Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu!

Sempat jadi perhatian para traveler karena erupsinya yang mendadak - sekarang ini masih tahap rehabilitasi untuk Gunung Tangkuban Perahu. Mau kapan dibuka lagi untuk umum ya?

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu!

Kurang lebih sudah lima sampai enam hari yang lalu, Indonesia khususnya traveller di daerah Jawa Barat dikagetkan dengan adanya erupsi dari Gunung Tangkuban Perahu. Gunung berapi yang sudah lama tidak beraktivitas padat ini tetiba meletus.

 

Menjadi spot petualangan yang populer di kawasan Jawa Barat, Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu spot wajib dikunjungi oleh para traveller yang ingin menjelajah Jawa Barat. Para traveller mungkin masih bingung atas erupsi tersebut karena gunung ini sudah lama ‘tidur’.

Abu vulkanik dan beberapa material perut gunung lainnya kemarin dimuntahkan sampai setinggi 200 meter dari puncaknya. Cukup mengagetkan dentuman suara sampai jarak pandang yang begitu terbatas ketika Gunung Tangkuban Perahu erupsi.

 

Data Dari Pengamatan PVMBG

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu!

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu! credit: tribunnews.com

 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan kalau abu vulkanik yang keluar dari mulut Gunung Tangkuban Perahu mempunyai warna kelabu yang cenderung gelap dengan intensitas yang cukup tebal.

 

Ditambah, menurut PVMBG – letusan kemarin mengeluarkan abu vulkanik yang cenderung condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi kemarin terekam di Seismograf dengan amplitudo maksimum 38 milimeter dan durasi sekitar 5 menit 30 detik.

 

Warna kelabu di abu vulkanik yang keluar adalah parameter seberapa parah beracunnya abu vulkanik tersebut. Untungnya – tiga sampai empat jam setelah erupsi pertama, abu vulkanik yang keluar sudah berwarna putih. Artinya sudah didominasi dengan uap air.

 

Kondisi Ekosistem di Gunung Tangkuban Perahu

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu!

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu! credit: medcom.id

 

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu ini menjadi salah satu perhatian banyak pihak terkait, tidak terkecuali Kementerian Pariwisata, yang terus memantau perkembangan ekosistem pariwisata setelah erupsi gunung tersebut.

 

Maklum, Gunung Tangkuban Perahu – seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sudah menjadi salah satu spot wisata populer yang ada di Jawa Barat sehingga apapun kondisinya mesti diperhatikan. Dari pantauan yang dilakukan pihak-pihak terkait ada beberapa hal yang mesti diketahui oleh traveller dan warga sekitar.

 

Hasil pantauan pertama adalah Gunung Tangkuban Perahu sekarang ini tengah berada di status level I atau normal. Namun, tetap ada rekomendasi tertentu terkait hasil pantauan tersebut. Rekomendasi itu adalah pengunjung, wisatawan, pendaki gunung sampai warga sekitar yang ada di sana tidak disarankan untuk turun melihat Kawah Ratu dan Kawah Upas.

 

Dua kawah ini adalah salah satu dari banyaknya daya tarik dari Gunung Tangkunban Perahu. Oleh karena itu, mesti sering dikunjungi oleh para traveller. Namun, dengan kondisi pasca erupsi ini – disarankan untuk tidak mendekatkan diri dengan dua kawah tersebut.

 

Mengetahui Jenis Erupsi Gunung Tangkuban Perahu

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu!

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu! credit: galamedianews

 

Cukup mengagetkan – artinya erupsi yang dialami oleh Gunung Tangkuban Perahu adalah erupsi atau letusan yang mendadak tanpa terdeteksi oleh alat-alat yang sudah dipasangkan untuk mencegah bencana alam besar.

 

Bro, perlu lo ketahui kalau gunung berapi di Indonesia, walau terlihat dan diketahui sudah ‘tidur’ lama – tapi bisa saja tetiba mengeluarkan material berbahayanya dari mulut gunung tersebut. Jenis erupsi seperti ini dinamakan letusan freatik.

 

Tidak ada gejala-gejala layaknya gunung berapi akan erupsi – letusan freatik bisa terjadi begitu saja. Oleh karena itu, buat lo sebagai pendaki serta traveller yang suka naik-turun gunung, pastikan lo mengetahui bagaimana yang harus dilakukan jika terjadi hal-hal mendadak seperti itu ya.

 

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu: Penyaringan Data Berita

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu!

Kabar Terbaru dari Gunung Tangkuban Perahu Pasca Erupsi Lima Hari Lalu! credit: bbc.com

 

Terkait dengan erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Jawa Barat ini – beberapa pihak terkait memandu warga sekitar untuk tidak mudah panik karena berita-berita yang cepat menyebarluas dari media sosial.

 

Warga sekitar diharapkan untuk mencari tahu dulu kebenaran dari berita tersebut sebelum meneruskannya ke orang lain. Hal ini untuk menekan hoax yang cukup berbahaya untuk warga sekitar Gunung Tangkuban Perahu.

 

Kapan Dibuka Untuk Umum Lagi?

 

Setelah ekosistem di Gunung Tangkuban Perahu serta sekitarnya kembali normal dan bagus lagi – kemungkinan langsung akan dibuka untuk umum. Percaya atau tidak – karena ada kejadian seperti ini, banyak traveller yang malah penasaran dengan spot petualangannya.

Sebagian besar dari mereka memang ingin tahu langsung bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh alam ketika ada kejadian erupsi seperti yang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu. Tidak apa-apa sih bro, asal jika ke sana – tetap perhatikan aturan-aturan yang ada ya!

 

Source – CNN Indonesia, Tirto

Feature Image – medcom.id

Trending Extreme jawa barat

40 COMMENTS

SHARE
Dengar info dari berita TV, sudah di buka kembali untuk umum.
Ttp aja harus waspada
Semoga lekas pulih kembali keadaan tangkuban perahu
nice info
Gunung legenda di jawabarat...yang menawarkan sejuta pesona.
tetep harus waspada gan
Tuhan mempunyai rencana
Tetep waspada letusan freatik bs terjadi kapan saja
Tetep waspada
tetap waspada