Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Di dalam dunia terdapat beberapa pilihan danau kawah yang paling indah loh, salah satunya berasal dari Indonesia. Enggak percaya? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Berbicara mengenai keindahan alam, tentunya danau kawah merupakan salah satu pilihan yang paling mengesankan. Bagaimana tidak, pesona alam serta pemandangannya pun mampu memanjakan mata serta jiwa lo. Suasana damai serta jauh dari hiruk pikur perkotaan menjadi daya tarikya. Nah, di dalam dunia ini ada beberapa pilihan danau kawah yang menakjubkan loh.

Danau yang terbentuk dari kawah selama bertahun-tahun memang menjadi asal usul mengapa terdapat danau di kawasan pegunungan. Terbentuknya pun diakibatkan oleh letusan vulkanik atau bisa juga dikarenakan oleh jatuhnya benda langit seperti meteor. Bahkan di Indonesia sendiri juga terdapat danau kawah kelas dunia loh.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan-pilihan danau kawah di dunia ini, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Tentunya sekali di dalam kehidupan, lo patut untuk mendatangi salah satu danau kawah yang ada di bawah ini. Perlu untuk diketahui juga kalau keindahan yang ada di danau kawah itu tidak bisa terbayarkan. Simak beberapa pilihannya bro!

 

Pilihan Danau Kawah Paling Indah di Dunia – Heaven Lake, Korea Utara

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! Credit: reddit.com

 

Korea Utara memang terkenal menjadi salah satu negara di dunia yang paling kontroversial, namun dibalik semuanya itu terdapat sebuah danau kawah nan indah. Memang tidak bisa dipungkiri juga kalau keindahan alam di negara ini pun juga patut untuk diacungi jempol.

Heaven Lake atau dalam bahasa Korea disebut Cheonji ini merupakan danau kawah yang membentang di perbatasan antara Cina dan Korea Utara. Danau ini tepat terletak pada kaldera di atas Gunung Paektu yang merupakan bagian dari pegunungan Baekdudaegan dan pegunungan Changbai.

Danau kawah ini sendiri terbentuk dari letusan Gunung Paektu pada sekitar tahun 946 silam. Uniknya lagi pada pertengahan Oktober hingga Juli, Heaven Lake ini biasanya tertutup es. Keindahan yang dimiliki danau ini memang bagaikan surga, memang sangat sesuai dengan namanya.

 

Pilihan Danau Kawah Paling Indah di Dunia – Danau Kawah Gunung Katmai, Alaska

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! Credit: en.wikipedia.org

 

Alaska yang merupakan negara bagian dari Amerika Serikat ini memang sangat terkenal dengan kondisi alamnya nan asri. Tak heran apabila banyak dari para wisatawan di dunia ini yang ingin berkunjung ke sana, namun memang cuaca di sana sangat didominasi dengan suhu nan dingin.

Danau Kawah Gunung Katmai memang menjadi salah satu spot wisata alam yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di sana. Danau kawah ini juga berada di puncak gunung bersalju. Sehingga jangan lupa untuk menggunakan pakaian tebal yaa. Pemandangan dari danau awah ini juga terlihat seperti negeri ajaib musim dingin.

Perlu untuk lo ketahui pula kalau Danau Kawah Gunung Katmai ini terbentuk pada tahun 1912 akibat letusan Novarupta. Letusan itu sendiri meurpakan letusan terbesar yang pernah terjadi di abad ke 20. Akibat dari peristiwa ini terbentuklah danau kawah nan indah ini.

 

Pilihan Danau Kawah Paling Indah di Dunia – Danau Kawah Quilotoa, Ekuador

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! Credit: /southamericabackpacker.com

 

Sebagai salah satu negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan, ternyata Ekuador juga memiliki bentangan alam nan indah. Salah satunya ialah Danau Kawah Quilotoa. Danau kawah yang tepat terletak di pegunungan Andes ini memiliki pesona alam nan memukau.

Danau yang memiliki air berubah kehijuan karena kandungan mineral di dalam airnya ini memiliki lebar sekitar 3 km dan akan terlihat luar biasa indah di antara semua puncak pegunungan Andes. Tak heran apabila banyak dari pecinta alam dunia ingin sekali untuk datang ke sana.

Danau ini terbentuk akibat runtuhnya gunung berapi setelah letusan VEI-6 yang dahsyat sekitar 600 tahun yang lalu. Quilotoa sendiri merupakan situs wisata yang populer. Belum lagi dengan rute ke puncak yang umumnya ditempuh dengan truk sewaan atau bus dari Kota Zumbahua 17 km ke selatan atau lebih umum dengan bus dari Latacunga.

 

Pilihan Danau Kawah Paling Indah di Dunia – Danau Kawah Lonar, India

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! Credit: natgeotraveller.in

 

India memang terkenal sebagai negara yang penuh dengan kebudayaan serta kulinernya nan nikmat. Tak hanya itu, di sana lo juga bisa menemukan beragam spot wisata alam nan memukau loh. Salah satunya ialah Danau Kawah Lonar. Danau ini juga disebut-sebut sebagai danau kawah tertua karena tebentuk setengah juta tahun lalu.

Danau ini terletak di distrik Buldhana, Maharashtra, India. Lalu terbentuk dari lapisan batu basalt setebal 600 – 700 meter. Diameter kawah sekitar 2.154 meter dan dalam sekitar 150 meter. Danau ini diperkirakan sudah berumur 50.000 tahun. Para ilmuwan juga percaya kalau danau kawah ini terbentuk akibat jatuhnya meteor selama Zaman Pleistosen. Banya pula ditemukan kuil yang mengelilingi danau ini, sebagian besar tinggal reruntuhannya.

 

Pilihan Danau Kawah Paling Indah di Dunia – Danau Kawah Kelimutu, Indonesia

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Ini Merupakan 5 Danau Kawah Paling Indah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! Credit: /theblondeabroad.com

 

Tentu Indonesia memiliki danau kawah kelas dunia, yaitu Danau Kawah Kelimutu. Keindahannya pun sudah tidak perlu diragukan kembali. Danau yang terletak di Gunung Kelimutu, Pulau Flores ini juga berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Bukan hanya itu saja daya tariknya, Gunung Kelimutu sendiri juga memiliki 3 buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan anama Danau Tiga Warna karena memang memiliki tiga warna yang berbeda yaitu merah, biru dan putih. Bahkan setiap saat warnya pun bisa berubah-ubah.

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar danau kawah paling indah di dunia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestariannya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia!

 

Source: .liputan6.com

 

Featured Image: .msn.com
Wilderness Beginner

8 COMMENTS

SHARE
keren-keren yaa
Kawah kawah yang memang begitu indah sangat
Nice Info
Kren danau danaunya...salahsatunya ada d indonesia
Imdah sekali pemandangannya
pingin ke kelimutu
Keren cuy
Jadi pengen kesana