Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Ketika berada di alam bebas dan lo dihadapi dengan momen yang mengharuskan lo memakan tumbuhan di sekitar, enggak usah khawatir! Simak saja beberapa pilihannya di bawah ini!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

 Banyak kemungkinan yang bisa terjadi ketika lo melakukan pendakian, bahkan bisa mengancam nyawa lo. Oleh sebab itu, mengetahui pengetahuan dasar mengenai tumbuhan liar yang bisa lo makan tentu bsia menjadi bekal penting. Karena memang berusurusan dengan alam bebas, lo patut untuk bisa hidup tanpa adanya bala bantuan.

 

Memang ketika lo sedang mendaki sebuah gunung bekal makanan tak akan terlupakan, namun apakah yang terjadi apabila bekal tersebut habis. Atau paling parahnya lo tersesat di hutan tanpa adanya orang lain namun lo harus tetap berjuan untuk tetap hidup.

 

 

Survival skill pun menjadi sebuah keuntungan yang bisa lo adapatasikan ketika sedang di dalam kondisi tersebut. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai tumbuhan apa saja yang bisa lo makan ketika tersesat di hutan, simak saja beberapa beberapa informasinya di bawah ini. Perlu untuk lo ketahui pula kalau di alam bebas tidak semua tumbuhan di depan mata lo itu bisa lo makan loh.

 

Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan – Buah Murbei

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas! Credit: khasiatsehat.com

 

Salah satu pilihan tumbuhan yang bisa menjadi sumber energi lo ketika melakukan pendakian atau ekspedisi ke alam bebas ialah buah murbei. Buah ini memiliki ciri-ciri fisik yang sangat mirip dengan strawberry.

Rasa yang dimiliki oleh buah ini juga mirip-mirip, rasa manis serta kecut selalu ada di setiap gigitanya. Uniknya buah ini juga menyegarkan serta nikmat. Sehingga lidah lo akan mudah untuk menerimanya. Bukan hanya itu saja, lo juga bisa mendapatkan energi yang cukup untuk tubuh lo.

Buah murbei sendiri merupakan buah majemuk dengan panjang sekitar 2 hingga 3 cm. Biasanya memiliki warna merah saat muda dan ungu tua saat masak. Buah ini biasa juga hidup di daerah panas dan subtropics, seperti di hutan Asia, Afrika dan Amerika.

 

Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan – Cantigi Gunung

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas! Credit: dzargon.com/

 

Memiliki nama latin Vaccinium Varingifolium ini memiliki bentuk yang indah serta sangat menarik. Oleh karena itu sangat jarang sekali orang mengetahui kalau tumbuhan liar ini bisa lo makan ketika berada di alam bebas seperti hutan atau pegunungan.

Tumbuhan ini juga masih berkerabat dengan blueberry, cranberry, bilberry dan huckleberry. Cantigi gunung ini bisa lo temukan banyak tumbuh di Pulau Jawa di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Daun Cantigi Gunung sendiri bisa lo makan sebagai lalapan. Buahnya berwarna kehitamanan dan punya rasa yang enak dan manis. Uniknya lagi batang dari tumbuhan ini juga bisa digunakan dan sering dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai arang.

 

Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan – Alang- Alang

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas! Credit: anasmakruf.com

 

Mungkin ini merupakan tumbuhan liat yang paling sering lo lihat ketika melakukan pendakian atau ekspedisi di alam bebas. Dengan nama latin Imperata cylindrical Raeusch ini memang mudah sekali lo temukan, sehingga bisa menjadi pilihan pertama ketika lo sedang kehabisan logistik.

Alang-alang sendiri merupakan rumpu berdaun panjang dan runcing. Namun, jangan salah tumbuhan ini memang bisa lo makan. Sehingga jangan meremehkannya yaa. Caranya juga cukup mudah kok, lo tinggal menyesap di bagian bawah dekat akar.

