Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Sejumlah desa wisata di Yogyakarta seringkali mencuri perhatian pelancong karena memiliki panorama asri, indah, dan memesona. Desa mana sajakah itu? Berikut adalah 5 di antaranya. 

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Pesona Indah Yogyakarta tidak hanya terlihat dari pantai atau suasana perkotaannya saja. Daerah ini juga kerap menyihir mata wisatawan lewat keindahan desa wisatanya yang sulit dideskripsikan kata-kata. Beberapa desa wisata di Yogyakarta diketahui menawarkan panorama asri yang meneduhkan jiwa.

 

Apa saja desa wisata indah yang bisa dijumpai pelancong di Yogyakarta? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan baca tulisan di bawah ya bro!

1. Desa Wisata Nglanggeran

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro! Photo Credit: instagram.com/ryansigitp

Desa ini menyuguhkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Lokasinya berada di Kalisong, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Wisatawan dapat menemukan desa indah ini dalam area komplek wisata Gunung Api Pruba dan Embung Nglanggeran.

 

Jika berangkat dari pusat kota, lo bisa menempuh desa ini dalam jarak sekitar 25 kilometer. Desa wisata Nglanggeran kabarnya mudah diakses pelancong dari berbagai jalur. Wisatawan bisa menyambangi desa ini dengan naik kendaraan umum atau pribadi. Sesampainya di sini, lo dapat mengusir penat dengan menjajal kegiatan esktrem seperti panjat tebing dan trekking.

 

Aktivitas seru lainnya yang bisa dicoba wisatawan di desa ini, misalnya seperti membatik topeng, memasak makanan lokal, menanam padi, dan lain-lain. Desa Nglanggeran dikenal ramah terhadap wisatawan sehingga lo tak perlu merasa sungkan untuk bercakap-cakap dengan warga setempat. Selain itu, desa ini dilengkapi fasilitas penginapan dan homestay yang ditujukan bagi para pengunjung.

2. Desa Wisata Kelor

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro! Photo Credit: dewikadjar.com

Suasana asri desa ini juga patut dinikmati wisatawan yang jenuh dengan pemandangan di kota. Lo bisa mengunjungi desa wisata ini di Dusun Kelor, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Setibanya di desa wisata Kelor, pelancong bakal disambut hamparan alam hijau luas yang menyejukkan pikiran  

 

Sebagian besar warga desa wisata Kelor kabarnya berprofesi sebagai peternak dan petani. Di desa ini, lo berkesempatan membeli buah langsung dari penduduk setempat yang menanamnya. Mantap sekali, bukan? Contoh buah yang bisa dibeli secara langsung di sini adalah salak.

 

Jika dilanda rasa bosan, wisatawan dapat menghilangkannya dengan bermain fasilitas seru seperti outbond atau flying fox. Lo juga bisa menghabiskan waktu santai dengan mengamati kegiatan sehari-hari penduduk lokal dsa ini. Desa wisata Kelor kabarnya mempunyai sungai yang pas dijadikan tempat berendam karena airnya begitu jernih.

3. Desa Wisata Bobung

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro! Photo Credit: instagram.com/memetjafaul

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul meresmikan tempat ini sebagai desa kerajinan topeng batik kayu pada tahun 2011 silam. Desa wisata Bobung cocok dikunjungi pelancong yang ingin mengenal lebih jauh seni dan sejarah kerajinan batik kayu. Lokasinya berada di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

 

Asal-usul terciptanya topeng berawal dari tradisi warga lokal mengadakan pentas seni tari Topeng Pandji setiap musim panen. Pagelaran tari ini kabarnya ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap karunia Sang Pencipta. Sejak saat itu, seni batik kayu mengalami perkembangan.

 

Perajin lokal tidak hanya mengolah kayu menjadi topeng saja, melainkan juga wayang, nampah, gantungan kunci, dan lain-lain. Di desa wisata Bobung, wisatawan dapat melihat workshop proses pengerjaan kerajinan batik kayu. Lo juga bisa puas mengamati beragam karya seni batik kayu indah dalam sebuah ruang pameran khusus.

4. Desa Wisata Batik Tulis Giriloyo

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro! Photo Credit: sewingbesties.blogspot.com

Pencinta batik juga tak boleh melewatkan desa ini ketika masa liburan tiba. Desa wisata batik tulis Giriloyo menawarkan pengalaman libur yang berkesan kepada wisatawan. Saat bertandang ke sini, lo bisa memperdalam wawasan seputar batik yang menjadi salah satu warisan budaya agung nusantara.

 

Giiriloyo termasuk dalam deretan sentra batik tulis terbesar se-Yogyakarta. Di desa ini, teknik membatik diwariskan secara turun-temurun. Wisatawan pun dapat memilih paket wisata sesuai dengan harga yang beragam. Menarik sekali, bukan?

 

Ketika mencoba paket wisata ini, lo akan diajari cara membatik mulai dari membuat pola hingga cara menggunakan canting. Tiap pengunjung nantinya menerima suvenir berupa kain batik kecil dengan pola buatan sendiri. Kain ini tentu akan menjadi kenangan manis selama lo berlibur di Giriloyo.

5. Desa Wisata Manding

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro!

Yuk Mengenal Lebih Dekat Keindahan Yogyakarta dari 5 Desa Wisata Ini Bro! Photo Credit: kampoong.com

Apakah lo tertarik mengenal kerajinan kulit pada saat liburan? Jika iya, desa wisata Manding adalah tempat yang sangat direkomendasikan. Pelancong bisa menyambangi desa ini di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Mading, Sabdodadi.

 

Jarak yang terbentang antara desa Manding dan pusat kota Yogyakarta adalah 15 kilometer. Desa ini kabarnya dihuni ratusan perajin kulit. Contoh kerajinan kulit yang dihasilkan dari desa ini adalah dompet, gantungan kunci, tas, sabuk, pigura, dan jaket kulit. Wih!

 

Saat berkunjung ke desa ini, wisatawan dapat menjumpai rumah-rumah penduduk lokal yang menjajakan aneka kerajinan kulit. Harga barang yang dijual pun relatif murah sehingga tak akan membebani wisatawan. Jangan lupa menyempatkan waktu ke desa ini deh bro!

 

Demikian 5 desa wisata indah yang bisa lo jumpai di Yogyakarta. Kelima desa di atas layak disambangi pelancong yang ingin melepas suntuk dari hiruk-pikuk perkotaan. Desa-desa ini juga menyimpan kekayaan budaya yang besar sehingga wisatawan bisa memilihnya sebagai destinasi wisata edukasi. Jangan lupa menjelajahi kelima desa ini ya bro!

Source: detik.com

Feature Image - Look Jogja

Wilderness Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Kerajinan tangannya menarik
Kreatif Village
Mantaaap
keren yaa lurd
Desa wisata belanja
Mantaaap
jogja memang istimewa, mantap
Good informasi
Indonesia memang kaya akan beraneka ragam keind ah an dan seni budaya
Desa desa wisata nya..alamnya muantap poll