5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

Pendakian memang merupakan aktivitas yang seru, namun apakah lo sudah tahu ada beberapa hike hacks yang perlu untuk lo ketahui? Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

Sebagai seorang pendaki, tentunya melihat keindahan alam di atas ketinggian menjadi sebuah obat paling manjur untuk menghilangkan rasa penat ataupun stress bukan? Namun akan lebih efisien lagi apabila lo mengetahui beberapa hike hacks agar pendakian lo lebih seru loh. Bukan hanya fisik saja yang menjadi penopangnya loh, namun pemikiran cerdik juga bisa menjadi pilihannya.

Hike hacks sendiri merupakan cara-cara atau akal untuk mengutamakan kenyamanan lo dalam mendaki. Karena memang melakukan pendakian sendiri lo diharuskan untuk membawa banyak barang untuk kebutuhan lo di alam bebas. Tentu dengan akal-akalan ini pendakian lo sendiri akan lebih ringan serta simple. Belum lagi apabila lo melakukan pendakian sendiri, tentunya tidak ada yang bisa membantu diri lo loh.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran apa saja sih hike hacks yang patut untuk lo ketahui sebelum melakukan pendakian, berikut beberapa informasinya yaa. Selalu tanamkan pemikiran di dalam kepala lo kalau keselamatan merupakan faktor yang paling penting yaa. Sehingga selalu utamakan hal tersebut bro!

 

Gunakan Lakban Berwarna

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian! Credit: /indonesian.alibaba.com

 

Ini merupakan akal-akalan pertama yang patut untuk lo ketahui atau hike hacks. Yaap, jangan lupa untuk selalu menyediakan lakban berwarna. Usahakan lakbannya yang berwarna yaa, jangan berwarna hitam. Bukan untuk mengaitkan benda atau apapun, melaikan lakban ini bisa menyelamatkan lo.

Terkadang ketika lo melakukan pendakian sendiri, tersesat merupakan kemungkinan yang bisa terjadi. Sehingga peran dari lakban berwarna sangatlah dibutuhkan. Tentunya untuk memberikan tanda jalur yang sudah lo lalui.

Dengan begitu lo akan lebih mudah untuk mencari jalan turun atau pulang dari puncak. Mengapa berwarna? Karena agar bisa dilihat secara mudah baik di dalam kegelapan sekalipun. Pilihlah warna-warna yang mencolok.

 

Buatlah Carrier Menjadi Anti Air

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian! Credit: .kickstarter.com

 

Tak ada yang lebih buruk ketika lo mengecek kondisi carrier lo basah serta barang bawaan lo khususnya baju ganti ikutan basah. Karena memang ketika melakukan pendakian, semua barang sangat diutamakan untuk selalu dalam kondisi kering. Tentunya untuk kenyamanan lo bukan?

Karena memang mengeringkan baju ketika pendakian sendiri merupakan hal yang patut untuk lo hindarkan, sebab akan lebih banyak memakan waktu serta tenaga loh. Sehingga sebisa mungkin buatlah tas lo anti air. Akalnya cukup mudah kok, tinggal masukkan segala barang bawaan lo ke dalam plastik sebelum masuk ke dalam tas.

Hal tersebut tentunya akan membuat segala barang lo akan kering, Tentunya ini merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, namun seringkali lupa untuk dilakukan. Setelah penggunaan plastiknya tentunya jangan lupa untuk selalu dibawa yaa. Jangan sekali-kali lo tinggal di atas.

Termasuk gadget lo yaa, karena memang sedikit air masuk atau membasahi ponsel atau perangkat lainnya, tentunya sudah saatnya untuk berpamitan dengannya. Selalu ingat untuk melakukan hal ini agar ponsel atau lainnya tak rusak ketika melakukan pendakian.

 

Maksimalkan Segala Ruang di Dalam Carrier

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian! Credit: theadventurejunkies.com

Hal lainnya yang tak boleh lo lupakan ketika melakukan pendakian ialah untuk memaksimalkan ruang yang ada di dalam carrier lo. Maupun memiliki volume yang besar ataupun kecil, tentunya memanfaatkan ruang di dalamnya merupakan hal penting loh.

Karena percaya atau tidak, walaupun lo membawa barang yang banyak namun lo pintar untuk menggunakan ruang di dallam carrier lo, alhasil bebannya pun tidak akan seberat perkiraan lo. Sehingga lo benar-benar harus memanfaatkan ruang, bahkan hingga bagian paling bawah dari carrier patut untuk diisi.

Namun selalu utamakan kerapihan serta pemisahan barang-barang yang sekiranya satu tipe yaa. Ambil contoh saja, untuk pakaian sama-sama disatukan. Begitu juga dengan barang-barang lainnya. Coad an buktikan sendiri bro!

 

Pastikan Sepatu Lo Hangat Ketika Malam Hari

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian! Credit: theadventurejunkies.com

 

Mungkin ini menjadi hal kecil yang jarang sekali diperhatikan oleh banyak pendaki. Walaupun terlihat tidak penting namun hal ini merupakan cara untuk selalu membuat pendakian lo jauh lebih nyaman loh. Yaap, sepatu sendiri merupakan penopang paling penting, tentu untuk membuat lo lebih mudah untuk melangkah maju.

Pada saat malam hari tentunya cuaca atau suhu di daerah pegunungan akan menurun, sehingga sangat disarankan untuk memasukkan sepatu lo ke dalam tenda. Hal tersebut tentunya agar sepatu tetap hangat serta nyaman untuk digunakan keesokan harinya.

Bukan hanya itu saja, cara lainnya agar sepatu lo tetap hangat ialah letakkan di dekat badan lo ketika tidur. Karena badan manusia dapat memancarkan panas, sehingga secara tidak langsung sepatu lo juga akan terjaga kehangatannya.

 

Gunakan Kaos Kaki Double

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian!

5 Hike Hacks yang Perlu Untuk Lo Ketahui Sebelum Melakukan Pendakian! Credit: rei.com

 

Bukan hanya membuat kaki lo selalu dingin, namun menggunakan dua kaos kaki sekaligus juga akan menghindarkan lo dari kapalan. Mungkin terdengar sepele, namun mendaki dengan kondisi kaki yang baru kapalan bisa mengurangi rasa nyaman lo loh.

Disarankan untuk menggunakan kaos kaki yang tidak terlalu tebal yaa, sebab apabila tebal tentunya juga bisa membuat sepatu lo lebih sempit, bukannya membuat nyaman malah sebaliknya. Namun apabila kapalan itu tetap muncul, disarankan untuk mengoles kulit lo dengan baby oil.

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan beberapa hike hacks yang ada di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari gunung tempat pendakian lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam yang ada di Indonesia, karena memang negara ini sangat kaya dengan keindahan alamnya!

 

Source: winfieldsoutdoors.co.uk

 

 

Featured Image: travel.earth

 

                                   

Tips Beginner hiking

14 COMMENTS

SHARE
Informasi yang sangat bermanfaat
Nice infoo
Mantaaap
Makasih infonya
Mantap..sangat berguna informasinya
Nice infoo
sangat bermanfaat
mantap infonya
Nice Info
mantap gan