Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro!

Bingung mau punya sepeda bmx yang seperti apa? Ketahui dulu gaya permainan yang akan sering lo mainkan, baru sesuaikan dengan sepedanya, bro. Sila simak bahasan ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro!

Apakah menurut lo sepeda bmx itu semua sama saja? Kalau iya, berarti nongkrong lo kurang lama nih sama anak-anak bmx!

 

Bro, bicara soal bmx – apakah lo juga tahu kalau BMX itu adalah sebuah singkatan? Kalau lo belum tahu, singkatan dari bmx adalah Bicycle and Motocross. Oke juga nih yang membuat singkatannya dan kata bmx memang terbaca keren!

 

Setelah tahu singkatan dari bmx itu apa, selanjutnya adalah apakah lo tahu jenis-jenis dari permainan bmx? Wah kalau lo belum tahu juga – lebih baik sekarang lo seduh kopi dulu, siapkan kudapan atau cemilan serta teman lainnya agar makin fokus membaca artikel ini.

 

 

Perlu lo ketahui kalau permainan bmx itu setidaknya ada tiga jenis atau tiga macam. Dari ketiga jenis atau macam permainan bmx, tentunya berpengaruh juga terhadap jenis sepedanya. Kalau lo melihat permainan bmx itu hanyalah freestyle atau saling adu trik, itu baru satu macam permainan saja, bro.

 

Dibahasan kali ini – lo akan diberitahu kalau bmx punya tiga jenis permainan. Nah, apa saja dan bagaimana perbedaanya? Sila simak terus bahasan kali ini ya!

 

Jenis-Jenis Permainan BMX

Jenis permainan atau variasi dari permainan bmx cukup membuat jantung lo berdegup dan adrenalin terpacu, lho. Mengapa? Karena hampir ketiga jenisnya termasuk ke kategori extreme urban sport. Buat mengetahui semua jenisnya, mari dimulai dari yang paling pertama.

 

Jenis Permainan BMX: Freestyle Bikes

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro!

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro! credit: danscomp.com

 

Yang pertama adalah freestyle bikes – jenis atau variasi permainan dari bmx yang satu ini adalah dasar dari segala permainan lainnya. Freestyle bikes adalah jenis permainan bmx yang paling sering lo lihat. Biasanya main di taman atau sudut-sudut kota.

 

Freestyle bikes bmx biasanya hanya mengkedepankan berbagai macam trik. Dari trik dasar, sampai trik-trik yang terlihat mustahil untuk dilakukan. Untuk melakukan trik-trik tersebut, biasanya para biker bmx memerlukan obstacle yang mirip dengan yang ada di skate park.

 

Makanya, di beberapa tempat – biasanya skate park tidak berisi mereka yang main skateboard saja, tetapi juga bmx. Nah, dari cara mereka memainkan freestyle bikes – tentu jenis sepeda bmx nya berbeda daripada jenis permainan lainnya.

 

Biasanya, di freestyle bikes – sepeda bmx tidak memerlukan grip rem depan, atau belakang. Jadi polos begitu saja. Hal ini terkait dengan cara mereka bermain yang tidak bergantung dengan kecepatan. Mereka dalam freestyle bikes hanya mengandalkan frame sepeda yang kuat, stang sepeda yang bisa diputar 360 derajat, dan beberapa tidak menggunakan sadel.

 

Bicara soal frame sepeda bmx yang kuat untuk jenis permainan freestyle bikes – dianjurkan untuk menggunakan batang sepeda yang terbuat dari besi krom. Besi krom ini biasanya terbuah dari bahan alloy yang dilapis lagi. Ringan namun kuat.

 

Jenis Permainan BMX: Street Bikes

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro!

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro! credit: icebike.org

 

Tidak jauh berbeda dengan freestyle bikes – jenis permainan bmx yang satu ini lebih ekstrem daripada gaya sebelumnya karena mayoritas, para biker-nya memang bermain di jalanan. Mereka tidak segan untuk melakukan trik di pinggir jalan dengan traffic yang cukup padat.

 

Bahan atau jenis sepedanya pun hampir sama. Dari batangan sepeda atau framenya – memang tetap dianjurkan yang berjenis besi krom – yaitu alloy yang dilapis lagi sehingga ringan tapi kuat. Beberapa dari sepeda bmx yang satu ini dipasangi grip rem belakang, agar bisa mencegah terjadinya tabrakan.

 

Jenis Permainan BMX: Race Bikes

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro!

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro! credit: gtbicycles.com

 

Jenis permainan bmx yang ketiga inilah yang cukup ekstrem. Hal ini mengacu kepada kata race yang artinya – lo akan balapan dengan para biker lainnya. Untuk mengungguli satu sama lain, para biker bmx ini tidak hanya melakukan trik-trik saja tetapi juga speed yang mantap.

 

Oleh karena itu, biasanya sepeda bmx untuk jenis permainan ketiga ini biasanya menggunakan grip rem di ban depan dan ban belakang. Hal ini tentu mengacu kepada strategi mereka agar bisa saling mendahului.

 

Oh iya, bukan karena ini bentuknya balapan lalu tidak ada obstacle yang mesti mereka lalui ya bro. Ingat, ini bmx, bukan tour de franc yang hanya mengandalkan tenaga, stabilitas dan kecepatan untuk menang. Di balapan bmx, lo juga akan melewati beberapa rintangan seperti gundukan, tanjakan atau turunan curam.

 

Oleh karena itu, jenis sepeda bmx untuk balapan ini cukup berbeda dari jenis sepeda di jenis permainan sebelumnya. Kalau sebelumnya menggunakan alloy campuran besi – sepeda bmx di jenis permainan ini disarankan menggunakan frame yang berbahan aluminium berlapis.

 

Selain begitu kuat dan lentur serta tahan lama – frame dengan bahan ini juga ringan. Hal ini dimaksudkan agar para biker tidak akan cidera karena sepeda yang rusak akibat ngebut dan melewati berbagai obstacle yang ada.

 

Pernah Ada BMX Digunakan di Trek MTB?

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro!

Suka Main BMX? Ketahui 3 Jenis Sepeda BMX dari Gaya Permainannya, Bro! credit: sinalcogroup.com

 

This sounds so risky because bmx should be in their own tracks – not owning mtb’s track. Cukup berbahaya sih kalau bmx dipakai untuk melintasi trek-trek yang biasa mtb trabas. MTB atau mountain bike adalah jenis sepeda khusus yang memang didesain untuk melintasi alam bebas.

 

 

Alam bebas menyajikan trek-trek dengan halang rintang alami, bro. Bukan buatan seperti yang ada di trek bmx. Oleh karena itu, tentu bmx sepertinya tidak bisa digunakan untuk menerabas alam bebas. Bijaklah dalam menggunakan sepeda di trek masing-masing ya bro!

 

Source – icebike.org

Feature Image – citypages.com

Gear Extreme

11 COMMENTS

SHARE
DARI KECIL SUKA BANGET LIHAT BMX
Aku sih race bikes bro
Nice info
Oh ke beda-beda ya
keren gann
waktu kecil cuma bisa maen gaya freestyle hehe
Bahas Brompton juga dong min
Nice Info
Sampe sekarang masih suka gowes namun ga bisa banyak gaya bro.
ajib2 skil nya