Cara lainnya lo juga bisa mengunyahnya seperti makan tebu. Untuk rasanya sendiri cukup manis. Ternyata manfaat dari tumbuhan ini tidak berhenti sampai di situ saja, selalin bisa dimakan, alang-alang juga bisa digunakan sebagai obat diare serta mimisan.

 

Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan – Pohpohan

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas! Credit: .instazu.com/

 

Tumbuhan satu ini memilki rasa yang cukup nikmat untuk dijadikan lalapan, bukan hanya itu saja tumbuhan pohpohan juga sangat familiar sekali apabila lo sedang berada di ketinggian. Tepatnya di ketinggian sekitar 700 hingga 1.750 meter di atas permukaan laut.

Dengan nama latin Pilea melastomoides, daun ini bisa langsung lo makan. Oo iyaa, pohpohan sendiri juga sangat mudah sekali untuk lo temukan di jalur pendakian. Bahkan masyarakat Sunda sendiri bisasa mengonsumsinya sebagai lalapan.

Cita rasa unik serta memiliki wangi yang khas membuatnya menjadi salah satu tumbuhan liar favorit bagi para pendaki. Bukan hanya bisa dimakan saja, namun tumbuhan ini juga memiliki manfaat lainnya, yaitu untuk meredakan nyeri otot. Sehingga kalau sedang melakukan pendakian dan otot lo tiba-tiba nyeri, ini bisa menjadi pilihan tumbuhan lo untuk dikonsumsi.

 

Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan -  Kecombrang

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas! Credit: momentumpedia.com/

 

Kalau lo lihat secara sepintas, tumbuhan ini pun memiliki bentuk seperti tumbuhan hias. Sehingga mungkin lo tidak memiliki pemikiran kalau ini merupakan tumbuhan liar yang bisa lo makan atau menjadi bala bantuan lo ketika sedang tersesat di alam bebas.

Dengan nama lating Etlingera elatior, kecombrang merupakan tanaman rempah yang bisa dijadikan tanaman hias karena dengan paras indahnya. Namun tumbuhan ini bisa lo makan. Caranya juga cukup mudah kok, lo tinggal mengupasnya.

Tumbuhan yang memilki biji mirip dengan buah jambu delima ini juga sering dijadikan campuran dalam sayuran asem ataupun sambal matah. Sehingga kalau lo menemukannya di alam bebas ketika sedang melakukan pendakian atau eksplorasi alam, tentunya jangan lupa untuk mencicipinya yaa.

 

Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan – Ceplukan

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas!

Percaya atau Tidak Ini Merupakan 6 Pilihan Tumbuhan Liar yang Bisa Lo Makan di Alam Bebas! Credit: m.brilio.net

 

Bentuknya pun sangat unik serta memilki warna yang mencolok di balik kelopak bunganya menjadi salah satu tumbuhan liar yang bisa lo makan loh. Ukurannya pun juga tidak terlalu besar, serta akan tertutup oleh kelopak bunganya ketika matang.

Tumbuhan ini biasa tumbuh di tepian hutan terbuka dan terkena cahaya matahari, serta cukup mudah juga kok untuk lo temukan di alam bebas. Sehingga perhatikanlah kondisi sekitar lo untuk bisa mendapatkan tumbuhan atau buah satu ini.

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasinya seputar pilihan tumbuhan liar yang bisa lo makan ketika berada di alam bebas? Semoga bisa menjadi salah satu acuan atau panduan lo yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu memiliki pemikiran yang jernih serta jangan lupa pula untuk menggunakan informasi ini ketika dibutuhkan yaa.

 

Source: idntimes.com

 

 

 

Featured Image: idntimes.com/
Tips Beginner hiking

21 COMMENTS

SHARE
Boleh juga dicoba mesti ga tersesat di hutan.
Yg paling enak ya Ceplukan
Nice info
informasi yg sgt berguna
Nice Info
kecombrang jadi inget pecel
keren bgt
alang-alang
Sangat bermanfaat
Mantaaaap