5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

Pulau Peucang adalah salah satu spot petualangan yang eksotis dan harus masuk ke dalam daftar petualangan lo nih. Mengapa begitu? Sila simak bahasan kali ini ya!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

Keberadaannya memang tidak se-populer deretan spot petualangan seperti pantai dan lainnya di Pulau Bali. Tapi, spot petualangan yang satu ini mempunyai potensi yang tidak kalah jauh dengan yang sudah terkenal terlebih dahulu.

 

Mungkin bisa disandingkan dengan deretan pantai-pantai eksotis di Bali, Lombok, bahkan Raja Ampat – Pulau Peucang, adalah salah satu surga tersembunyi buat para petualang yang suka menikmati keindahan alam bawah laut, dan tentunya yang suka menikmati kesunyian.

 

 

Lho, mengapa kesunyian? Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas. Karena tidak sepopuler yang lain, maka Pulau Peucang masih tergolong spot petualangan yang sepi. Sepi dari pengunjung, apakah karena lokasinya?

 

Pulau Peucang sendiri berlokasi cukup terisolasi dari keramaian. Namun, secara geografis, Pulau Peucang masih masuk ke dalam Kabupaten Pandeglang Banten, tepatnya di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.

 

Nah, terkait taman nasional ini – nama Pulau Peucang bisa jadi muncul ke permukaan karena beberapa traveller yang mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon, dan mereka sekalian untuk eksplorasi ke Pulau Peucang.

 

Makin penasaran dengan segala keindahan atau fakta-fakta di balik Pulau Peucang? Tenang bro, sila simak bahasan ini saja sampai habis karena di bawah ini terdapat beberapa fakta terkait Pulau Peucang yang eksotis!

 

Pulau Peucang: Daftar Warisan Dunia UNESCO

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi! credit: open-trip.id

 

Predikat yang satu ini entah sengaja atau tidak – namun ternyata Pulau Peucang juga masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Hal ini terkait dengan kedekatan lokasinya dengan Taman Nasional Ujung Kulon, yang memang sudah masuk ke dalam daftar tersebut.

 

Pulau Peucang tidak sendirian masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO tersebut. Setidaknya ada dua pulau lain yang masuk juga. Dua pulau tersebut adalah Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum. Nah, karena sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia, kalau lo ke sini – tolong dijaga ya bro!

 

Pulau Peucang memang mempunyai daya tarik tersendiri yang cukup magis. Pulau ini mempunyai deret pantai yang indah, tidak kalah dengan deret pantai yang ada di Pulau Bali. Pasir putih yang bersih, air laut yang kebiruan jernih – membuat siapapun pasti tergoda untuk main di sana.

 

Pulau Peucang: Asal-Usul Nama Peucang

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi! credit: triptrus.com

 

Ada dua versi soal nama Peucang di pulau yang eksotis ini. Versi pertama adalah – nama Peucang diambil dari siput yang sering ditemukan di pinggir pantainya. Dari nama siput itulah, pulau eksotis ini dinamakan Pulau Peucang.

 

Versi lain atau versi kedua berasal dari sebutan masyarakat setempat Peucang, yang merupakan sebuah istilah di dalam bahasa Sunda. Dalam bahasa Sunda, Peucang berarti kancil. Kebetulan, di pulau ini memang banyak sekali kancil dan rusa.

 

Mungkin, karena masih dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon, kalau lo datang ke sini – jangan heran kalau hewan atau satwa liar masih berkeliaran dengan bebas sampai di pinggir pantai. Rusa, Kijang, bahkan Babi Hutan, masih bisa lo temukan dengan mudah di sana.

 

Pulau Peucang: Pohon Ara, si Eksotik Tapi Licik

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi! credit: phinemo.com

 

Tidak hanya dari satwa saja yang kaya dan bermacam-macam di Pulau Peucang, tumbuhan serta flora juga begitu. Di Pulau Peucang, setidaknya ada berbagai jenis flora yang unik. Salah satunya adalah Pohon Ficus atau Ara Pencekik.

 

Mengapa dibilang pencekik? Pohon Ara ini adalah tumbuhan parasit yang melilit pohon lainnya untuk hidup. Biasanya, jika sudah melilit dan pohon tersebut dapat hidup dari pohon yang ditumpangi – pohon yang ditumpanginya akan mati.

 

Nah, lilitan akar serta dahannya yang membuat pohon ini menjadi unik. Lilitannya seperti pahatan kayu buatan manusia. Rapi dan terkesan angker jika memang pohon aranya sudah besar. Namun, mau bagaimana juga – pohon ini adalah salah satu daya tarik di Pulau Peucang.

 

Pulau Peucang: Karang Copong yang Fotogenik

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi! credit: indonesiakaya.com

 

Salah satu keunikan yang ada di Pulau Peucang adalah karang copong. Apa sih Karang Copong itu? Karang Copong adalah sebuah karang besar yang sudah mati, dan berlubang atau copong. Karang ini bisa ditemukan di bagian utara Pulau Peucang.

 

Karena bentuknya yang unik – mereka yang datang ke sini tentu tidak ingin ketinggalan untuk berfoto di sana. Banyak traveller mengungkapkan karena keunikannya, karang copong ini jadi fotogenik. Buat lo yang datang ke sana, mau foto di sana juga?

 

Pulau Peucang: Spot Snorkeling yang Super Keren!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi!

5 Fakta Menarik Dibalik Pulau Peucang yang Eksotis di Banten, Wajib Lo Datangi! credit: hipwee.com

 

Terlepas dari berbagai keunikan yang ada di Pulau Peucang – pulau eksotis ini mulai terkenal karena keindahan alam bawah lautnya yang super keren, bro. Terumbu karang serta koral yang sehat, menjadi rumah bagi ratusan bahkan ribuan biota laut.

 

Sebut saja seperti ikan badut, beberapa krustacean seperti kepiting atau lobster, dan moluska – hidup dengan harmoni di sana. Nah, karena keindahannya sudah oke begini – kalau lo datang ke sana, jangan mengambil apapun dan tetap menjaga kelestarian alam bawah laut Pulau Peucang ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima fakta menarik di atas – apakah sudah membuat Pulau Peucang masuk kedalam daftar petualangan lo untuk tahun 2019 ini? Kalau iya, tinggal cari waktu luang dan berangkat berpetualang!

 

Source – merahputih.com

Feature Image – ujungkulonadventure.co.id

Wilderness Beginner snorkling diving

13 COMMENTS

SHARE
keren banget
Pasir putih, airnya biru
Mantapp...
Keren Banget Biota lautnya.
Keren Nih...ada spot menyelamnya
Serius nih ada di Banten???
Mantaaap
Mantaaaap
Kren sampai di bandingakan dengan pantai2 d lombok
keren bgt