaat
Danau Toba juga penuh Misteri
sipp dahh