Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Istana megah memang merupakan salah satu daya tarik pariwisata Indonesia, bahkan beberapa di antaranya sangatlah indah. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Bukan hanya keindahan dari sebuah spot wisata alamnya saja, Indonesia juga memilki beberapa pilihan istana nan megah loh. Dengan kata lain, kebudayaan di negara ini juga menjadi daya tarik yang perlu tunuk lo ketahui loh. Yaap, kebanyakan istana di negara ini memang merupakan peninggalan dari zaman dahulu. Bahkan masih berdiri dengan indah hingga hari ini.

 

Peradaban manusia di Indonesia sendiri memang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, tak heran apabila lo masih bisa melihat banyak sekali gedung-gedung atau bangunan peninggalan di negeri ini. Bentuknya pun berbeda-beda serta mencerminkan kebudayaan di tempat asalnya.

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan-pilihan istana megah yang ada di Indonesia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Yang terpenting ialah lo masih bisa mengunjunginya untuk melihat serta menjadi saksi betapa indahnya kebudayaan di Indonesia. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya yaa.

Istana Megah yang Ada di Indonesia -  Istana Malige

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia! Credit: v6de.com

Berbicara mengenai istana megah, lo patut untuk berkunjung ke Istana Malige nih bro. Biasa juga disebut Kamali, istana ini dahulunya merupakan kediaman Sultan Buton. Uniknya lagi istana ini dibangun tanpa menggunakan paku ataupun tali untuk menyambung kayunya.

 

Bangunannya didirikan hanya dengan saling mengait satu dengan lainnya. Meski begitu, istana ini tetap mampu berdiri kokoh dan tegak di atas pondasi batu alam yang disebut dengan Sandi. Keunikannya pun tak berhenti sampai di situ saja, karena Sandi ini tidak ditanam di dalam tanah seperti bangunan modern, tapi hanya diletakkan begitu saja tanpa perekat.

 

Istana yang terletak di Kelurahan Melai, Kecamatan Betoambari, Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara ini memang patut dijadikan destinasi wisata lo berikutnya. Sehingga jangan lupa untuk masukkan ke bucket list lo kelak yaa.

 

Istana Megah yang Ada di Indonesia -  Keraton Kasepuhan

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia! Credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Berikutnya mengenai istana megah di Indonesia, jangan sampai melewati yang satu ini yaa. Karena ini merupakan sebuah istana yang unik serta indah loh. Keraton Kasepuhan sendiri merupakan sebuah istana di kawasan Cirebon. Kondisinya pun masih sangat megah dan terawat baik.

 

Keraton Kasepuhan sendiri pertama kali didirikan oleh Pengeran Cakrabuana pada masa perkembangan Islam sekitar tahun 1529. Bisa dikatakan pula keraton ini merupakan reprensentasi dari arsitektur Islam Nusantara. Walaupun begitu, keraton ini masih memiliki unsur Hindu yang kental seperti tembok dan gapura keraton yang serupa dengan arsitektur bangunan Hindu.

 

Bangunan ini pun masih memiliki museum yang lengkap berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Di sini lo bisa melihat kereta Singa Barong yang dikeramatkan. Meski sudah dipakai lagi, setiap tanggal 1 Syawal kereta ini dikeluarkan untuk dimandikan.

Istana Megah yang Ada di Indonesia – Istana Maimun

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia! Credit: id.wikipedia.org

Beralih ke kawasan Sumtera Utara lo bisa mendapatkan sebuah istana indah dengan arsitekturnya yang sangat menarik banyak perhatian. Istana tersebut ialah Istana Maimun, bangunan nan megah ini pertama kali dibangun pada tahun 1888 oleh Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah dengan luas sebesar 2.772 meter persegi dan memiliki 30 ruangan.

 

Bisa dikatakan pula kalau istana ini memilik umur yang uzur, walaupun begitu keindahannya pun masih bisa lo nikmati hingga hari ini. Uniknya lagi istana ini juga dibangun oleh arsitektur dari Italia. Sehingga jangan heran apabila lo bisa menemukan sedikit sentuhan bergaya Eropa di dalamnya.

 

Istana yang bisa lo temukan di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid, Kota Medan ini tentu akan memberikan sebuah pengalaman jalan-jalan yang sulit untuk lo lupakan. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan yang tertarik untuk melihat seperti apa keindahannya dari dekat.

Istana Megah yang Ada di Indonesia – Istana Siak Sri Inderapura

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia! Credit: /traverse.id

Kalau lo sedang berada atau merencanakan untuk berlibur ke kawasan Riau, jangan lupa untu menghampiri Istana Siak Sri Inderaputra. Istana yang tepat terletak di Kp. Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau ini masih menyimpan kemegahannya loh.

 

Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman resmi daru Sultan Siak. Istana ini dibangun pada tahun 1889 saat Siak berada di bawah pimpinan Sultan Syarif Hasyim dan baru selesai dibangun pada tahun 1893. Istana berwarna putih ini memiliki arsitektur yang bercorak Melayu, Arab dan Eropa.

 

Bukan hanya berfungsi sebagai kediaman sultan, namun istana ini juga berfungsi sebagai tempat menjamu tamu, serta ruang siding kerajaan. Di dalam halamannya masih terdapat beberapa buah meriam yang ditaa menyebar di berbagai sudut halam. Bukan hanya itu saja, namun di belakang istana terdapat sebuah bangunan kecil yang dulunya berfungsi sebagai penjara.

Istana Megah yang Ada di Indonesia – Istana Tampak Siring

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia!

Ini Merupakan 5 Pilihan Istana Megah yang Ada di Indonesia! Credit: /ksmtour.com/

Bukan hanya deretan pantainya saja loh yang bisa lo dapatkan di Bali, karena lo juga bisa melihat keindahan atau kemegahan dari Istana Tampak Siring. Istana ini dibangun setelah Indonesia merdeka. Suasana yang sejuk serta jauh dari keramaian kota pun menjadi salah satu daya tariknya.

 

Kompleks istananya sendiri terdiri empat gedung utama, yaitu Wisma Merdeka yang memiliki luas 1.200 meter, Wisma Yudhistira dengan luas 2.000 meter serta Ruang Serbaguna. Penyelesaian dari istana ini pun rampung pada tahun 1963.

**

Jadi bagaimana bro dengan pilihan istana termegah yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Teruslah telusuri kebudayaan serta keindahan alam yang ada di negeri ini yaa. Semangat selalu!

 

Source: boombastis.com/

 

Featured Image: en.wikipedia.org/

 

Urban Places Beginner solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
bagus ya istananya
istana megah asli Indonesia
merupakan cagar budaya milik Indonesia yang harus selalu di jaga karena ini adalah aset bangsa
Kereen yaa...
amazing ya
Istana tanpa paku
keren bgt
Istana tampak siring bali kayanya bagus banget
Indahnya pemandangan
Bagusnya