[Breaking News] Kabar Terbaru dari Kemungkinan Terjadinya Erupsi Gunung Slamet!

Gunung Slamet berstaus Waspada! Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!

[Breaking News] Kabar Terbaru dari Kemungkinan Terjadinya Erupsi Gunung Slamet!

Belum lagi ini terjadi sebuah peristiwa naiknya status Gunung Slamet, yang tadinya Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) yang diberitahu oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi atau biasa juga disingkat PVMBG. Bahkan hingga Senin (12/8/2019) status tersebut pun masih ditetapkam. Dengan kata lain, gunung ini masih menampakan aktivitas menuju erupsinya.

Cuaca di guung tersebut mulai pukul 00.00 – 06.00 WIB masih terpantau cerah. Angin bertiup lemah ke arah barat. Untuk suhu udara terbaru di sana masih berada di sekitar 20-20,8 derajat celcius. Aktivitas dari gunung ini pun terlihat dari asap kawah bertekanan lemah berwarna tipis, untuk ketinggian dari asap tersebut berada di ketinggian 25-50 meter di atas puncak kawah.

 

 

Pihak PVMBG juga menyebutkan untuk menyikapi kejadian ini dengan tenang. Hindari kepanikan, karena memang ini masih menuju erupsi. Namun terpantau juga telah terjadi hembusan selama 244 kali dengan amplitude 2-20 milimeter dan durasinya 16-50 detik.

Bukan hanya itu saja, untuk di wilayah gunung ini juga terjadi kegempaan tremor menerus atau Microtremor terekam dengan amplitude 0,5 – 3 milimeter. Oo iyaa, PVMBG sendiri juga menetapkan status Gunung Slamet ini dari hari Jumat (9/8/2019).

[Breaking News] Kabar Terbaru dari Kemungkinan Terjadinya Erupsi Gunung Slamet!

[Breaking News] Kabat Terbaru dari Kemungkinan Terjadinya Erupsi Gunung Slamet! Credit: beritagar.id

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kasbani mengatakan kalau potensi ancaman erupsi Gunung Slamet cenderung bersifat magmatic. Erupsi magmatik dari gunung ini sendiri kemungkinan besar diawali dengan letusan freatik berupa gas dan air.

Kasbani juga menyebutkan apabila terjadi letusan maka dapat dipastikan akan terjadi lontaran atau guguran magma dan lava dari dalam kawah Gunung Slamet. Lontarannya pun diprediksi bisa meluber hingga radius dua kilometer. Memang hingga hari belum bisa dipastikan kapan erupsi dari Gunung Slamet akan terjadi.

Tanda-tanda dari erupsinya itu sendiri juga sudah terekam selama satu bulan terakhir dengan meningkatnya aktivitas gempa hembusan hingga 1.000 kali per hari. Bukan hanya itu saja, terjadi pula penggelembungan tubuh gunung yang mengindikasika adanya desakan material vulkanik dari perut gunung.

Potensi terjadinya erupsi juga terekam dari hasil pengukuran suhu air panas di daerah Guci yang masuk ke dalam kawasan wisata air pans. Berdasarkan pegukuran sementara, suhu mata air panas pada tida lokasi menunjukkan angka 44,8 hingga 50,8 Celcius.

[Breaking News] Kabar Terbaru dari Kemungkinan Terjadinya Erupsi Gunung Slamet!

[Breaking News] Kabat Terbaru dari Kemungkinan Terjadinya Erupsi Gunung Slamet! Credit: /satujam.com

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gunung Aapi PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, kalau berdasarkan data satelit, sudah terpantau adanya titik api diam di kawah gunung api ini. “Dari gambar yang kita terima, areal kawah Slamet sudah merah-merah. Hal ini menandakan kubah sudah terpanasi energi dari perut gunung,” tutur Hendra.

Dia juga menyebutkan kalau potensi letusan bisa saja berlangsung tiba-tiba. Tipenya hampir sama seperti yang sudah terjadi pada tahun 2014 silam. Gunung Slamet yang pada waktu itu hanya mengeluarkan letusan strombolian. Selain itu, dari kawahnya memuncratkan material pijar yang di malam hari terlihat seperti kembang api.

Tenang saja, kemungkinan potensi erupsi ini masih aman untuk pemukiman terdekat dengan Gunung Slamet. Badan Penanggulangan Bencara Daerh (BPBD) Kabupaten Banyumas menyebutkan kalau adanya larangan aktivitas manusia dalam radius 2 km dari kawah Gunung Slamet.

**

 

 

Dengan begitu, tentunya buat lo yang tinggal di sekitar kawasan Gunung Slamet untuk selalu waspada yaa, serta taati himbauan dari pihak yang berwajib. Karena memang poternsi erupsi ini bisa terjadi kapanpun dan tanpa permisi. Sehingga utamakan selalu keselamatan lo serta jangan lupa pula untuk selalu mengecek informasi terbaru seputar Gunung Slamet yaa!

 

Source: .liputan6.com

 

 

Featured Image: /id.wikipedia.org/

 

Trending News Beginner

15 COMMENTS

SHARE
Makasih Infonya
#PRAYFORSLAMET
semoga selalu aman terkendali
Puji syukur ...
Terimakasih infonya
Tetap Waspada penduduk sekitar dan perbanyak berdoa.
Good informasi
tetap waspada gaes
Semoga baik baik saja
Semoga tidak terjadi hal2 yg tidak d inginkan..tetap slu waspada