5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

Danau Baikal merupakan danau luas serta indah di Rusia, ternyata danau ini juga memiliki beberapa fakta menariknya loh. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

Danau merupakan sebuah obyek alam yang menarik banyak perhatian karena keindahannya. Nah, berbicara mengenai danau dengan wilayah luas serta indah, tentunya Danau Baikal di Rusia menjadi salah satu primadonanya. Sebab danau tersebut memiliki kebersihan serta kejernihan. Bahkan sampai memegan rekor dunia loh. Tak heran apabila banyak dari wisatawan dari berbagai penjuru dunia ingin melihat bagaimana keindahan yang dimilikinya.

 

Saking luasnya dari danau ini seringkali disebut juga sebagai ‘laut’. Karena memang kalau lo lihat dengan kasat mata, hampir tidak ada perbedaannya dengan lautan. Kecuali kalau lo memang masuk ke dalam airnya serta mencicipi airnya yang tawar. Danau Baikal ini juga menjadi daya tarik pariwisata alam utama di Rusia.

 

 

Nah, dibalik semua keindahan beserta daya tariknya, danau ini juga memilki beberapa fakta menarik yang patut untuk lo ketahui. Tepat terletak di Timur Siberia ini patut menjadi tempat wisata alam di dunia untuk lo kunjungi. Daripada lo semakin penasaran mengenai fakta-fakta menariknya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa.

 

Fakta Menarik Seputar Danau Baikal – Masuk Kategori “Danau Rift”

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui! Credit: 56thparallel.com/

 

Hal pertama yang patut untuk lo ketahui seputar danau ini ialah dengan bagaimana cara danau ini bisa terbentuk. Apakah ini merupakan danau buatan tangan manusia atau benar-benar berasal dari alam. Karena memang di dalam dunia ini sudah banyak sekali danau yang sengaja dibuat loh.

 

Beda dengan Danau Baikal di Rusia ini, ternyata ini merupakan danau alami yang terbentuk karena adanya gerakan-gerakan dalam zona perpecahan tektonik yang terjadi jutaaan tahun lalu. Dengan begitu dapat disimpulkan pula kalau ini merupakan spot wisata alam yang memiliki umur sangat uzur. Serta danau ini masuk ke dalam kategori “Danau Rift” karena dari proses pembentukkannya tersebut.

 

Pemandangan atau bentangan alam di kawasan danau ini juga bisa memanjakan mata lo, sehingga buat lo yang memilki hobi fotografi, jangan menyia-nyiakan waktu lo untuk mengabadikan momen indah di sana. Tentunya lo akan mendapatkan sebuah gambar yang sangat indah.

 

Fakta Menarik Seputar Danau Baikal – Berusia 25 Juta Tahun

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui! Credit: .nicolaspernot.com/

 

Yaap, seperti apa yang sudah dikatakan di atas kalau danau ini berusia uzur, ternyata hal itu memang sebuah fakta dari danau indah ini. Bayangkan saja, keberadaan danau ini sudah melewati jutaan tahun dan tentunya sudah pula melewati perdaban manusia.

 

Bahkan banyak pula yang mengatakan kalau Danau Baikal sendiri merupakan danau alami tertua di dunia. Tak heran apabila kawasan wisata alam ini sering diperbincangkan bahkan didatangi langsung oleh para pecinta alam.

 

Danau ini juga merupakan kawasan bersejarah dunia, tentunya ini merupakan sebuah aset yang patut untuk dijaga. Tidak hanya oleh Rusia tapi oleh dunia. Karena dimana lagi lo bisa menemukan danau purba namun dengan kondisi yang masih sangat baik serta terawat. Ini merupakan sebuah fakta menakjubkan dari sebuah spot wisata alam loh.

 

Fakta Menarik Seputar Danau Baikal – Sering Dilanda Gempa

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui! Credit: star2.com

 

Bukan hanya keindahan serta sejarahnya saja yang menarik perhatian dari danau ini. Namun bencana alam pun sering melanda kawasan ini. Hal tersebut pun sering mengundang banyak pertanyaan dari orang-orang yang memiliki intelektualitas tinggi.

 

Bisa juga dibilang ini merupakan sebuah keunikan dari danau tua dan besar ini. Bayangkan saja, Danau Baikal sendiri bisa dilanda gempa berkekuatan kecil hingga besar setiap tahunnya. Bukan hanya sekali atau dua kali, namun 2.000 kali dalam setahun.

 

Oleh sebab itu, ketika lo ingin menghampiri danau ini, jangan lupa untuk selalu mengecek kabar terbaru dari danau ini. Mulai dari suhu udara hingga kondisi alamnya. Karena fenomena alam apapun tidak bisa diprediksi dan bisa datang kapan saja.

 

Fakta Menarik Seputar Danau Baikal – Menempati Peringkat ke 7

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui! Credit: mymodernmet.com

 

Ini merupakan fakta menarik lainnya seputar Danau Baikal yang patut untuk lo ketahui. Danau Baikal ini sendiri memang memiliki wilayah yang luas, bahkan menempati peringkat ke 7 di dunia bila membicarakan mengenai luasnya tersebut.

 

Menempati peringkat ke 7 saja sudah memiliki luas wilayah sekitar 31.500 km persegi. Tentunya ini merupakan danau yang sangat luas. Bila lo lihat dengan kasat mata, danau ini seperti tidak ada ujungnya. Hal ini pun menjadi alasan kuat lainnya mengapa banyak orang yang tertarik untuk datang ke sana.

 

Keindahannya pun akan terlihat lebih memukau ketika musim dingin tiba. Mengapa? Karena lo bisa melihat danau diselimuti oleh warna putih dari salju dan memiliki bentangan begitu luas. Kalau lo pernah menonton film kolosal, kemungkinan suasananya hampir sama.

 

Fakta Menarik Seputar Danau Baikal – Danau Terdalam di Dunia

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui!

5 Fakta Menarik Seputar Danau Baikal yang Patut Untuk Lo Ketahui! Credit: beam.land

 

Ternyata Danau Baikal bukan hanya memiliki wilayah yang luas loh, karena kedalaman dari danau ini juga sangat luar biasa. Bahkan memecahkan rekor dunia sebagai danau terdalam di dunia. Tentunya dengan ini lo harus berhati-hati yaa ketika ingin masuk ke dalam perairannya.

 

Kedalaman dari Danau Baikal ini bisa mencapai 1.630 meter, bisa lo bayangkan enggak sih kalau lo menyelam ke dalam airnya. Tak heran pula apabila danau ini juga sering disebut “laut” oleh para warga sekitar. Sehingga kalau lo memang sudah memiliki waktu, buat apa tunda-tunda lagi untuk melihat keindahan dari Danau Baikal.

 

**

 

Jadi bagaimana dengan informasi seputar Danau Baikal di atas? Semoga bisa menjadi salah satu informasi yang berguna buat lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya. Karena keindahannya merupakan tanggung jawab bersama loh. Semangat selalu dan bukalah mata lo terhadap dunia yang sangat luas ini!

 

Source: idntimes.com/

 

Featured Image: en.wikipedia.org

 

Wilderness Beginner danau

14 COMMENTS

SHARE
Danau yg menakjubkan....
Indonesia memang mantap....
TuHAN MENCIPTAKAN SESUATU DENGAN KELEBIHAN MASING-MASING
sepanjang mata memandang hamparan luas alam nan hijau
Jauh ya lord
Mantaaaap
keren bgt
wow amazing
Sungguh indah ciptaannya
view nya keren2 sayang nya jauuuh beud