Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials!

Betul sekali kalau kopi latte sangat "happening" di kalangan millennials, namun apakah lo sudah tahu asal usulnya? Penasaran? Langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials!

Akhir-akhir ini memang kopi menjadi salah satu minuman paling laku di kehidupan millennials, alasannya sangat sederhana, karena memiliki rasa yang nikmat serta sangat pas sekali untuk menikmatinya sambil melihat keindahan sore hari. Iced latte menjadi menu paling dicari hingga hari ini, rasanya yang mudah untuk diterima serta segar ketika cuaca disekitar sedang panas-panasnya.

 

Sebelum menjadi menu iced latte, ternyata minuman satu ini dahulunya hanyalah berupa secangkir kopi dengan campuran susu dengan espresso yang sangat dinikmati oleh warga Italia. Yaap, memang minuman ini berasal dari negara di Eropa yang terkenal dengan Menara Pisa.

 

 

Semakin zaman berkembang, minuman nikmat atau kopi latte ini sudah sangat mendunia, bahkan lo bisa menemukan dengan mudah. Lo hanya perlu ke kedai kopi terdekat dan lo bisa melihat banyaknya orang yang menikmat latte atau iced latte sebagai menu favorit mereka.

 

Kalau lo tinggal di Jakarta, fenomena secangkir iced latte untuk menemani di kedai kopi sambil berbincang bersama teman atau hanya ingin menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah menjadi hal lumrah. Bisa dikatakan pula di kota-kota besar Indonesia memang sudah terdapat banyak sekali kedai kopi yang menyediakan menu satu ini.

 

Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai iced latte atau kopi latte itu sendiri, di dalam artikel ini akan membahas mengenai sejarah seputar menu kopi ini serta apa saja bahan-bahan yang digunakan. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

 

Sebenarnya Apa Itu Kopi Latte?

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials!

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials! Credit: youtube.com

 

Tentunya merupakan langkah yang tepat untuk lo lebih mengetahui latte itu apa bukan? Memang kopi ini berasal dari Italia namun penggemarnya pun sudah dimana-mana. Banyak dari penggemarnya pun yang senang dengan rasa serta bisa membuat mata lo melek lagi. Belum lagi dengan rasa manisnya.

 

Nama dari latte itu sendiri berasal dari bahasa Italia “caffe latte” yang memiliki arti kopi susu. Uniknya lagi apabila lo berada di Italia dan berada di kedai kopinya namun hanya memesan latte, maka secangkir susu saja yang lo dapatkan, lo haru benar-benar menyebutkan “caffe latte” agar bisa mendapatkan apa yang lo inginkan, yaitu secangkir kopi susu.

 

Mudahnya kalau kopi latte itu sendiri merupakan percampuran espresso dengan susu panas. Tentunya hari ini tersedia dua pilihan menunya apabila membicarakan mengenai kopi ini, ada yang dingin serta panas. Percaya atau tidak, dahulunya sekitar abad ke 17, kopi latte sangat sering dijadikan tempat baik untuk memulai hari.

 

Kopi Latte sendiri juga sangat terkenal pada tahun 1980an di Amerika, tepatnya di Seattle. Banyak yang mengatakan pula kalau Seattle merupakan kota kopi di dunia. Pada saat itu berjuta-juta cangkir kopi dikonsumsi sertiap harinya di negeri Paman Sam. Kopi Latte merupakan salah satu menu yang paling sering dibeli.

 

Bagaimana Kopi Latte Bisa Terbuat?

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials!

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials! Credit: tucsonfoodie.com

 

Sebagaimana yang sudah diketahui kalai kopi latte merupakan kopi susu ala Italia, tentunya bahannya pun tak jauh-jauh dari percampuran susu serta kopi. Krimnya pun menjadi salah satu kunci dari keindahan secangkir kopi ini. Indah? Yaap, kopi ini juga memiliki nilai seni loh.

 

Satu cangkir kopi latte bermula dari espresso shot (satu kali shot untuk ukuran standard dan dua shot untuk ukuran lebih besar). Lalu dituangkan dengan susu panas serta busa susu. Nah, biasanya para barista sering memainkan kreatifitas merupakan pada saat menuangkan busa susu tersebut. Tak heran apabila lo sering melihat banyak kopi latte dengan karya-karya unik di bagian paling atas dari satu cangkirnya.

 

Semakin berkembangnya zaman serta kebiasaan dari para penikmat kopi, tentunya kopi latte sendiri juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari penambahan rasa vanilla, kayu manis seta beragam sirup di tambah ke dalam latte setiap harinya.

 

Kopi Latte juga menggunakan 3 macam susu saat ini, mulai dari yang whole milk, 2% milk dan nonfat milk. Bahkan akhir-akhir ini juga sering menggunakan coconut milk dan almond milk. Iced latte pun juga menjadi pilihan favorit ketika udara sangat panas. Cara pembuatannya juga berbeda dengan secangkir kopi latte panas.

 

Karena biasanya iced latte menggantikan susu panas dengan susu dengan temperatur normal dan dituangkan es diakhir pembuatannya. Tentu rasanya pun tidak akan sekental kopi latte panas, namun menjadi pilihan bagi para penikmat kopi khususnya para pemuda di Indonesia.

 

Jangan Lupakan Latte Art

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials!

Mengenal Asal Usul Kopi Latte yang Fenomenal di Kalangan Millennials! Credit: picography.co/

 

Keindahan dari kopi latte bukan terdiri dari kenikmatannya saja loh, sebab lo juga bisa mendapatkan sebuah hasil karya dari para barista. Keindahan dari presentasi secangkir kopi pun menjadi sangat fenomenal.

 

Banyak bentuk-bentuk unik yang bisa dihasilkan, mulai dari bunga, burung, bahkan hingga wajah manusia. Karya-karya tersebut pun bisa terbuat dengan susu panas atau frothing milk. Espresso pun dituangkan terlebih dahulu lalu susu panasnya pun dituangkan secara perlahan.

 

Tak lama kemudian susu putihnya akan naik secara perlahan-lahan lalu susunya pun bisa dibentuk bedasarkan bentuk yang dinginkan oleh sang barista. Tentu bagi sebagian orang ini merupakan nilai tambahan lainnya seputar kopi latte.

 

**

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kopi latte di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Karena memang menikmati kopi sekaligus mengetahui asal-usulnya menjadi sebuah perpaduan yang indah. Semangat selalu dan jangan berhenti melihat keindahan di balik secangkir kopi!

 

 

 

Featured Image: wholesalesuppliesplus.com

 

 

In Depth Beginner eksplorasi-kopi

14 COMMENTS

SHARE
keren yaa
Latte Art menarik buat di pelajarin
tetep kopi hitam numero uno... btw makasih infonya
Mantaaap
Mantabsss
Super mantaaap
jadi pengen ngopi hehe
Mantap utk di nikmati
keren bgt
kopi susu tanpa ampas