5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

Penangkaran penyu tidak semata-mata berfungsi sebagai tempat pelestarian penyu saja. Tempat ini juga bisa menjadi destinasi liburan yang mengasyikkan bagi masyarakat. Di mana sajakah spot wisata terbaik untuk melihat penyu. Simak selengkapnya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

Penyu termasuk salah satu hewan yang dilindungi.Untuk menjaga kelestariannya, beberapa penangkaran penyu didirikan di berbagai penjuru nusantara. Tempat penangkaran ini tentu dapat dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat ketika masa libur datang. Lo bisa melihat penyu bertelur serta tukik atau anak penyu yang baru menetas.

Di mana saja tempat wisata terbaik untuk melihat tukik? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Pulau Kepayang, Belitung

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua? Photo Credit: pesona.travel

Jika tengah berlibur ke Belitung, ada baiknya lo tak lupa menyambangi Pulau Kepayang. Pulau ini memiliki penangkaran penyu yang bisa dikunjungi wisatawan. Lo bisa menempuh Pulau Kepayang dalam waktu kurang lebih 15 menit bila berangkat dari Pantai Tanjung Kelayang. Letak Pulau Kepayang kabarnya cukup dekat dengan Pulau Batu Berlayar.

Setibanya di pinggir Pulau Kepayang, wisatawan bisa lanjut berjalan kaki hingga sampai ke tempat penangkaran. Ada beberapa kolam tukik yang bisa dilihat pengunjung di sini. Tukik kabarnya dikelompokkan berdasarkan umur saat mereka menetas.

Pembuatan penangkaran ini dimaksudkan untuk melindungi telur penyu dari berbagai hal buruk, salah satunya seperti ancaman predator buas. Tukik yang baru menetas akan dirawat dalam penangkaran ini hingga tubuh mereka kuat untuk dilepas ke laut. Pelancong tak hanya akan puas melihat aktivitas tukik di Pulau Kepayang, melainkan juga bisa menambah wawasan seputar kehidupan hewan ini. Menarik sekali, bukan?

2. Pantai Sukamade, Banyuwangi

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua? Photo Credit: wisatagunungbromo.com

Hewan tukik juga bisa dijumpai wisatawan yang berlibur di Pantai Sukamade, Banyuwangi. Lokasi pantai ini terletak di dalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Saat menyambangi pantai ini, wisatawan bisa melihat penyu bertelur serta tukik yang baru menetas dari telur. Asyik banget ‘kan?

Pantai Sukamade cocok didatangi lo yang tertarik mengenal lebih dekat kehidupan penyu. Alasannya karena wilayah pantai ini termasuk dalam area pemanfaatan intensif untuk pengamatan telur penyu dan pelepasan tukik. Dengan demikian, pelancong bisa puas menyaksikan hewan ini bertelur secara langsung.

Untuk bisa sampai ke Pantai Sukamade, lo harus siap menempuh perjalanan yang lumayan menantang. Wisatawan bakal melintasi jalur yang belum diaspal serta melalui sungai beberapa kali. Panjang rute ini diperkirakan mencapai 60 kilometer. Pelancong biasanya menghabiskan waktu sekitar 4 jam untuk melewati rute ini. Meski demikian, rasa letih lo selama perjalanan bakal terbayar lunas ketika melihat tukik di tempat tujuan.

3. Gili Trawangan, Lombok

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua? Photo Credit: hallojawa.com

Sebagian besar orang mungkin mengenal perairan Gili Trawangan sebagai daerah dengan panorama bawah laut yang memesona. Akan tetapi, keistimewaan Gili Trawangan tidak hanya terletak pada pantainya saja. Lo juga bisa puas mengamati tukik di penangkaran yang terletak di pinggir laut. Mantap sekali, bukan?

Penangkaran penyu di Gili Trawangan berbentuk ruangan beratap yang cukup luas. Wisatawan bisa melihat tempat ini secara mudah karena lokasinya berada di tepi pantai. Penangkaran ini menyimpan penyu dari berbagai ukuran, mulai dari yang masih bayi hingga penyu berukuran besar.

Wisatawan bisa menggali pengetahuan seputar penyu dengan membaca informasi yang tertuis di papan besar. Penangkaran yang dikelola warga setempat ini juga kerapkali dkunjungi wisatawan mancanegara. Pendirian bangunan ini ditujukan agar kelestarian penyu sekitar Gili Trawangan terjaga dengan baik.

Jika penyu dalam penangkaran sudah dianggap besar dan kuat, mereka bakal dilepas kembali ke laut. Wisatawan kabarnya bisa memasuki penangkaran ini dengan membayar uang secara sukarela. Uang yang terkumpul dari pengunjung kabarnya akan digunakan pihak pengelola untuk biaya renovasi pembangunan, pakan penyu, dan lain-lain.

4. Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua? Photo Credit: okezone.com

Pulau indah ini direkomendasikan bagi wisatawan yang menyukai diving atau tertarik melihat kehidupan penyu. Pulau Sangalaki berlokasi di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Begitu tiba di pulau ini, wisatawan dapat menemukan penangkaran yang disertai tempat khusus konservasi penyu.

Pihak pengelola penangkaran kabarnya mengumpulkan telur dari bebagai penjuru Pulau Derawan. Telur-telur tersebut dipindahkan ke dalam penangkaran agar aman dari ancaman predator. Tukik yang sudah menetas dirawat dalam kolam buatan di penangkaran. Bila sudah kuat, mereka bakal langsung dilepas ke laut.

Ada ratusan tukik yang dibesarkan dalam kolam di penangkaran Pulau Sangalaki. Pihak pengelola perlu memerhatikan sejumlah hal penting ketika mengurus tukik. Salah satu contohnya seperti memegang cangkang tukik agar hewan ini tidak mudah terjatuh. Jangan lupa mendatangi penangkaran ini ketika libur ya bro!

5. Pulau Kemujan, Karimunjawa

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua?

5 Spot Wisata Terbaik untuk Amati Tukik Penyu, Sudah Tahu Semua? Photo Credit: travelxtrans.com

Tukik juga bisa dilihat wisatawan yang berniat traveling ke Karimunjawa. Lo dapat menjumpai penangkaran penyu di wilayah Pulau Kemujan. Daerah ini kabarnya menjadi lokasi berdirinya penangkaran hiu dan penyu langka. Keren sekali, bukan?

Apabila tertarik melihat penangkaran hiu dan penyu dewasa, Pulau Menjangan Besar wajib masuk dalam bucket-list lo. Akan tetapi, lo disarankan mendatangi Pulau Kemujan jika ingin mengamati aktivitas tukik atau anak penyu. Tukik dalam penangkaran ini kabarnya dirawat hingga besar dan siap dilepas ke laut.

Demikian 5 destinasi wisata terbaik untuk melihat tukik atau anak penyu. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang tertarik mengenal kehidupan penyu dekat. Mengunjungi tempat-tempat di atas tentu bisa jadi kegiatan menarik untuk dilakukan ketika liburan.

Source: detik.com

Feature Image -.wisatagunungbromo.com

Wilderness Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Informasi yang bermanfaat bagi siapa aja yang mau ikut melestarikan penyu
cocok juga bt study tour
salah satu hewan lau t yang dilindungi+dilestarikan di indonesia
Sukamade dan sangalaki udh pernah hee
Info yang bagus
Makasih Infonya
Makasi infonya
Terimakasih informasinya semakin menambah wawasan
Info bagus
keren bgt