Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya?

Pernah terbayangkan bagaimana luar biasanya melakukan tube riding, bro? Berikut ulasan lebih mendalam soal tube riding, sila simak bahasan kali ini ya!

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya?

Bahkan untuk seorang professional peselancar, bisa mendapatkan ‘tube ride’ adalah sebuah keberuntungan!

***

Dari judul artikel di atas, kira-kira lo sudah tahu dong ya mau ke mana bahasan kali ini. Bro, selancar atau surfing adalah salah satu aksi ekstrem yang diminati banyak petualang dan traveller, khususnya mereka yang melang-lang buana ke mana saja untuk mendapatkan ombak besar.

 

Nah, sebagai negara maritim besar – Indonesia dikaruniai untaian pulau-pulau eksotis, dengan pantai yang luar biasa indah, serta tentunya dengan ombak-ombak yang menggugah selera para peselancar. Tidak heran banyak dari mereka yang bersikeras untuk bisa sampai di Indonesia demi ombak-ombak besar tersebut.

 

Bicara soal ombak besar dan peselancar – tentu dekat sekali dengan pertanyaan: apa sih yang para peselancar cari dari ombak-ombak besar seperti itu? Jawabannya sederhana, bro: kepuasan. Kepuasan para peselancar adalah berhasil ‘menaiki’ ombak-ombak besar dengan berbagai trik atau teknik yang mereka kuasai.

 

Trik dan teknik dalam beselancar itu banyak, bro. Bahkan, berbagai trik dan teknik mesti sering dikeluarkan dalam sebuah kompetisi selancar agar mereka bisa mendapatkan poin tertinggi. Semakin sulit triknya, biasanya semakin besar pulau poin yang didapat ketika trik tersebut berhasil dilakukan.

 

Lalu, trik apa yang paling besar poinnya? Sebenarnya relatif, bro. Karena di selancar – jika lo berhasil memodifikasi trik yang sudah ada, pun poinnya besar. Bahkan, untuk menghormati lo yang berhasil melakukan trik tersebut, nama lo akan disematkan dalam nama trik itu.

 

Wah pasti membanggakan ya jika suatu saat nama lo yang ada di salah satu trik selancar. Bro, ada beberapa hal yang membuat lo bangga dengan diri sendiri saat berselancar. Menang kompetisi, melakukan trik memukau, dan yang jelas lo bisa dapat tube riding.

 

Apa Itu ‘Tube Riding’?

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya?

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya? credit: espn.com

Sebelum lo mengetahui apa itu ‘tube riding’ – berikut salah satu pendapat pro surfer soal tube riding.

 

“Gue sering ditanya bagaimana rasanya berada di dalam gulungan ombak saat berselancar. Jawaban gua simpel: ‘sangat luar biasa’.  – Gerry Lopez

 

Tube riding adalah salah satu teknik atau trik ultimate dari berselancar. Banyak peselancar yang ingin sekali bisa masuk ke dalam gulungan ombak yang besar. Nah, sebelum lanjut ke bahasan yang lebih detil, sepertinya lo mesti tahu dulu nih bagaimana sih teknis si tube riding ini.

 

Mari bedah dari sisi arti nama teknik ini terlebih dahulu. Tube riding artinya mengendarai gulungan ombaknya yang membentuk seperti pipa besar. Peselancar akan mencoba beradu cepat dengan gulungan ombak yang besar, sehingga mereka bisa masuk ke dalam gulungan tersebut.

 

Masuk ke gulungan ombak tidak berarti tercebur di gulungan ombak lautnya ya, maksudnya adalah lo bisa berselancar di tengah momen ombak itu bergulung. Wah itu rasanya tidak karuan, bro! Radikal luar biasa pastinya.

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya?

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya? credit: managementhelp.org

Dengan teknis yang seperti itu, seluruh elemen dalam berselancar mesti dikuasai benar-benar. Pertama, keseimbangan, kedua kecepatan, dan yang ketiga adalah keberuntungan. Mengapa mesti ada keberuntungan? Karena semua teknis yang lo punya akan sia-sia jika timing lo masuk ke dalam gulungan itu tidak tepat.

 

Jika tidak tepat masuk ke dalam gulungan ombak tersebut, dijamin lo akan berakhir berenang ke tepian sembari membawa papan selancarnya.

 

Tube riding adalah trik selancar paling radikal. Apakah ada trik lainnya? Sebenarnya banyak, namun mengapa trik ini yang paling berbahaya sekaligus trik paling oke untuk mendapatkan poin paling besar, karena salah satu resiko jika gagal dalam trik ini adalah gulungan ombak besar itu bisa saja mematahkan papan selancar lo.

 

Sebegitunya kah? Bro, gulungan ombak itu sangat-sangatlah kuat. Papan selancar bisa saja patah jadi dua. Apalagi jika terkena badan lo, sudah dijamin lo akan tergulung ke dasar laut. Oleh karena itu, trik ini jadi salah satu yang paling radikal dari trik selancar lainnya.

 

Manuver = Poin Besar!

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya?

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya? credit: streamer.co.il

Selain tube riding memang masih ada beberapa cara lain yang bisa membuat lo mendapatkan poin yang besar dalam kompetisi. Lakukan banyak maneuver, tentu hal ini akan membuat lo melakukan banyak trik – namun, perlu lo ketahui juga kalau akan selalu ada resiko gagal melakukannya.

 

Berbagai trik berbahaya sekaligus keren bisa lo lihat di sini!

 

Modifikasi Tube Riding: Kelly Slater adalah Bintangnya!

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya?

Mengapa 'Tube Ride' Menjadi Trik Surfing Paling Radikal? Apa Tidak Ada Trik Lainnya? credit: newshub.co.nz

Tahun 2018 lalu, tepatnya di bulan Desember – di Oahu Hawaii, Kelly Slater melakukan salah satu trik yang nyaris tidak mungkin untuk dilakukan. Peselancar yang umurnya sudah menyentuh kepala empat ini berhasil masuk ke dalam gulungan ombak atau tube riding dan dia menghilang.

 

Diulangi, ya – dia masuk ke dalam gulungan ombak atau tube riding dan dia menghilang. Sebenarnya bukan menghilang, sih – lebih tepatnya Kelly terlihat terjatuh, namun sekilas ia kembali lagi di atas papan selancarnya dan masih mengarungi ombak besar tersebut.

 

Trik tersebut dinamakan ‘Houdini’. Dan akhirnya salah satu trik paling radikal dan ultimate di selancar, ada yang memodifikasinya. Trik tersebut akhirnya menjadi Houdini Tube Riding’. Trik ini diperkirakan baru Kelly Slater saja yang berhasil melakukannya.

 

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo tertarik untuk masuk ke dunia selancar dan melakukan trik-trik gila dengan gulungan ombak yang besar? Kalau iya, langsung saja berangkat ke berbagai spot yang ada di Indonesia yang mempunyai gulungan ombak yang keren!

 

Feature Image – Wikipedia.org

In Depth Extreme Surfing

7 COMMENTS

SHARE
Makasih Infonya
top infonya
keren bgt
Olahraga ini sangat keren bila qt bisa menguasainya.
Info bagus
tube ride
Mantappp