4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau!

Savana di Puru Kambera menjadi salah satu bukti kalau Sumba Timur merupakan kawasan wisata yang patut untuk lo kunjungi. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau!

Memiliki rencana untuk berlibur ke kawasan Sumba bro? Enggak usah bingung, di sana terdapat banyak sekali spot wisata nan memukau. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri sering bolak-balik ke sana. Salah satu daya tariknya ialah Savana Puru Kambera. Mengapa? Karena lo akan disuguhkan dengan pesona alam indah beserta dengan kuda-kuda berlarian.

Kawasan yang tepat terletak di kawasan Sumba Timur ini memang merupakan kawasan indah. Sekitar 24 km dari Kota Waingapu lo bisa melihat savana luas dengan vegetasi khas Sumba lengkap dihiasi hamparan alam indah. Belum lagi dengan kondisi langit biru muda menjadi bumbu tambahan akan keindahannya.

 

 

Sebenarnya wisata utama di Puru Kambera sendiri merupakan pantai dengan hamparan pasir putih nan luas serta halus, Jarak dari pantai ke padang savananya saja tidak begitu jauh, sekitar 2-3 km. Namun memang keindahan dari padang savananya juga sangat menarik perhatian loh. Nah, apa saja sih alasannya mengapa padang savana ini patut untuk lo hampiri? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

 

Daya Tarik dari Savana Puru Kambera – Kelakuan dari Kuda Liarnya

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau!

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau! Credit: .darmawisataindonesia.co.id

 

Bisa dikatakan pula kalau Savana Puru Kambera merupakan spot wisata primadona di Sumba Timur. Karena memang lo akan menemukan kesulitan untuk bisa mendapatkan suasana serta daya tarik yang sama di tempat lain. Kuda liar yang bebas berkeliaran pun menjadi daya magnetnya.

Dengan begitu tak heran apabila padang savana kerap dijadikan destinasi utama bagi para wisatawan. Tingkah laku dari para kuda liar di kawasan wisata ini pun sangatlah unik serta lugu. Para kuda tersebut benar-benar memanfaatkan kebebasan di alam bebas.

Gerombolan kuda liar akan lebih sering terlihat di saat musim kemarau dibandingkan pada saat musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan pada musim kemarau, pada savana di Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga para kuda pun akan terlihat lebih aktif merumpur di luat hutan untuk mencari makan.

Jangan lupa pula untuk memperhatikan gerak gerik lo, sebab kuda-kuda liar ini sangat peka. Sehingga kalau lo ingin lebih dekat dengan gerombolan kuda lo harus ekstra pelan-pelan agar mereka tidak langsung bergerak menjauh.

 

Daya Tarik dari Savana Puru Kambera – Panorama Alam nan Memukau

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau!

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau! Credit: pinterest.com

 

Bukan hanya kuda liarnya saja yang bisa lo nikmati ketika berkunung ke savana Puru Kambera loh, karena lo juga bisa melihat panorama alam nan memukau di sana. Tanpa adanya sentuhan manusia, sehingga lo akan melihat panorama alami.

Sangat disarankan untuk selalu menyiapkan kamera lo yaa, sebab akan banyak tertangkap momen-momen indah di sana. Panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan dibalut dengan birunya langit menjadikan suasana di sekitar lokasi serasa berada di alam Afrika.

Latar berlakang hamparan biru laut dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana ketika musim kemarau dan hijau pada saat musim penghujan pun menjadi hal yang mampu menghilangkan rasa penat lo.

Yaap, bisa dikatakan pula kalau savana di Puru Kambera ini menjadi obat untuk penghilang rasa penat atau stress yang diakibatkan oleh kesibukan keseharian lo. Sehingga lo bisa mendapatkan pengalaman wisata lengkap bukan ketika lo mengunjungi savana di Puru Kambera ini.

 

Daya Tarik dari Savana Puru Kambera – Fasilitas

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau!

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau! Credit: /phinemo.com

 

Berbicara mengenai fasilitas di kawasan savana ini memang tidak terlalu banyak, karena memang lo akan berada di alam bebas. Bisa dikatakan pula, lo akan kembali ke alam. Hiruk pikuk perkotaan pun akan terasa sangat jauh ketika berada di sana.

Sehingga buat lo yang hendak mencari makan dan penginapan dapat menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera. Karena di kawasan pantai tersebut lebih banyak terdapat fasilitas yang dapat menunjang keperluan lo.

Di sana terdapat sebuah tempat penginapan sekaligus tempat makan yang bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Namun ada baiknya buat lo yang ingin mengeksplorasi keindahan dari savana Puru Kambera seharian untuk membawa bekal berupa makanan dan minuman kecil, menginat cuaca panas cukup ekstrim bisa lo rasakan di sana. Paling utama yang perlu untuk lo ingat selalu ialah dengan menjaga kebersihan serta kelestariannya yaa.

 

Daya Tarik dari Savana Puru Kambera – Akses Menuju Lokasi Wisata

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau!

4 Daya Tarik dari Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memukau! Credit: padmagz.com

 

Untuk menuju ke lokasi wisata alam ini bisa dibilang susah-susah gampang, karena memiliki kondisi medan yang cukup sulit. Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Waingapu dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa.

Waktu tempuhnya sendiri sekitar 1 jam perjalanan, tidak ada angkutan umum yang akan mengantarkan lo menuju ke tempat ini. Nah, buat lo yang berada di luar Waingapu, lo bisa menggunakan jasa ojek sepanjang perjalanan. Lo juga memiliki kesempatan untuk menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau ketika musim penghujan dan kuning ketika musim kemarau.

Walaupun perjalanan lo cukup panjang, namun keindahan alam yang ada di kawasan wisata ini pun akan membuat lo memiliki sebuah pengalaman yang sulit untuk lo lupakan. Tak heran apabila kawasan ini pun patut untuk masuk ke dalam bucket list lo.

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar savana Puru Kambera di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Kawasan wisata ini pun menjadi salah satu bukti kalau keindahan alam di Indonesia memang sangatlah indah. Oleh sebab itu, tinggal tugas kita bagaimana merawatnya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia!

 

Source: indonesiakaya.com

 

Featured Image: /travelingyuk.com

 

Wilderness Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
dah kayk di ranch 2 di amerika
Terkenal dengan Kuda nya.
Natural geografis
Mantaaap
keren yaa
Nice info
Hamparan padang savana yang luas membentang
Kuda selalu menjadi daya tarik pulau sumba
mirip kaya di afrika sana
kaya di aafrika