Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Percaya atau tidak ini merupakan pilihan kuliner Indonesia yang ternyata berasal dari Belanda. Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Tidak bisa dipungkiri kalau pengaruh Belanda terhadap kuliner Indonesia cukup besar, faktor utamanya memang karena negara kincir angin tersebut menjajah Indonesia selama 350 tahun. Sehingga banyak dari pilihan kuliner Indonesia berasal dari Belanda. Bahkan beberapa diantaranya sering sekali menjadi hidangan setiap hari di rumah lo loh. Karena memang bahannya juga mudah dicari serta resepnya juga sudah turun menurun.

 

Berbicara mengenai kuliner tersebut tentunya juga memiliki citarasa yang unik serta nikmat. Tak heran apabila banyak diantaranya sudah menjadi pilihan favorit. Kuliner Indonesia dari Belanda sendiri juga sangat menyebar, bukan hanya ada di satu kawasan saja loh.  Sehingga bisa dikatakan pula kalai Kolonial Belanda yang hidup di Nusantara selama ratusan tahun tersebut meninggalkan beragam jejak di kehidupan kita sebagai orang Indonesia.

 

 

Percaya atau tidak, ketika Lebaran tiba, kue-kue yang disuguhkan biasanya berasal dari kuliner Belanda seperti nastar dan lidah kucing. Tak terhindar juga dari masakannya yang akrab lo cicipi. Nah, daripada semakin penasaran terhadap kuliner Indonesia yang berasal dari Belanda, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

 

Kuliner Indonesia yang Berasal dari Belanda – Huzarensla

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro! Credit: deskgram.net/

 

Pilihan pertama mengenai kuliner Indonesia yang berasal dari Belanda ialah Huzarensla. Kalau di Belanda terkenal dengan anama Huzarensalade. Kuliner ini merupakan jenis salad yang lezat dan mengeyangkan. Uniknya lagi cukup populer bagi para pecinta kuliner Indonesia.

 

Meskipun di Indonesia bahan-bahannya sudah mengalami modifikasi, tetapi secara pakem resepnya tidak begitu melenceng dari aslinya. Bahan utama saladnya ialah kentang, daging sapi, potongan sayuran dan buah.

 

Untuk dressingnya sendiri berbahan utama kuning telur yang sudah dihaluskan. Ada juga yang lebih suka menggunakan daging ayam atau tanpa daging sama sekali. Mungkin untuk menemukan kuliner ini paling mudah di restoran yang menyediakan menu kuliner peranakan.

 

Kuliner Indonesia yang Berasal dari Belanda – Perkedel

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro! Credit: manaberita.com

 

Siapa yang tidak mengenal kuliner satu ini? Yaap, bahkan bisa lo temukan setiap hari baik dari meja makan lo maupun di warung nasi dekat dengan kantor atau kampus. Perkedel sendiri memang merupakan kuliner yang berasal dari Belanda dengan nama aslinya Frikadel.

 

Kata Frikadel sendiri berasal dari Perancis yang artinya bola daging. Bahan utamanya ialah kentang dan daging. Tentu siapapun sudah tidak asing lagi dengan cita rasa yang dimilikinya. Bahkan sudah banyak yang menjadikan kuliner ini favorit mereka.

 

Perkedel sendiri merupakan lauk yang terbuat dari kentang dan jarang dicampuri daging untuk di Indonesia. Dalam perkembangannya muncul varian perkedel berbahan tahu, tempe atau jagung. Memang sangat sulit sekali untuk menolak kenikmatannya ketika sudah ada di depan mata.

 

Kuliner Indonesia yang Berasal dari Belanda – Semur

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro! Credit: id.wikipedia.org

 

Sedikit orang yang menyangka kalau kuliner satu ini ternyata berasal dari Belanda. Yaap, untuk di Belanda sendiri kuliner ini disebut Smoor yang artinya makanan direbus lama dengan tomat dan bawang. Masakan ini terbentuk pada masa kolonial Belanda dan merupakan perpaduan kuliner Belanda dan Indonesia.

 

Semur sendiri juga sangat mudah sekali untuk lo temukan di kehidupan keseharian bukan? Karena memang memiliki cita rasa nikmat serta nagih. Paling nikmat didampingi oleh nasi panas dengan suasana ruangan nan nyaman.

 

Untuk di Indonesia sendiri banyak variannya seperti semur daging, semur jengkol, semur tahu, semur ayam dan lain-lain. Namun ada satu bahan yang selalu ada di setiap variannya termasuk di resep aslinya yaitu kecap.

 

Kuliner Indonesia yang Berasal dari Belanda – Brenebon

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro! Credit: id.wikipedia.org/

 

Kalau lo berasal dari Sulawesi Utara mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu satu ini karena memang ini merupakan makanan khas Minahasa. Tentu rasanya sangat nikmat serta sangat mudah diterima oleh lidah Indonesia.

 

Kunliner satu ini merupakan sup kacang merah yang juga menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Bukan hanya itu saja, kuliner ini juga berasal dari Belanda loh. Nah, untuk di negeri kincir angin, kuliner ini disebut juga Bruine Bonen yang berarti kacang coklat.

 

Untuk resep aslinya menggunakan daging babi namun di Indonesia juga banyak yang menggunakan daging sapi bahkan ayam untuk penggantinya. Kuliner ini sangat nikmat sekali untuk lo makan sebagai hidangan makan malam. Gurih serta nagih banget deh!

 

Kuliner Indonesia yang Berasal dari Belanda – Pastel Tutup

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro!

Ternyata 5 Kuliner Indonesia Ini Berasal dari Belanda Loh Bro! Credit: id.tastemade.com

 

Berikutnya mengenai kuliner Indonesia yang berasal dari Belanda ini mungkin tidak terlalu sering terlihat namun hingga hari ini lo masih bisa kok menemukannya. Yaap, bisa dilihat secara kasat mata, memang kuliner ini sangat mirip dengan kuliner Eropa pada umumnya.

 

Yaap, Pastel Tutup atau biasa juga disebut Indische Pastei dalam bahasa Belanda ini merupakan isian pastel yang terdiri dari wortel, ayam, telur rebus dan lainnya diletakkan di dalam wadah atau Loyang serta ditutup dengan kentang yang dihaluskan lalu dipanggang.

 

Untuk resep asli dari Belandanya sendiri tidak menggunakan kentang tetapi puff pastry atau pie sebagai pentutupnya. Buat lo yang suka dengan cita rasa makanan barat, ini merupakan pilihan yang tepat namun tetap menyimpan cita rasa Indonesia.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner Indonesia yang berasal dari Belanda? Semoga bisa menjadi pilihan lo berikutnya apabila ingin mencicipi kuliner yaa serta juga menambah pengetahuan lo seputar lika-liku kuliner di Nusantara. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keragaman budaya hingga kuliner di Indonesia!

 

Source: hipwee.com

 

 

Featured Image: idntimes.com
Trending News Beginner foodventure

19 COMMENTS

SHARE
Baru tau saya
Nice info gan
Patut dicoba
yg plg mantep ..
smoor daging pastinya
Nice info..
Nice info
nice info
Perkedel ga nyangka dari belanda
Ohh ternyata
Boleh lah