Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto

Ponorogo tidak hanya kaya akan seni dan budayanya saja. Daerah ini juga menyimpan banyak tempat wisata indah yang pas dikunjungi pelancong kala berlibur. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Sebagian besar orang mungkin mengenal Ponorogo dari budaya Reog-nya yang populer. Kabupaten di Jawa Timur ini juga menyimpan beragam tempat wisata indah yang menyegarkan mata. Oleh sebab itu, lo bisa menyambangi daerah ini kala liburan untuk melepas penat dan stres dalam pikiran.

Apa sajakah tempat wisata indah yang bisa ditemukan pelancong di Ponorogo? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan cek tulisan di bawah ya bro!

1. Gunung Beruk

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit: okezone.com

Belakangan ini, Gunung Pinus menjadi salah satu tempat wisata yang digandrungi masyarakat. Wisatawan biasanya mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan cantik sekaligus berfoto. Saat bertandang ke Ponorogo, lo juga bisa menemukan spot serupa yang sungguh instagrammable.

Nama tempat wisata tersebut adalah Gunung Beruk. Pelancong dapat mengunjungi tempat ini di Desa Karang Patihan, Balong, Hutan Negara, Jambon, Kabupaten Ponorogo. Di Gunung Beruk, wisatawan bisa mendatangi spot foto romantis untuk berfoto dengan orang terkasih. Hasil berfoto di sini tentu pas untuk diunggah ke media sosial.

2. Bukit Watu Semaur

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit: tribunnews.com

Destinasi wisata satu ini berbentuk bebatuan besar yang berdiri kokoh dan menjulang. Apabila mencoba berteriak di sini, suara lo akan terdengar menggema jauh. Hal tersebut konon menginspirasi lahirnya julukan “Watu Semaur” pada tempat ini. Unik sekali, bukan?

Watu Semaur bisa lo jumpai di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Lo dapat menemukan batu besar ini di sebelah jalan alternatif menuju wilayah Panggul, Kabupaten Trenggalek. Watu Semaur kabarnya terletak di antara hutan pinus yang begitu rindang.

Tepat di bawah batu ini, wisatawan bakal melihat area persawahan yang asri. Siapapun yang melihat pemandangan tersebut tentu bakal tergoda untuk beristirahat sejenak sembari mengamati karunia indah ciptaan Sang Pencipta ini. Sempatkan waktu ke sini ya bro!

3. Air Terjun Coban Lawe

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit: Madiunpos.com

Air terjun ini termasuk salah satu tempat wisata paling terkenal di daerah Ponorogo. Hampir setiap harinya, Air Terjun Coban Lawe didatangi wisatawan dari berbagai tempat. Lo bisa mencapai tempat ini dalam jarak tempuh sekitar 33 kilometer bila memulai titik keberangkatan dari pusat kota serta berjalan ke arah timur.

Rute yang bisa dilalui wisatawan untuk sampai ke Air Terjun Coban Lawe adalah Ponorogo-Pulung-Sooko-Pudak. Lo juga bisa menempuh perjalanan dari Ponorogo, Pulung, dan Pudak. Keistimewaan tempat wisata ini tak hanya terletak dari air terjunnya saja. Wisatawan juga bisa menikmati indahnya panorama hijau saat menyusuri rute menuju Coban Lawe.

Saat melewati daerah Sooko, lo bakal melihat perkebunan minyak kayu putih yang begitu luas. Ada juga hutan jati yang bisa dilihat wisatawan saat melewati lintasan dari Pulung menuju Sooko. Terakhir, mata wisatawan juga akan dibius asrinya pemandangan  sawah di sepanjang perjalanan. Asyik sekali, bukan?

4. Tumpak Pare

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit: youtube.com

Tumpak Pare juga tak boleh dilewatkan pelancong yang tengah berlibur ke Ponorogo. Tempat wisata favorit warga Ponorogo ini menyajikan panorama alam yang memukau. Lo bisa mengunjunginya di Desa Cempoko, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Jika berangkat dari pusat kota, pelancong dapat menempuh Tumpak Pare dalam kurun waktu sekitar satu setengah jam. Tempat wisata ini paling pas didatangi pada waktu pagi atau siang hari. Rute menuju Tumpak Are kabarnya searah dengan jalan menuju Gunung Gajah di Sambit.

5. Bukit Bobrok

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit:@dodikreza

Bukit dengan pemandangan eksotis ini berlokasi di Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Tempat wisata ini kabarnya sempat populer di kalangan pengguna media sosial Instagram. Banyak orang terkesima melihat sajian alam yang ditawarkan bukit indah ini.

Pada waktu akhir pekan, Bukit Bobrok kerapkali menjadi destinasi wisata favorit kawula muda. Kepopuleran tempat wisata ini kabarnya juga ditunjang fasilitasnya yang lengkap. Hal tersebut membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlama-lama di Bukit Bobrok. Mantap sekali deh bro!

6. Watu Pecah Jonggol

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit: @wahyurochester

Jika mencari destinasi wisata idaman kaum millennials di Ponorogo, Watu Pecah Jonggol bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat liburan ini kabarnya didirikan oleh mahasiswa KKN 37 Universitas Muhammadiyah Ponorogo Angkatan 2016. Lo bisa mendatangi tempat ini di Desa Jonggol, Kecamatan Jambon.

Saat bertandang ke Watu Pecah, lo akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang mengesankan. Wisatawan juga bisa menjumpai berbagai fasilitas menarik di sini seperti jembatan cinta, taman bukit wakwaw, rumah pohon, watu pecah, camping ground, dan lain-lain. Patut dikunjungi kala liburan deh.

7. Telaga Ngebel

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran  H.O.S Cokroaminoto

Melirik 7 Destinasi Wisata di Ponorogo, Tempat Kelahiran H.O.S Cokroaminoto. Photo Credit: moodster.id

Danau yang terbentuk secara alami ini juga menyajikan pemandangan cantik. Lokasinya terletak di Kecamatan Ngebel, tepatnya di sekitar kaki Gunung Wilis. Jika berangkat dari pusat kota, wisatawan bisa menempuh Telaga Ngebel dalam jarak kurang lebih 30 kilometer.  

Telaga Ngebel kabarnya mempunyai luas keliling sekitar 5 kilometer. Kondisi tempat ini terbilang dingin dan sejuk karena suhu udaranya berkisar antara 20 hingga 26 derajat celcius. Hal ini tentu akan membuat wisatawan merasa nyaman selama berwisata.

Demikian 7 destinasi wisata yang bisa lo jumpai di kabupaten Ponorogo. Semoga tempat-tempat di atas bisa menjadi referensi buat lo yang masih bingung mencari lokasi liburan. Jangan lupa menikmati keindahan tempat-tempat di atas secara langsung ya bro!

Source: tribunnews.com

Feature Image - .okezone.com

Wilderness Beginner solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Nice Info
Wow menajukkan sekali
Ponorogo alamnya sangat menakjubkan
tq info ya...
Nice info
keren2 tempatnya, patut di coba nih
ponorogo reognya istimewa min
Pengen kesana
Keren bangetttt
Nice info