5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

Purbalingga bisa menjadi destinasi liburan yang pas bagi para pencinta alam dan petualang. Apa saja destinasi wisata unggulan khas Purbalingga yang patut dikunjungi ketika liburan? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

Jika hendak berlibur ke Jawa Tengah, ada baiknya lo tidak lupa menyambangi daerah Purbalingga. Pasalnya, kota ini menyimpan banyak sekali tempat wisata alam berpanorama indah seperti pegunungan, curug, dan lain-lain. Suasana alam sekitar Purbalingga juga relatif sejuki karena lokasinya berdekatan dengan lereng Gunung Slamet.

Apa saja destinasi wisata unggulan khas Purbalingga yang patut dikunjungi pelancong? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

1. Curug Silintang

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah. Photo Credit: kompasiana.com

Di Purbalingga, lo bisa menemukan banyak curug atau air terjun indah. Salah satu contohnya seperti Curug Silintang yang berada di Desa Tlahab. Jika berangkat dari pusat kota Purbalingga, wisatawan dapat menempuh air terjun ini dalam jarak kurang lebih 19 kilometer.

Tinggi Curug Silintang diperkirakan mencapai 75 meter. Lo bisa menyambangi tempat ini dengan naik kendaraan pribadi terlebih dahulu hingga tiba di daerah pemukiman penduduk. Dari situ, wisatawan dapat menyambung perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Lo akan melintasi daerah perkebunan dan bebatuan selama 15 menit sebelum akhirnya tiba di lokasi tujuan.

Curug Silintang menyajikan panorama alam yang begitu asri. Banyak orang mendatangi tempat ini untuk melihat pemadangan curug yang indah serta airnya yang segar. Saat bertandang ke sini, wisatawan juga akan disuguhi panorama gunung dan persawahan yang menyegarkan mata. Belum lagi dengan indahnya pelangi yang kerap muncul di sela-sela bebatuan air terjun ini. Wow!

2. Kutabawa Flower Garden

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah. Photo Credit: @ngapakpbg

Destinasi wisata ini cocok dikunjungi pelancong yang ingin melihat indahnya hamparan bunga warna warni ketika liburan. Kutabawa Flower Garden menyuguhkan panorama bunga-bunga cantik yang bakal membuat lo terkagum-kagum. Saat berkunjung ke sini, lo bakal puas mengamati berbagai macam bunga di area yang sangat luas.

Taman ini dihiasi beragam jenis bunga dengan warna warni memesona. Suasana tempat ini terbilang sejuk dan menyegarkan sehingga pengunjung bisa melihat-lihat bunga dengan perasaan nyaman. Salah satu aktivitas favorit wisatawan di sini adalah berfoto. Oleh sebab itu, jangan lupa bawa kamera sebelum berangkat agar lo bisa mengabadikan keelokan bunga di sekitar sini. Oke bro?

Pemandangan bunga di Kutabawa Flower Garden sungguh instagrammable. Hasil jepretan foto di sini tentu cocok lo iunggah ke media sosial. Kutabawa Flower Garden bisa menjadi destinasi wisata ideal bagi traveller yang berniat menghabiskan waktu liburan bareng keluarga.

3. Curug Tempuran

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah. Photo Credit: Adit_aw

Air terjun ini juga tak boleh dilewatkan lo yang tengah berlibur di Purbalingga. Curug Tempuran menghadirkan panorama alam eksotis yang ampuh mengusir penat. Tempat wisata ini pas didatangi wisatawan yang ingin menjauhkan diri dari hiruk-pikuk suasana perkotaan. Pemandangannya pun tak kalah indah dengan Curug Silintang.

Keistimewaan Curug Tempuran bukan hanya terletak dari panorama air terjunnya yang memukau. Tempat wisata ini juga disukai banyak orang karena memiliki air yang jernih dan segar. Begitu sampai di sini, lo akan langsung tergoda untuk menceburkan diri ke kolam air terjun. Mantap sekali deh bro!

Wisatawan tidak hanya bisa meluangkan waktu santai dengan berenang atau berendam di kolam. Lo juga dapat menghilangkan rasa bosan dengan memancing di sekitar area air terjun ini. Di Curug Tempuran, beban pikiran lo akan berkurang ketika memandang pepohonan rindang, ar terjun indah, serta aliran sungai yang begitu tenang. Sempatkan waktu ke sini ya bro!

4. Goa Lawa

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah. Photo Credit: mongabay.co.id

Tempat wisata ini juga dikenal banyak orang dengan nama “Golaga”. Panggilan tersebut sejatinya merupakan akronim dari frasa “Goa Lawa Purbalingga”. Goa ini kabarnya termasuk salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi orang di Purbalingga.

Lo bisa menyambangi Golaga dalam jarak tempuh sekitar 25 kilometer bila memulai perjalanan dari pusat kota Purbalingga. Perjalanan tersebut biasanya menghabiskan waktu kurang lebih 45 menit. Lokasi tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet. Dengan demikian, suasananya terbilang sejuk.

Ada banyak fasilitas menarik yang bisa dinikmati pengunjung di Golaga, salah satu contohnya adalah kafe. Saat memasuki kafe ini, lo berkesempatan menjajal sensasi menikmati minuman hangat sambil bersantai di dalam goa. Selain itu, pengunjung Golaga juga bisa puas melihat warna-warni lampu yang berpadu indah dengan bebatuan goa. Pemandangan ini sangatlah pas diabadikan dalam kamera.

5. Puncak Sandaren

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah

5 Destinasi Wisata Unggulan di Purbalingga, Semuanya Sajikan Panorama Indah. Photo Credit: travellinkinfo.com

Purbalingga kerap menjadi destinasi liburan pilihan wisatawan lantaran diberkahi dengan kekayaan alam melimpah. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya tempat wisata alam indah di sekitar sini, seperti pegunungan, perbukitan, curug, dan lain-lain. Salah satu tempat wisata favorit warga Purbalingga adalah Puncak Sandaren.

Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Saat berkunjung ke Puncak Sandaren, wisatawan bisa puas menikmati hamparan bukit hijau yang indah dari atas ketinggian. Melihat panorama indah ini tentu akan membuat lo terbebas dari stres dan suntuk.

Di Puncak Sandaren, lo dapat melihat pemandangan cantik sembari merasakan segarnya angin sepoi-sepoi. Tiupan angin ini tentu akan membuat lo mudah hanyut dalam suasana rileks. Pengunjung juga bisa mengambil foto sepuasnya di jembatan atas awan Puncak Sandaren. Pencinta fotografi wajib ke sana deh!

Demikian 5 destinasi wisata indah yang bisa lo jumpai di Purbalingga. Mengunjungi tempat-tempat di atas tentu akan membuat momen liburan lo di Purbalingga terasa lebih berwarna. Jangan lupa mendatangi tempat-tempat di atas ya bro!

Source: liputan6.com

Feature Image - Adit_aw

Wilderness Beginner solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
taman bunga nya keren beud
Panorama indah dan menakjubkan
keren yaa
Recommended nih
ada surga tersembunyi di kota purbalingga
Air terjunnya bagus
Pengen tau guwa lawa saya