5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

Di sejumlah negara, masyarakat muslim ternyata juga merayakan Idul Adha dengan makan-makan. Seperti apa makanan khas Idul Adha yang berasal dari negara-negara lain? Apakah semuanya terbuat dari bahan daging? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

Perayaan Hari Raya Idul Adha di Indonesia kerapkali dikaitkan dengan acara makan bersama keluarga atau sanak saudara. Kuliner yang dihidangkan pada hari besar ini umumnya terasa istimewa dibanding hari-hari biasa. Selain Indonesia, banyak juga negara lain yang memeringati Idul Adha dengan makan besar.

Seperti apa makanan khas Idul Adha lezat yang berasal dari negara-negara lain? Apakah semuanya terbuat dari bahan daging? Berikut adalah 5 kuliner mancanegara yang disajikan pada perayaan Idul Adha. Silakan disimak bro!

1. Oruk

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua! Photo Credit: holidayme.com

Umat Islam Indonesia kerapkali merayakan Idul Adha dengan makan bersama sanak keluarga. Tradisi ini ternyata juga dilakukan oleh warga negara Turki. Di sana, masyarakat muslim juga mengadakan jamuan makan bersama saudara terdekat ketika Hari Idul Adha tiba.

Ada banyak makanan yang disiapkan masyarakat Turki menyambut Idul Adha, salah satunya adalah oruk. Makanan satu ini berbentuk bulatan daging seperti bakso. Lapisan terluar oruk kabarnya dibuat dari bahan tepung yang sudah dipanggang.

Bagian dalam oruk tidak hanya diisi daging saja. Di dalamnya juga ada campuran kenari tumbuk, garam, parutan bawang, cabai merah, parsley, dan merica hitam. Mantap sekali bukan? Jangan lupa mencobanya bila bertandang ke Turki ya bro!

2. Nalli Nihari

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua! Photo Credit: dads-space.com

India juga memiliki makanan khas Idul Adha yang begitu menggoda selera, yakni Nalli Nihari. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar daging serta pertama kali dijumpai di Dapur Dinasti Moghul. Nalli Nihari sendiri kabarnya bisa dtemukan pelancong di sejumlah negara asing selain India.

Ada beberapa hal yang perlu lo perhatikan bila tertarik membuat Nalli Nihari. Contohnya seperti proses masak daging yang harus dilakukan bersamaan dengan kaldu. Hal ini ditujukan agar daging dan tulang sumsum terasa empuk ketika dikonsumsi.

Masyarakat India umumnya menghidangkan Nalli Nihari bersama sayuran segar dan daun ketumbar. Tujuannya tentu agar makanan ini terasa kian nikmat di lidah. Kelezatan Nalli Nihari sangat sayang untuk dilewatkan pelancong penggila kuliner mancanegara. Sempatkan waktu mencicipinya deh bro!

3. Tagine

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua! Photo Credit: tesco.com

Kuliner enak ini bisa dijumpai pelancong di negara Maroko. Tagine biasanya disajikan tepat dengan perayaan Idul Adha. Banyak orang tergila-gila dengan rasanya yang begitu gurih dan nikmat. Patut dijajal pencinta kuliner deh!

Tagine kabarnya sangat diminati orang-orang di wilayah Afrika Utara. Asal-usul nama “Tagine” terinspirasi dari alat masak makanan ini sendiri, yakni sebuah panci tembikar. Sekali mencoba makanan ini, lo bakal terbuai akan kelezatannya sehingga tertarik mencicipinya berkali-kali.

Tagine menyajikan rasa gurih yang memanjakan lidah. Bahan pembuatan makanan ini adalah daging dan sayuran yang dikukus secara perlahan untuk kemudian dimasak dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, tagine patut lo masukkan dalam daftar makanan yang disantap ketika berlibur di Maroko.

4. Maamoul

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua! Photo Credit: .npr.org

Menyambut Hari Raya Idul Adha, masyarakat Lebanon dan Yordania biasanya menyajikan kuliner unik bernama Maamoul. Proses pembuatan makanan ini kabarnya tidak melibatkan bahan daging sama sekali. Meski begitu, Maamoul tetap diminati banyak orang karena memiliki rasa lezat.

Maamoul sejatinya merupakan kue kering berisi aneka bahan. Kandungan kue ini di antaranya adalah kenari, pistachio, dan irisan kurma. Bahan-bahan ini nantinya dipadukan dengan air mawar. Unik sekali, bukan?

Kuliner ini umumnya dihidangkan sebagai pencuci mulut pada Hari Raya Idul Adha. Banyak orang mengonsumsi maamoul usai menyantap daging. Makanan ini cocok dinikmati bersama segelas teh dan kopi panas. Tertarik untuk mencobanya?

5. Biryani

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua!

5 Makanan Khas Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia, Patut dicoba Semua! Photo Credit: foodnetwork.com

Sama seperti Nalli Nihari, makanan ini juga berasal dari India. Biryani kabarnya sangat digemari oleh masyarakat India. Banyak dari lo mungkin mengenal kuliner ini dengan sebutan “nasi biryani”.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk menyajikan biryani di antaranya adalah daging, rempah-rempah, dan sayuran. Kehadiran bahan biryani yang cukup variatif membuat cita rasa kuliner ini disukai banyak orang. Kelezatannya tak perlu diragukan lagi deh!

Uniknya, biryani ternyata tak hanya dihidangkan masyarakat lndia saat Hari Raya Idul saja. Warga setempat juga sering menyajikan kuliner ini hampir di setiap perayaan hari besar. Mantap sekali bukan? Langsung cicipi kelezatan makana ini ya bro!

Demikian 5 kuliner khas Idul Adha dari berbagai belahan dunia. Makanan-makanan di atas tentu cocok dinikmati saat dengan perayaan Idul Adha. Keunikan cita rasa dari tiap makanan ini tentu akan membuat momen lebaran lo terasa berkesan. Dari kelima makanan di atas, manakah yang paling ingin coba lebih dahulu?

Source: suara.com

Feature Image -  foodnetwork.com

Trending News Beginner foodventure

19 COMMENTS

SHARE
menggugah selera
Mantap benar
hati-hati kolesterol
Bisa Pakai Gofood?? Hehe
Ada ide masak untuk besok pagi
Uenak bro n sis
Menggugah seleraaa...
Kuliner mantaf
mau bgtttt
wah enak yaa