5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

Gunung Papandayan kabarnya selalu ramai didatangi pengunjung pada saat hari libur, contohnya seperti saat libur lebaran dan tahun baru. Apa saja sisi indah milik Gunung Papandayan yang kerap diincar para pendaki? Silakan cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

Pesona indah Gunung Papandayan seakan tak ada habis-habisnya mencuri hati para pendaki lokal maupun internasional. Gunung vulkanik ini bisa lo temukan di antara Desa Sirnajaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Garut. Dengan ketinggian mencapai 2.665 mdpl, Gunung Papandayan dianggap aman untuk dijadikan sebagai lokasi latihan mendaki.

Gunung Papandayan kabarnya selalu ramai didatangi pengunjung pada saat hari libur, contohnya seperti tahun baru. Apa saja sisi indah milik Gunung Papandayan yang kerap diincar para pendaki? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Hutan Mati

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut. Photo Credit: sportourism.id

Salah satu spot indah yang bisa dijumpai pendaki di Gunung Papandayan adalah hutan mati. Saat berkunjung ke sana, lo bakal melihat banyak batang kering pohon cantigi yang sudah mati. Panorama pohon tandus ini sangatlah menakjubkan sehingga patut diabadikan dalam foto.

Pendaki dapat menemukan hutan mati di atas kawah utama Gunung Papandayan. Begitu tiba di sini, lo bisa puas memotret pemandangan elok yang memanjakan mata. Jangan lupa mengajak teman ke sini agar momen kebersamaan kalian dapat terekam dengan baik.

Hutan mati tentu tak boleh dilewatkan pendaki yang hobi berfoto selama liburan. Lo bakal dibuat terkagum-kagum dengan panorama batang pepohonan kering indah di sekitar sini. Hasil jepretan foto di sekitar sini juga pas untuk diunggah ke media sosial. Sempatkan waktu ke sini deh bro!

2.  Padang Edelweis

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut. Photo Credit: jalanjalanbarengblog.wordpress.com

Pernahkah lo menikmati keindahan bunga Edelweis dari dekat saat mendaki? Jika belum, Gunung Papandayan bisa jadi tempat ideal untuk mewujudkan keinginan itu. Pasalnya, area puncak gunung ini ditumbuhi banyak sekali bunga Edelweis yang memikat mata.

Pesona indah Padang Edelweis di sini kerapkali mencuri hati para pendaki. Sayangnya, area padang ini tak boleh dimasuki pendaki dengan alasan apapun. Penutupan kawasan ini kabarnya dimaksudkan agar pendaki terhindar dari risiko buruk yang dapat membahayakan keselamatan.

Meski demikian, pendaki tetap bisa mengamati keindahan bunga Edelweis di Gunung Papandayan lewat cara lain. Salah satunya adalah dengan menyambangi area di antara Pondok Saladah dan Hutan Mati. Di situ, lo bakal puas melihat panorama hamparan bunga Edelweis yang memukau.  

3. Kawah Belerang

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut. Photo Credit: antarafoto.com

Panorama indah Gunung Papandayan juga didukung kehadiran kawah yang mengeluarkan kepulan asap putih ke udara. Banyak sekali orang terkesima melihat pemandangan ajaib ini ketika mendaki. Akan tetapi, area kawah belerang ini tak boleh didekati pendaki karena menyimpan risiko berbahaya.

Kawah Gunung Papandayan saat ini telah dilengkapi fasilitas pagar. Pembangunan pagar ini dimaksudkan agar tak ada satupun pendaki masuk mendekati kawah sembarangan. Sayangnya, pagar pembatas tersebut masih saja ditembus oleh para wisatawan.

Beberapa pengunjung tetap saja nekat melihat pemandangan kawah dari dekat. Ada yang mendekat untuk mengabadikan keindahan kawah lewat kamera, ada pula yang mendekat untuk sekadar melihatnya saja. Lo sebaiknya tidak melewati batas pagar ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Oke bro?

4. Kolam Air Panas

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut. Photo Credit: gunungpapandayan.com

Spot satu ini juga patut dikunjungi wisatawan yang tengah mendaki Gunung Papandayan. Kolam air panas berlokasi di area parkir kendaraan. Lo tentu bisa mendatangi tempat ini untuk menghangatkan badan sembari menenangkan pikiran.

Untuk bisa berendam di kolam air panas ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 25.000. Harga tersebut relatif murah mengingat fasilitas ini memberi pengalaman yang cukup berkesan kepada setiap wisatawan. Kolam ini juga cocok didatangi wisatawan yang ingin melepas lelah usai beraktivitas seharian.

Selain berfungsi sebagai tempat berendam, kolam ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk mengamati keelokan Gunung Papandayan. Jadi, wisatawan bisa menghangatkan badan sembari menikmati panorama alam menakjubkan di sini. Terdengar menarik, bukan? Jangan lupa bertandang ke kolam ini deh bro!

5. Milky Way

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut

5 Sisi Indah Gunung Papandayan Ini Sukses Buat Hati Pendaki Terpincut. Photo Credit: flickr.com

Apa yang terbesit dalam otak lo ketika mendengar nama “milky way”? Apakah bintang yang bertaburan di luar angkasa? Atau galaksi yang berada dalam suatu sistem tata surya? Saat mendaki Gunung Papandayan di waktu malam, lo berkesempatan melihat pemandangan bintang yang begitu memesona.

Kerlap-kerlip indah bintang ini juga bisa disaksikan pendaki yang menempuh perjalanan pada waktu dini hari. Agar pengalaman stargazing lo lebih berkesan, cobalah kunjungi spot Perkemahan Ghoober Hoet. Pendaki juga bisa menyambangi Bukit Soni dan Perkemahan Pondok Saladah untuk memandang eloknya bintang di malam atau dini hari.

Tiga tempat tersebut tak hanya cocok dijadikan spot stargazing. Lo juga bisa menyaksikan momen sunrise yang tak terlupakan dari sini. Oleh sebab itu, cobalah bermalam di tiga tempat ini agar lo bisa menyelami indahnya pemandangan matahari terbit secara utuh dan tepat waktu. Siap, bro?

Demikian 5 sisi indah Gunung Papandanyan yang sukses mengundang decak kagum dari pendaki. Tempat-tempat di atas menyajikan panorama alam indah yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Menikmati keelokan 5 tempat ini secara langsung tentu akan membuat pengalaman hiking lo terasa lebih berwarna. Tetap berhati-hati saat mendaki ya bro!

Source: detik.com

Feature Image - flickr.com

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Gunung papandayan lumayan dekat dari kampung saya
Milky Way View nya keren bisa jelaa
Info yang bagus
mantap banget uey
Mantabsss
Benar benar pemandangan yang sangat menakjubkan,,lelah terbayar dengan keindahan alam semesta
Sungguh indah ciptaan-Mu
keren bgt
pingin motret millkiwe
Ini si lengkap banget keindahanya