7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

Uang adalah kebutuhan penting yang perlu disisihkan secara bijak oleh wisatawan ketika liburan. Akan tetapi, hal apa yang harus dilakukan pelancong ketika uang liburan habis di tengah-tengah perjalanan? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

Wisatawan tentu membutuhkan uang untuk membiayai keperluan liburan, mulai dari akomodasi, ongkos perjalanan, tiket masuk tempat wisata, dan lain-lain. Sayangnya, sebagian wisatawan kerapkali tak pandai mengatur keuangan saat liburan. Mereka pun dihadapkan pada beragam kesulitan, misalnya seperti tidak bisa pulang karena tak mampu membeli tiket.

 

Hal apa yang harus dilakukan pelancong ketika uang liburan habis di tengah-tengah perjalanan? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan simak tulisan di bawah ya bro!

 

1. Meminjam Uang ke Warga Lokal yang Bisa Dipercaya

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: usnews.com

Di dalam keadaan terdesak, wisatawan dituntut berpikir cepat agar bisa bertahan hidup selama traveling. Salah satu hal yang bisa lo lakukan ketika uang habis adalah meminjam uang dari masyarakat lokal. Cara satu ini mungkin terdengar tidak lazim, namun tetap layak dicoba pelancong demi keselamatan diri.

Jangan lupa ceritakan penyebab lo kehabisan uang di tengah perjalanan sebelum meminjam. Dengan begitu, warga sekitar bisa memahami situasi lo lebih baik sehingga mereka mudah bersimpati. Alhasil mereka pun bakal bersedia menitipkan kepercayaan kepada lo dengan menyerakah pinjaman.

Wisatawan juga perlu meminta pinjaman kepada warga lokal secara baik-baik. Buatlah janji kepada mereka bahwa pinjaman akan dikembalikan secepatnya. Terakhir, jangan lupa untuk mencatat alamat atau nomor telepon orang yang dipinjam agar lo bisa mengembalikan gantinya dengan mudah. Oke bro?

2. Menjual Barang

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: shutterstock

Saat kehabisan uang di tengah perjalanan, lo perlu mengerahkan usaha semaksimal mungkin agar kondisi finansial segera memulih. Salah satu opsi yang bisa dicoba pelancong adalah menjual barang-barang yang dipunya. Amati barang mana yang sekiranya layak ditukarkan dengan uang.

 

Contoh barang yang memiliki nilai jual di antaranya adalah ikat pinggang dan jam tangan. Lo bisa menjual barang-barang tersebut kepada orang terdekat atau para pedagang. Tentukan harga barang tersebut secara pas. Jangan sampai lo menjualnya terlalu mahal atau terlalu murah.

 

Usahakan barang milik lo tidak terjual di bawah setengah harga aslinya. Melalui cara ini, pelancong bisa mendapatkan uang dengan cepat serta mampu melanjutkan aktivitas lain dengan perasaan tenang. Jangan lupa mencoba cara ini ya bro!

 

3. Membeli Tiket Pulang dengan Harga Termurah

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: travelandleisure.com

Wisatawan tentu bakal merasa khawatir ketika uang di dalam dompet sudah semakin menipis. Belum lagi jika situasi ini terjadi saat lo hendak menempuh perjalanan pulang. Bila mengalami keadaan ini, lo disarankan mencari tiket pulang termurah.

 

Jangan malu untuk menanyakan informasi tiket murah kepada petugas lokal. Jika masih belum menemukan harga sesuai, cobalah mencarinya lewat promo yang berlaku. Cara ini tentu akan membuat biaya perjalanan pulang lo menjadi lebih murah.

 

Untuk menekan biaya perjalanan, lo disarankan pulang dengan cara menyambung atau menaiki sejumlah transportasi berbeda. Cara ini mungkin terasa melelahkan, namun efektif memangkas ongkos perjalanan pulang. Setuju ‘kan bro?

 

4. Meminta Bantuan Orang Terdekat untuk Transfer Uang

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: businessinsider.com

Keluarga atau teman dekat adalah pihak pertama yang bisa diandalkan pelancong ketika mengalami masalah finansial. Mintalah bantuan mereka untuk mengirimkan lo bantuan berupa uang. Buang semua rasa sungkan saat meminta karena hal ini menyangkut keselamatan lo sendiri.

 

Ceritakan kepada mereka mengenai kesulitan yang lo alami secara detail. Tujuannya tentu agar mereka memahami situasi lo secara utuh. Jika sudah mendapat kepastian pengiriman, segera cari ATM terdekat untuk menarik uang. Sampaikan juga terima kasih kepada mereka yang sudah bersedia membantu. Oke, bro?

 

5. Mengamen

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: stocksy.com

Cara satu ini patut diterapkan pelancong yang ditimpa kesulitan finansial saat traveling berkelompok. Lo bisa mengumpulkan uang dengan cara mengamen bersama teman atau orang terdekat. Mulailah berkreasi menghasilkan harmoni nada indah yang bisa mencuri perhatian orang sekitar.

 

Bernyanyilah dengan peralatan seadanya di rumah makan atau pinggir jalan. Jangan lupa untuk meminta izin secara sopan kepada pemilik kedai bila hendak mengamen di sana. Uang hasil mengamen tentu bisa lo gunakan untuk mencukupi sejumlah kebutuhan mendesak. Betul ‘kan?

 

6. Mencari Pekerjaan Part Time

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: usnews.com

Lo perlu mengatur strategi dengan cepat agar mampu bertahan di kondisi darurat. Bila dihadapkan masalah finansial, pelancong hendaknya bersikap tenang serta mencari pekerjaan part time. Lowongan kerja part time bisa lo temukan di restoran atau kafe.

 

Saat memilih kerja secara part time, lo memang tak akan mendapat surat kontrak. Meski demikian, lo tetap bisa mencari kesepakatan dengan pihak restoran mengenai upah yang akan didapat selama bekerja. Pekerja part time biasanya mendapat tugas yang tak terlalu berat seperti mencuci piring atau menghidangkan makanan.

 

7. Belajar Menahan Diri ketika Memegang Uang

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling

7 Hal Ini Pas Diterapkan Pelancong yang Kehabisan Uang ketika Traveling. Photo Credit: travangelo.co.uk

Banyak wisatawan tergoda membelanjakan uang hasil jerih payahnya untuk kebutuhan yang tak terlalu penting. Contohnya seperti membeli suvenir mahal atau makan di rumah makan mewah. Hal ini tentu akan membuat pengeluaran liburan lo semakin boros.

 

Oleh sebab itu, mulailah belajar mengontrol diri saat memegang uang liburan. Urungkan niat untuk mengejar kebutuhan yang tak terlalu penting agar kondisi finansial lo terjaga dengan baik. Dengan berhemat, lo bakal siap menghadapi situasi tak terduga karena menyimpan uang cadangan.

 

Demikian 7 hal yang bisa dilakukan pelancong ketika kehabisan uang di perjalanan. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang sering bingung saat ditimpa masalah finansial di dalam liburan. Jangan lupa menerapkan 7 hal di atas ya bro!

Source: detik.com

Feature Image - wheelchairtravel.org

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

7 COMMENTS

SHARE
tips yang sangat berguna
Yang penting jangan kek begpecker
Klo kehabisan.. Ya jual barang.. Hehe
Tips bermanfaat
buagus jg buat pembelajaran
rbawa atm
Good informasi