Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Gunung Kidul adalah kawasan di Yogyakarta yang mempunyai segudang spot petualangan eksotis, seperti Telaga Biru Semin ini, nih! Penasaran bagaimana keindahan yang ada di sana? Sila simak bahasan kali ini ya!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Kalau sebagian orang membayangkan yang seram-seram saat mendengar kata Gunung Kidul, buat para traveller keren – Gunung Kidul adalah gudangnya spot petualangan eksotis dan menarik! Benar tidak begitu, bro?

 

Gunung Kidul adalah kawasan di selatan Yogyakarta yang menyimpan banyak harta karun. Harta karun yang dimaksud adalah spot petualangan eksotis yang diburu oleh para traveller. Sebut saja seperti Gua Vertikal Jombang, deretan pantai selatan yang luar biasa ombaknya dan masih banyak lagi.

 

 

Bahkan, deretan pantai selatan di Gunung Kidul masih banyak yang masih ‘perawan’ lho. Artinya masih jarang dikunjungi. Wah, ini karena tidak ketahuan oleh para traveller atau memang tempatnya tersembunyi, ya?

 

Bicara soal spot petualangan eksotis di Gunung Kidul – tidak hanya pantainya saja yang menarik perhatian para traveller, lho. Di bahasan kali ini, akan mengulas satu spot petualangan yang mungkin – hanya ada beberapa saja di Yogyakarta.

 

Tapi, spot petualangan yang satu ini tengah jadi buah bibir para traveller, yang kebetulan sudah mulai menanjak nih kepopulerannya. Duh sudah penasaran spot petualangan apa sih yang dimaksud? Bro, kenalkan nih – Telaga Biru Semin.

 

Terkenal dengan nama Telaga Biru Semin, namun perlu lo ketahui bro kalau penduduk atau warga setempat, masih menyebut telaga ini dengan nama lain. Nama lain yang dimaksud adalah Banyu Biru Candirejo.

 

Mengapa demikian? Usut punya usut, nama tersebut diambil dari nama dusun di mana telaga biru tersebut berada. Telaga Biru Semin berlokasi di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo – Kecamatan Semin Gunung Kidul.

 

Buat lo yang akan ke sana, catat dan ingat baik-baik lokasi Telaga Biru Semin ini ya! Oh iya, jika lo berangkat dari Yogyakarta, sepertinya lo mesti berangkat pagi-pagi karena jaraknya dari kota sekitar 54 kilometer. Jika ditempuh dengan mobil, mungkin waktu perjalanan lo bisa 1-2 jam.

 

Lalu, apa istimewanya ya Telaga Biru Semin? Eits, tenang dulu – sabar saja bro, di bawah ini akan dijelaskan setidaknya ada 5 hal menarik yang bisa lo jadikan landasan kalau lo mesti traveling ke sini, nih! Sudah penasaran? Langsung saja simak bahasan ini sampai habis!

 

 

Telaga Biru Semin: Bekas Lokasi Tambang

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin! credit: tribunnews.com

Bicara soal telaga atau danau yang airnya berwarna biru, pasti tidak terlepas dari latarbelakangnya yang terkait dengan bekas lokasi tambang. Telaga Biru Semin bukan satu-satunya yang begini bro. Sebut saja Danau Kaolin, dan beberapa danau lainnya yang punya karakteristik mirip dengan telaga yang ada di Gunung Kidul ini.

 

Telaga Biru Semin adalah bekas lokasi tambang. Hal tersebut bisa dilihat dari perbukitan di sekitarnya yang tadinya menjulang tinggi, sekarang ini hanya tinggal sisa-sisanya saja. Telaga ini dahulunya bekas penambangan batu alam.

 

Nah, karena diambil material alamnya, baik dengan alat berat atau manual – tentu kontur di sana menjadi cekung, dan terisi air oleh hujan dan fenomena lainnya. Alhasil, air yang ada di telaga ini terlihat berwarna biru, dan terkadang menjadi kehijauan.

 

Telaga Biru Semin: Mirip Danau Kelimutu

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin! credit: trendingdunia.net

Lo pasti tahu dong Danau Kelimutu yang pernah sempat jadi gambar di uang pecahan Rp. 5 ribu? Danau Kelimutu adalah danau yang indah dan berlokasi di Nusa Tenggara Timur. Jika terlalu jauh, Telaga Biru Semin ini sudah mirip dengan Danau Kelimutu, kok!

 

Pasalnya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas – Telaga Biru Semin mempunyai warna air yang kerap berubah-ubah. Terkadang biru, dan terkadang kehijauan. Hal ini menjadi salah satu daya tarik yang kuat bagi para traveller yang akhirnya datang ke sana, lho!

 

Telaga Biru Semin: Boleh Berenang di Sana, Lho!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin! credit: potraitnusantara.com

Walau mirip dengan Danau Kelimutu, namun tetap jelas ada perbedaan yang signifikan, lho. Kalau di Danau Kelimutu para traveller dilarang berenang karena aktivitas gunung berapi yang menyebabkan airnya tidak aman untuk para traveller berenang – kalau di Telaga Biru Semin, lo bebas nyebur, nih!

 

Pasalnya, Telaga Biru Semin tidak dipengaruhi oleh aktivitas gunung berapi yang kerap mengeluarkan gas alam yang cukup berbahaya buat para traveller. Namun, walau bebas berenang – pastikan lo tetap menjaga keselamatan, ya!

 

Telaga Biru Semin: Kedalaman Sampai 8 Meter

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin! credit: bataritours.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas – pihak pengelola Telaga Biru Semin memang memperbolehkan para traveller berenang – namun tetap mengingat keselamatan diri. Pasalnya, kedalaman air di telaga ini mencapai 5 meter sampai 8 meter.

 

Buat lo yang ingin coba cliff jumping dan langsung nyebur ke telaganya, boleh-boleh saja bro! Tapi sekali lagi diingatkan – pastikan lo tetap mengetahui dan memerhatikan keselamatan diri lo juga.

 

Telaga Biru Semin: Spot Trekking Buat Pemula!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin!

Mirip Danau Kelimutu: 5 Hal Menarik Ini Bisa Jadi Alasan Lo ke Telaga Biru Semin! credit: indonesia.tripcanvas.co

Nah, buat lo yang tidak ingin basah-basahan – tidak masalah kok. Masih ada kegiatan yang bisa lo lakukan nih, yaitu trekking! Dengan kontur khas perbukitan pasir serta elevasi yang bermacam-macam, buat lo yang masih pemula, cocok sekali buat latihan trekking nih.

 

Tetap hati-hati dalam melangkah, karena lo tidak mau tergelincir dan nyebur ke telaganya, kan? Maka dari itu, pastikan lo menggunakan sepatu trekking yang memadai. Oh iya, trekking di sana tidak akan membosankan, kok. Karena sedikit-sedikit lo pasti akan berhenti dan mengeluarkan kamera untuk merekam berbagai sudut yang fotogenik!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Lumayan juga kan Telaga Biru Semin? Memang menarik nih telaga yang satu ini. Kalau ada rencana akan traveling ke Yogyakarta – jangan lupa mampir ke telaga ini ya!

 

Source – reservasi.com

Feature Image – gunungkidulku.com

Wilderness Beginner danau solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
sungguh menarik
Info yang bermanfaat
Telaga briu amazing
Info yang bermanfaat