Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Boleh saja kok merekam segala bentuk keindahan di alam liar menggunakan drone. Tapi, tetap perhatikan aturan serta kode-kode etiknya ya! Sila simak bahasan kali ini untuk tahu lebih jelasnya!

Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Walau mungkin belum tertulis, merekam keindahan alam dengan kamera terbang atau drone ternyata ada kode etiknya, bro. Apakah lo sudah tahu akan beberapa aturan terkait kegiatan merekam di alam liar?

***

 

Sebelumnya, penggunaan drone diatur oleh pihak-pihak pengelola tempat di mana lo akan menggunakan kamera terbang itu. Semisalnya, di ruang publik seperti taman, museum, atau bahkan beberapa tempat lainnya – ada aturan yang terkait perekaman di sana.

 

Biasanya, dengan alasan keamanan dan kenyaman semua pihak, drone tidak sembarang boleh terbang. Jika di taman, biasanya drone hanya bisa terbang di kawasan yang tidak banyak pepohonan besar. Hal ini mengacu kepada baling-baling drone yang bisa terkena dahan, dan dahannya jatuh menimpa apapun yang ada di bawahnya.

 

Faktor keselamatan pengunjung atau pihak lain selain diri lo yang berada di kawasan tersebut, menjadi acuan untuk penerbangan drone dan perekaman dari udara. Nah, kalau yang disebutkan tadi itu di ruang publik yang memang menyangkut berbagai pihak.

 

Lalu, apakah perlu kode etik untuk menerbangkan drone di alam liar? Memangnya siapa yang akan terganggu?

 

Bro, alam liar ataupun kawasan publik tentu mempunyai aturan-aturannya sendiri. Oleh karena itu, daripada penasaran apa saja aturannya, sila simak bahasan kali ini yang akan menjelaskan setidaknya ada lima kode etik penggunaan drone di alam liar.

 

Kode Etik Penggunaan Drone: Izin Penerbangan

Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Penggunan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro! credit: phys.org

Jika lo berada di kawasan pegunungan, sebelum mendaki gunung tersebut, tentunya lo pasti melewati basecamp di mana adanya pemeriksaan oleh pihak pengelola terkait kesiapan lo naik gunung itu. Nah, biasanya, jika memang lo membawa drone, mereka akan bertanya ada kepentingan apa.

 

Lalu, kalau memang kepentingan lo hanya merekam keindahan alam, sebenarnya tidak apa-apa, asal lo nanti mendapatkan izin penerbangan drone dari mereka. Biasanya, mereka akan memberitahu di mana saja atau spot mana saja yang jadi landasan lo menerbangkan drone tersebut.

 

Tidak hanya di gunung, jika lo bereksplorasi ke taman nasional – pihak pengelola pun akan menanyakan kepentingan lo membawa drone itu apa. Nantinya, jika sudah mendapatkan izin penerbangan, tidak jauh berbeda dari yang ada di gunung, pihak pengelola tersebut akan memberikan rekomendasi kawasan mana saja yang boleh menerbangkan drone.

 

Nah artinya, akan ada kawasan-kawasan yang tidak bisa atau lo tidak diizinkan untuk menerbangkan drone. Misalnya – kawasan konservasi burung-burung langka atau pepohonan tinggi dan langka – hal ini terkait kekhawatiran pihak pengelola kalau isi taman nasionalnya terganggu oleh drone tersebut.

 

Kode Etik Penggunaan Drone: Hargai Privasi

Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Penggunan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro! credit: smithsonianmag.com

Masih terkait dengan aturan atau kode etik yang pertama, menghargai privasi adalah salah satu aturan yang mesti lo ketahui saat menerbangkan drone. Hal ini terkait dengan fitur drone yang bisa menangkap momen dengan sudut yang luas.

 

Oleh karena itu, jika lo akan menerbangkannya di alam bebas atau di ruang publik, pastikan lo tetap mengetahui apa saja yang tidak perlu lo rekam dengan drone tersebut.

 

Kode Etik Penggunaan Drone:

Warna dan Lampu Tidak Mencolok

Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Penggunan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro! credit: takepart.com

Untuk kenyaman semua pihak – pastikan lo menggunakan drone dengan warna kamera serta lampu yang tidak mencolok. Hal ini menghindari drone lo di terkam binatang buas saat mendarat atau saat terbang di udara.

 

Di alam bebas – warna yang mencolok tentunya akan mendapatkan perhatian lebih dari semuah hal yang ada di sekitarnya. Jadi, pastikan menggunakan warna gelap seperti hitam, abu-abu, hijau tua dan sejenisnya.

 

Kode Etik Penggunaan Drone: Jangan Dekatkan Pada Hewan

Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Penggunan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro! credit: drones-pro.com

Tidak perlu terlalu dekat – jika lo menerbangkan drone di alam bebas dan ingin mengarahkannya kepada binatang liar yang ada di sana – pastikan drone lo tidak terlalu dekat dengan mereka. Terkait dengan aturan atau kode etik sebelumnya, bisa-bisa, jika mereka merasa terganggu, drone lo akan diterkam mereka.

 

Para binatang liar bisa saja menganggap kalau drone lo tersebut adalah sebuah ancaman. Jadi, jika mereka merasa terganggu, bisa saja malah drone lo jadi sasaran empuk mereka.

 

Kode Etik Penggunaan Drone:

Jika Gagal, Coba Lagi Keesokannya

Penggunaan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro!

Penggunan Drone di Alam Liar: Perhatikan 5 Aturan dan Kode Etiknya, Bro! credit: landymag.co.za

Terkait dengan aturan sebelumnya, kalau drone lo malah mengganggu hewan atau binatang liar tersebut, lebih baik sudahi rekaman lo hari itu. Daripada dipaksakan, mungkin hasil akhirnya tidak akan bagus.

 

Oleh karena itu, segera sudahi saja pendokumentasian dengan kamera drone lo dan sila coba lagi esok. Hal ini juga terkait dengan keselamatan lo. Daripada dipaksakan dan lo yang malah dikejar oleh binatang liar tersebut, lebih baik lo sudahi saja sementara.

 

 

Nah itulah beberapa aturan atau kode etik menggunakan atau menerbangkan drone di alam bebas, bro. Boleh saja kok merekam segala bentuk keindahan di alam liar. Namun, dengan memerhatikan berbagai aspek, lo mesti juga mengetahui aturan-aturan terkait ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – land.com

Tips Beginner

5 COMMENTS

SHARE
tips yang bagus
Harus ada Etikanya ya
mantappp
nice info gan
Nice info