Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Dengarkan lagu sepanjang penerbangan dengan airpods atau bluetooth headset lainnya? Tenang saja, boleh kok - asal smartphone lo dibuat airplane mode ya! Berikut hal-hal yang mesti lo ketahui juga!

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Seiring perkembangan zaman dan teknologi sekarang ini – beberapa gadget yang sekarang sudah ada ini menjadi salah satu gear yang diperlukan oleh para traveller untuk petualangan mereka. Namun, ada hal lain yang juga berubah – peraturan.

 

Peraturan yang terkait dengan gear-gear atau peralatan traveling, tentu sebelumnya sudah ditetapkan. Tapi, terkait juga dengan segala perubahan yang sudah ada, tentu segala peraturan tersebut butuh yang namanya adjustment atau pengaturan ulang.

 

 

Nah, karena yang daritadi disebutkan adalah gadget atau gawai – tentu dibahasan kali ini akan mengulas setidaknya ada 6 gear yang mesti lo perhatikan peraturannya. Terlebih saat ingin naik ke pesawat dan disimpan dalam kabin.

 

Hal ini terkait dengan resiko meledaknya gawai dengan sumber daya dari baterai listrik. Beberapa kasus pernah terjadi. Oleh karena itu, adanya pengaturan ulang terhadap beberapa gadget ini mesti lo ketahui ya.

 

Oh iya, jika lo ingin plesiran di luar negeri – sebaiknya lo ketahui dulu beberapa aturan di destinasi tersebut terkait dengan gadget yang lo bawa seperti drone. Beberapa negara memperbolehkannya dan beberapa negara juga tidak memperbolehkannya.

 

Sudah penasaran barang apa saja dan bagaimana peraturannya jika lo membawa gear-gear tersebut ke dalam kabin pesawat? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Peraturan Gadget di Kabin Pesawat: Bluetooth Headset

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian! credit: outsideonline.com

Peraturan sebelumnya adalah larangan menggunakan smartphone di dalam kabin pesawat. Hal ini tentu sudah diketahui banyak traveller, hal ini tentu terkait dengan sinyal internet di tiap gawai yang bisa berpotensi mengganggu jalannya penerbangan.

 

Nah namun – dengan seiring berjalannya waktu serta teknologi, kalau untuk sekedar mendengarkan lagu, tidak masalah. Asal smartphone lo tetap dengan status airplane mode. Itu artinya lo bisa mempersiapkan lagu-lagu apa saja yang ingin lo dengarkan selama perjalanan dengan offline.

 

Mendengarkan lagunya dengan Bluetooth headset? Tidak masalah, sejenis airpods atau perangkat Bluetooth headset lainnya tetap bisa menemani lo selama penerbangan. Tidak ada yang begitu signifikan di gear yang satu ini.

 

Peraturan Gadget di Kabin Pesawat: Roll Film

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian! credit: prelo.com

Masih menggunakan kamera analog? Kalau iya, ada yang mesti lo perhatikan nih sebelum membawa kamera serta film manualnya ke dalam kabin pesawat. Perlu lo ketahui kalau mesin xray yang ada di pintu masuk bandara cukup berbahaya untuk roll film tersebut.

 

Roll film bisa terbakar dan berubah warna. Kalau masih ada di dalam kamera, itu lebih baik. Jika sudah dikeluarkan – sila siapkan saja kotak, masukan ke dalamnya, serta jika ditanya oleh petugas bandara, bilang kalau itu adalah roll film.

 

Peraturan Gadget di Kabin Pesawat: Power Bank

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian! credit: maketecheasier.com

Power bank adalah salah satu gadget yang mesti dibawa-bawa oleh para traveller, terlebih mereka yang suka eksplorasi ke pedalaman yang minim akan sumber listrik. Namun, untuk masuk ke bandara dan kabin pesawat, ada jumlah daya yang dibatasi, lho.

 

Kalau power bank lo berkapasitas mencapai 20.000 Mah, petugas bandara tentunya tidak akan memperbolehkan diri lo membawa power bank dengan kapasitas seperti itu bahkan lebih. Di bawah 20.000 Mah masih oke.

 

Hal ini terkait dengan resiko lo menggunakan power bank tersebut dalam penerbangan dan jika terlalu lama dan panas, power bank tersebut tentu akan berpotensi untuk meledak. Oleh karena itu, perhatikan daya power bank yang akan lo bawa ya!

 

Peraturan Gadget di Kabin Pesawat: Sedotan Stainless

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian! credit: businessinsider.com

Menjaga kelestarian alam sudah jadi gaya hidup para traveller. Terlebih sekarang ini gencar sekali untuk meminimalisir penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari termasuk traveling. Bahkan sampai sedotan saja diganti dengan yang stainless.

 

Nah, bagaimana jika sedotan stainless itu dibawa ke dalam kabin pesawat? Ternyata boleh bro. Petugas bandara nantinya akan memeriksa gear berbahan stainless tersebut. Jika tidak runcing, maka bisa dibawa ke dalam kabin. Jika runcing – mereka tentu akan curiga kalau lo membawa senjata tajam!

 

Peraturan Gadget di Kabin Pesawat: Drone

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian!

Dari Airpods Sampai Sedotan Stainless: 5 Aturan di Pesawat Untuk Barang Kekinian! credit: droneglobes.com

Sebagai salah satu gear untuk merekam petualangan lo yang yahud – drone adalah kamera yang mesti lo bawa kalau traveling nih. Namun – jika ingin masuk ke dalam kabin pesawat, ada beberapa hal yang mesti lo ketahui dulu sebelumnya.

 

Hal tersebut seperti melepas seluruh aksesoris drone yang menempel serta menyimpannya dengan baik di kotak wadahnya. Kemudian, baterai mesti dicopot dan tidak dalam kondisi 100%. Setelah semua rapi di dalam hard casenya, barulah diperbolehkan masuk ke dalam kabin.

 

 

Nah itu dia bro, beberapa peraturan yang adjusted untuk beberapa gear petualangan lo. Kalau lo membawa kelima barang di atas, pastikan lo sudah mengikuti hal-hal yang memang mesti diaplikasikan dengan peralatan serta gadget lo tersebut ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – en.aegeanair.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

6 COMMENTS

SHARE
Info yang bermanfaat Brads
nice info
keren2 dah sekarang
Info yang bermanfaat
nice info
tips yang bermanfaat