Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar!

Waduh jauh juga nih eksplorasi kali ini! Ada yang pernah dengar nama Pulau Sebatik belum nih? Kalau belum, sila simak bahasan kali ini ya!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar!

Kalau ada yang kepingin sekali datang ke Korea Selatan dan ingin melihat perbatasannya yang langsung berhadapan dengan Korea Utara – sepertinya belum tahu kalau di Indonesia sendiri ada spot atau kawasan yang kurang lebih mirip dengan yang itu.

 

Indonesia – sebagai salah satu negara maritim yang besar, tentu dikaruniai untaian pulau-pulau dari yang besar sampai yang kecil, dan hampir semuanya eksotis. Dengan kondisi seperti itu, tidak heran jika Indonesia sendiri jadi incaran banyak traveller mancanegara.

 

Terlebih pulau-pulau kecil yang sepertinya nyaris tidak terdengar nama atau kepopulerannya. Hal ini mungkin karena posisi pulau-pulau tersebut berada di perbatasan antar negara. Kalau sebelumnya pulau paling luar seperti Pulau Weh dan Pulau Rote sudah terkenal, di antara lo semua – apakah ada yang tahu Pulau Sebatik?

 

Belum ada yang tahu? Tenang – dengan menyimak bahasan ini sampai selesai, lo akan tahu keindahan yang ada di dalam Pulau Sebatik. Menjadi salah satu pulau yang lokasinya terluar dan benar-benar dibibir perbatasan, Pulau Sebatik mesti dapat perhatian lebih dari segala pihak.

 

Nah, ada yang sebenarnya pulau ini ada di mana? Perlu lo ketahui bro kalau Pulau Sebatik terletak di Provinsi Kalimantan Utara. Pulau ini – karena yang paling terluar, langsung berbatasan dengan negara tetangga yaitu Malaysia.

 

Kalau di perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa diakses dengan berbagai transportasi – Pulau Sebatik hanya bisa diakses dengan transportasi laut saja. Transportasi udara? Jangankan pesawat, mobil dan motor pun sanggup untuk keliling pulau tersebut seharian.

 

Mengapa hanya bisa dijangkau dengan transportasi laut? Hal ini mengacu kepada lokasinya yang memang benar-benar paling luar dari kawasan Indonesia sendiri. Lalu, apa yang menarik dari Pulau Sebatik ini?

 

Pulau Sebatik: Dijangkau Dengan Transportasi Laut

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar! credit: travelingyuk.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – menjadi pulau paling luar dari kawasan Indonesia dan berbatasan langsung dengan Malaysia – Pulau Sebatik hanya bisa diakses dari transportasi laut saja. Mulai dari kapal nelayan, sampai sewa kapal bermotor.

 

Bagaimana logistik bisa sampai ke sana? Ya dengan menggunakan jasa sewa kapal bermotor, bro! Hanya perahu nelayan dan kapan-kapal bermotor kecil saja yang bisa mengantarkan logistik termasuk diri lo untuk bisa sampai di sana.

 

Oleh karena itu, di beberapa titik pinggir pulaunya, terdapat beberapa dermaga kayu yang cukup fotogenik jika senja menjelang. Cukup banyak para traveller yang datang ke sini untuk menikmati momen matahari terbenam dari deretan dermaga kayu tersebut.

 

Oh iya, menjadi pulau paling luar di kawasan Indonesia, bukan berarti Pulau Sebatik tidak punya spot petualangan yang indah-indah nih. Mulai dari kawasan desa yang tenang – sampa deretan pantai pasir putih yang fotogenik!

 

Pulau Sebatik: Tanjung Aru!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar! credit: pegipegi.com

Menjadi salah satu spot petualangan yang wajib lo kunjungi kalau lo datang ke Pulau Sebatik, Desa Tanjung Aru adalah salah satu spot wisata yang menarik untuk dikulik. Oh iya, perlu lo ketahui juga nih kalau Desa Tanjung Aru, ditelisik akan jadi ibukota dari Sebatik, lho.

 

Kehidupan masyarakat sekitar pun biasa saja – banyak dari mereka yang berkebun jadi nelayan – atau ke negara tetangga untuk mengadu keberuntungan. Selain itu, banyak dari mereka juga berdagang untuk mencukup kehidupan sehari-hari.

 

Pulau Sebatik: Deretan Pantai Eksotis

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar! credit: wartawisata.id

Selain Pantai Tanjung Aru – masih banyak lagi lho deretan pantai yang belum diberi nama oleh masyarakat sekitar. Nah, deretan pantai ini juga masih perawan nih bro. Kalau lo ke Pulau Sebatik, jangan lupa buat eksplor keindahannya di sana ya!

 

Salah satu kegiatan para traveller yang paling sering terlihat oleh masyarakat sekitar adalah menikmati senja dan momen matahari terbenam. Sunset di sana adalah salah satu yang direkomendasikan bro!

 

Pulau Sebatik: Perbukitannya Tidak Kalah Bagus!

Tidak hanya deretan pantainya saja yang bagus-bagus dan eksotis – Pulau Sebatik juga punya lho deretan perbukitan yang oke-oke. Bisa banget nih trekking di sana. Bahkan, jika lo bisa bangun lebih pagi dan trekking ke atas bukit di sana – lo bisa melihat momen sunrise dengan saat jelas, bro!

 

Oh iya, salah perbukitan di sana ada yang namanya Bukit Keramat. Dari atas bukit tersebut, lo bisa melihat jalan menuju Desa Bambangan Sebatik barat. Nah, dari sana juga akan terlihat nih Pos Pengamanan Batas Wilayah Indonesia dan Malaysia!

 

Pulau Sebatik: Tugu Garuda Perkasa!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar!

Pulau Sebatik: 5 Fakta Seru Dari Perbatasan Indonesia yang Paling Luar! credit: genpi.co

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas kalau Pulau Sebatik adalah pulau dengan posisi terluar Indonesia dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Untuk memastikan dan menandakan kalau pulau itu masih milik Indonesia – maka perlu ada ikon yang menjelaskannya!

 

Nah, kalau lo ke Pulau Sebatik – ada ikon yang mesti lo datangi nih. Ikon tersebut adalah Tugu Garuda Perkasa. Berlokasi di Aji Kuning Sebatik Timur, lo bisa nih berswafoto di depan tugu tersebut menandakan kalau lo sudah pernah ke pulau paling luar dari kawasan Indonesia!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Seru ya eksplorasi sampai ke pulau terluar di Indonesia. Kira-kira, pulau terluar mana lagi nih yang sudah pernah lo jelajahi? Komen di kolom di bawah ini ya!

 

Source – pegipegi

Feature Image – travelingyuk.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

7 COMMENTS

SHARE
Kita jaga semuanya dengan baik dan harus dengan tumpah dara
Pulau sebatik luar biasa bro
tq info ya...
Terimakasih infonya
tanjung aru yg exsotic
Nice Info
Luar biasa broo