Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller!

Buat lo yang ada rencana untuk traveling ke Hong Kong, sepertinya lebih baik ditunda atau mungkin dialihkan saja ke destinasi lainnya, bro. Karena kurang kondusif - buat lo yang sudah berada di sana, sila simak bahasan kali ini ya!

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller!

Cukup menjadi pemandangan yang berbeda daripada biasanya, massa demonstrasi di Hong Kong kemarin mengepung Bandara Internasional Hong Kong sampai jadwal penerbangan dan kedatangan dari bandara tersebut dibatalkan.

 

Dari kondisi tersebut, para traveller Indonesia yang kebetulan ingin ke Hong Kong dan terjebak di bandara tersebut, mendapat himbauan dari Konsulat Jenderal RI di sana untuk tetap tenang dan menjauh dari keramaian tersebut.

***

 

 

Kondisi salah satu negara dengan spot petualangan yang keindahan alamnya juga tidak diragukan lagi ini tengah memerah. Pasalnya, dari kebijakan pemerintahan serta kondisi politik di sana membuat banyak massa di sana protes akan hal-hal terkait.

 

Makanya, buat lo yang ingin dan sudah mempunyai rencana traveling ke Hong Kong, lebih baik ditunda terlebih dahulu. Atau jika kepalang tanggung, sila hubungi pihak maskapai penerbangan yang akan mengantarkan lo ke sana serta menghubungi pihak hotel untuk bertanya kondisi terbaru di sana seperti apa.

 

Terkait dengan kondisi Hong Kong yang seperti ini, ada baiknya lo memerhatikan beberapa hal yang terkait dengan perjalanan lo atau traveling lo di sana. Untuk mengetahui deretan hal tersebut, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Hong Kong Sedang Panas: Jasa Angkutan Umum Mogok

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller!

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller! credit: livinginhongkong.org

Kondisi yang tidak kondusif ini memang membuat banyak pihak tidak nyaman. Tidak terkecuali lo sebagai traveller yang kebetulan tengah melakukan perjalanan di sana. Nah, buat lo yang belum berangkat, ada yang mesti lo ketahui nih.

 

Pertama, akibat dari kondisi yang tidak begitu kondusif ini – jasa angkutan umum di Hong Kong (hanya sebagian tempat saja yang terkena demonstrasi) mogok. Hal ini tentu membuat sebagian orang tidak nyaman karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

 

Bahkan mogok ini tanpa peringatan terlebih dahulu. Sebut saja seperti Bus, MRT, Airport Express sampai Terminal Feri Makau Hong Kong sementara ini mogok beroperasi karena kondisi yang tidak kondusif tersebut. Parahnya, mogok ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

 

Hong Kong Sedang Panas: Larang Perjalanan ke Sana

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller!

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller! credit: scmp.com

Dengan kondisi seperti ini, beberapa negara akhirnya mengeluarkan peringatan untuk para traveller yang akan ke Hong Kong – untuk menunda atau mengalihkan destinasi mereka ke spot petualangan lainnya.

 

Sebut saja seperti Inggris, Amerika, Jepang, Australia, Korea Selatan, Irlandia, Uni Emirat Arab dan Taiwan, sudah melakukan peringatan kepada para warganya yang ingin traveling ke Hong Kong untuk menunda atau mengalihkan ke tempat lain niatan mereka itu.

 

Jelas kondisi ini membawa berbagai dampak. Salah satunya yang merasakan dampak tersebut adalah pihak maskapai penerbangan, pihak hotel, dan sampai ke pihak agen travel. Tentu, mereka mesti melakukan refund atau pengalihan jadwal buat para traveler yang akhirnya harus menghindari Hong Kong.

 

Hong Kong Sedang Panas: Patuhi Aturan Berpakaian

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller!

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller! credit: nytimes.com

Berpakaian memang kebebasan absolut semua orang. Namun, untuk kondisi yang tidak begitu kondusif seperti demonstrasi di Hong Kong, sebaiknya lo perhatikan aturan berpakaian di sana. Hindari mengenakan pakaian yang berwarna hitam, putih atau warna polos lainnya.

 

Hal tersebut ternyata terkait dengan yang massa demo atau para pendemo kenakan. Jadi lebih baik gunakan pakaian yang bercorak dan jika bertuliskan sesuatu, hendaknya tidak menyinggung kondisi apapun yang ada di sana.

 

Hong Kong Sedang Panas: Alihkan Target Destinasi Lo

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller!

Hong Kong Dilanda Demonstrasi Besar: 5 Hal ini Perlu Diketahui Oleh Traveller! credit: travelandleisure.com

Walau agak ribet untuk mengalihkan tiket pesawat lo yang sudah dipesan dan dibayar untuk ke Hong Kong – tapi lebih baik memang lo alihkan saja target destinasi lo dari sana. Daripada melakukan penerbangan internasional – sepertinya lebih menarik kalau lo melakukan penerbangan domestik saja.

 

Lombok, Pulau Komodo, Pulau Padar dan masih banyak spot lainnya yang lebih menggiurkan. Buat lo yang ingin mengalihkan target destinasi traveling lo saat ini, sila cari-cari referensinya di superadventure.co.id ya!

 

Hong Kong Sedang Panas: Hindari Kawasan Kowloon dan Mong Kok

Belum lama – para demonstran bentrok dengan aparat keamanan di kawasan turis Kowloon dan Mong Kok. Nah, buat lo yang berada di sana, pastikan untuk tidak mengunjungi dua kawasan tersebut terlebih dahulu sampai kondisi di sana kondusif ya.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas buat lo yang akan traveling ke Hong Kong? Agar lebih pasti dan mendapatkan kabar terbaru – sila hubungi maskapai penerbangan yang mempunyai rute servis ke Hong Kong untuk mengetahui kabar terbaru di sana.

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – wsj.com

Trending News Beginner solo traveling solo backpacker

11 COMMENTS

SHARE
Ngeri juga
Hadaaaoo
Paraaahhh
Ohh ternyata
Semoga aman tdk terjadi hal2 yg tidak d inginkan
untung kgk pernah kesana
mending cari aman
Ternyata tidak hanya di Indonesia
wah sampe gitu ya
Wah...ga pantes pada demo kaya gitu