5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

Jika menyukai makanan dan sejarah, tidak ada salahnya lo mengunjungi museum kuliner yang ada di sejumlah negara. Apa sajakah museum kuliner unik yang patut dikunjungi pelancong saat berlibur keliling dunia? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

Museum bertema kuliner bisa jadi destinasi liburan terbaik buat lo yang punya kecintaan lebih terhadap makanan dan sejarah. Ada sejumlah museum makanan unik yang bisa lo temukan di berbagai negara, mulai dari Jepang hingga Belgia. Tiap museum biasanya mengusung konsep atau tema unik yang mudah mengundang rasa penasaran wisatawan.

Usai bertandang ke museum kuliner, wawasan lo mengenai sejarah kuliner suatu negara tentu bakal bertambah luas. Apa sajakah museum kuliner unik yang patut dikunjungi pelancong saat berlibur keliling dunia? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan simak penjelasan di bawah ini ya bro!

1. Friet Museum

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah. Photo Credit: neverseenbefore.net

Masyarakat Belgia nampaknya punya kecintaan khusus terhadap kentang goreng bertekstur renyah dan gurih. Hal tersebut dapat dibuktikan dari keberadaan museum khusus kentang goreng bernama “Fret Museum” di negara ini. Museum unik ini bisa lo jumpai di kota Bruges.

Daya tarik Fret Museum terletak pada tampilannya yang begitu indah dan menarik. Tempat ini pas dikunjungi wisatawan yang hobi memotret foto selama liburan. Ketika masuk ke dalam museum ini, lo dapat mengamati beragam ukiran serta patung kentang goreng raksasa. Semuanya instagrammable deh bro!

Di Fret Museum, wisatawan tidak hanya bisa puas meluangkan waktu dengan berfoto. Lo juga dapat menyelami sejarah kentang yang diduga pertama kali tumbuh 10.000 tahun silam di Peru. Museum ini juga menyimpan sejumlah karya seni menawan yang berkaitan dengan kentang goreng. Pokoknya, Fret Museum patut disambangi wisatawan penggila kentang goreng deh.

2. Cup Noodle Museum

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah. Photo Credit: upinthenusair.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan mie instan? Makanan satu ini kerapkali menjadi santapan sehari-hari masyarakat dari berbagai belahan dunia. Di Jepang, makanan ini menginspirasi lahirnya sebuah destinasi wisata populer. Nama tempat wisata tersebut adalah Cup Noodle Museum.

Lo dapat menemukan museum unik ini di wilayah Yokohama. Setibanya di Cup Noodle Museum, pengunjung bisa melihat-lihat beragam jenis mie instan yang disajikan dalam bentuk cup. Kemasan cup mie yang ada di sini pun bermacam-macam. Pemandangan dalam museum ini tentu menggugah selera para penikmat mie instan.

Sejarah mie dalam kemasan juga dapat dipelajari wisatawan di museum ini. Cup Noodle Museum juga mempunyai fasilitas unik yang dapat dinikmati pengunjung, contohnya seperti kolam yang bisa dijadikan tempat makan sup ramen. Selain itu, lo juga bisa mengamati proses pembuatan mie instan di museum in. Seru sekali deh bro!

3. Dutch Cheese Museum

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah. Photo Credit: kaasmarkt.nl

Pernah membayangkan bagaimana rasanya melihat museum yang diisi beragam produk keju? Jika belum, Dutch Cheese Museum wajib masuk dalam bucket list lo ketika traveling di lain waktu. Museum ini direkomendasikan bagi pelancong yang tertarik memperluas wawasan lebih dalam soal keju.

Contoh jenis keju yang bisa lo lihat di Dutch Cheese Museum adalah Edam dan Gouda. Usia gedung yang menjadi tempat museum ini kabarnya sudah mencapai ratusan tahun. Di dalamnya, wisatawan dapat mengamati alat pengolahan keju yang berasal dari abad ke-16. Wow!

Dutch Cheese Museum menawarkan pengalaman berlibur yang seru. D museum ini, lo bisa menghabiskan waktu dengan memelajari cara pemerasan susu sapi hingga akhirnya siap diolah menjadi keju. Destinasi wisata edukatif ini tentu cocok dikunjungi pelancong bersama teman atau keluarga.

4. The Herring Era Museum

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah. Photo Credit: flickr.com

Museum kuliner satu ini juga tak boleh dilewatkan pelancong yang tengah berlibur ke Islandia. The Herring Era Museum berlokasi di kota Siglufjorour. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan ikan herring.

Jika dilihat dari depan, tampilan The Herring Era Museum mungkin nampak kurang menarik. Akan tetapi, anggapan ini akan berubah ketika lo memasuki ruang dalam area museum. Lo bakal terkesima melihat beragam jenis alat-alat pengolahan ikan herring di sekitar sini.

The Herring Era Museum menggunakan bangunan kuno bekas gedung pabrik pengasinan ikan. Gedung tua ini kabarnya sudah berdiri sejak abad ke-20. Museum ini bisa jadi destinasi wisata ideal bagi pelancong yang mencari tempat liburan unik di Islandia.

5. Carpigiani Gelato Museum

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah

5 Museum Kuliner Unik, Cocok Disambangi Pelancong Penikmat Makanan dan Sejarah. Photo Credit: beerandcroissants.com

Italia juga memiliki museum kuliner unik berisi hal-hal yang berkaitan dengan es krim gelato. Nama tempat tersebut adalah Carpigiani Gelato Museum. Untuk menemukannya, lo bisa menyambangi kota Carpigiani di Italia.

Gelato diketahui merupakan salah satu makanan khas Italia yang mendunia. Nah, jika tertarik mengenal keunikan kuliner tersebut, Carpigiani Gelato Museum adakah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan. Di sana, lo bisa menjumpai es krim Gelato dengan varian rasa berbeda.

Carpigiano Gelato Museum kabarnya bertempat di gedung tua bekas pabrik es krim pertama di dunia. Saat memasuki museum ini, lo dapat mengenal sejarah pembuatan gelato hingga para penjual.nya Para pengunjung juga berkesempatan mengenal ilmu gelatology di ruang workshop museum ini. Mantap sekali, bukan?

Itulah 5 museum kuliner unik yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tempat-tempat di atas cocok dijelajahi wisatawan penggemar kuliner dan penikmat sejarah. Museum-museum ini tentu sayang untuk dilewatkan pelancong yang berkesempatan keliling dunia. Jangan lupa kunjungi semuanya ya bro!

Source: detik.com

Feature Image - onetinyleap.com

Urban Places Beginner foodventure solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Wow keren museum nya.
Keren banget
hehe unik unik museumnya
Cup Noodle Museum Lucu banget ya
Kereeen ya
keren bgt
Seru sih nih jadi tau sejarah makanan
Emang uni
Baru tahu ada musium kuliner..informasi yg bermanfaat
Di indonesia udah ada belom ya