5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

BMX memang terkenal dengan beragam trik-triknya, namun ada beberapa trik dasarnya yang patut untuk lo kuasai terlebih dahulu. Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

BMX yang merupakan singkatan dari bicycle motocross atau bike motocross memang sudah menjadi salah satu olahraga ekstrem yang memiliki banyak penggemar, khususnya para anak muda. Kurang lebih dari era tahun 80 hingga 90an olahraga ekstrem ini sudah menggelegar di Indonesia. Bahkan hingga hari ini sudah banyak dari para pemainnya pun yang sudah menguasai trik-triknya.

 

Nah, berbicara mengenai triknya, tentu ada beberapa trik dasar yang patut untuk lo kuasai sebagai pemula. Kunci utamanya ialah dengan kesabaran, mengapa? Karena untuk mengusainya memerlukan waktu lama serta derteminasi yang tinggi. Tenang saja, kalau lo memang gigih, olahraga ekstrem ini bakalan cocok buat lo.

 

 

Pertama kali ditemukan pada tahun 70an di Amerika Serikat karena terinspirasi dari motocross, maka olahraga ini memiliki banyak trik yang menyerupai dengannya. Apa saja sih trik dasar BMX bagi para pemula agar bisa menguasai trik-trik lainnya? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

 

5 Trik Dasar BMX Bagi Para Pemula – Wheelie

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya! Credit: youtube.com

 

Trik pertama yang patut untuk dikuasai oleh para pemain BMX pertama kali ialah Wheelie. Alasannya pun sangat sederhana, karena dengan lo menguasai trik satu ini, lo akan lebih mengenal sepeda yang lo gunakan.

 

Tujuan utamanya ialah mengangkat stang sepeda dengan tetap berhalan pada satu roda, keseimbangan dari tubuh lo akan diuji dan akan terasah dari trik satu ini. Cara untuk menampilkan trik ini ialah dengan meletakkan kedua kaki ke pijakan belakang, kemudian angkat stang hingga sepeda bergerak dengan hanya menggunakan roda bagian belakang.

 

Bisa dkatakan pula kalau wheelie merupakan trik paling dasar dari BMX yang patut untuk lo kuasai loh. Mungkin terlihat sangat sederhana, namun trik ini paling vital loh. Tentunya akan mempermudahkan lo untuk melanjutkan ke tingkat kesulitan berikutnya.

 

5 Trik Dasar BMX Bagi Para Pemula – Endo

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya! Credit: .flickr.com

 

Sebelum lo mempelajari trik satu ini, sangat disarankan untuk menggunakan pengaman yaa. Baik itu dari helm, kneepads dan perangkat lainnya. Karena memang trik ini cukup beresiko, namun jangan mudah patah semangat yaa hingga lo benar-benar menguasainya.

 

Memang bisa dikatakan pula kalau trik ini memiliki tingkat kesulitan yang menengah, sebab tubuh lo masih harus menyesuaikan dengan keadaan ban belakang sepeda terangakat. Yaap, tujuan dari trik ini ialah mengangkat roda belakang hingga posisi sepeda sedikit tegak.

 

Caranya ialah ketika bergerak dengan kecepatan cukup, genggam rem depan lalu gerakkan tubuh agar condong ke depan sehingga ban belakangnya bisa terangkat. Memang tidak mudah, sehingga lo membutuhkan waktu untuk mengulanginya terus-menerus.

 

5 Trik Dasar BMX Bagi Para Pemula – Manual

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya! Credit: vitalbmx.com

 

Trik ini juga ada di Skateboard dengan nama sama serta pergerakannya juga tak beda jauh. Hanya perangkatnya saja yang berbeda. Trik ini pun juga sangat penting agar lo benar-benar bisa menguasai sepeda lo.

 

Ingat bermain BMX berarti lo harus menguasai sepeda yang lo gunakan, anggap saja sepeda lo itu harus nurut sama lo mau diapain tetap harus nurut. Nah, tujuan dari trik ini ialah mengangkat sedikit ban depan dan tetap menggerakkan sepeda dengan mengayuh pedal.

 

Caranya dengan meletakkan salah satu kaki ke peg, kemudian kai yang lain berada di pedal. Angkat stang, kemudian seimbangkan dengan pedal. Hampir mirip sih dengan wheelie cuman manual lebih memerlukan jarak yang lebih panjang.

 

5 Trik Dasar BMX Bagi Para Pemula – Nose Manual

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya! Credit: bmxunion.com

 

Kalau melihat dari cara kerjanya hampir mirip dengan manual, namun perbedaannya trik ini akan mengangkat ban belakang dari sepeda. Berbeda dengan endo, nose manual mengharuskan sepeda yang lo gunakan pun selalu berjalan loh. Sehinggga bukan hanya diam di satu titik.

 

Kalau lo sudah bisa menguasai manual biasanya untuk belajar trik satu ini lo tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Caranya ialah letakkan salah satu kaki di peg bagian depan dan kaki yang lainnya pada pedal. Lalu seimbangkan sembari menggerakkan pedal.

 

Kembali lagi, trik ini memerlukan waktu cukup lama untuk lo bisa menguasainya, selain itu tentunya faktor keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan perangkat keamanan yaa bro.

 

5 Trik Dasar BMX Bagi Para Pemula – Bunny Hop

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya!

5 Trik Dasar BMX yang Harus Dikuasai dan Akan Membawa Lo Ke Tingkat Berikutnya! Credit: bmxunion.com

 

Kalau lo sudah menguasai keempat trik dasar BMX di atas, tentunya trik berikut ini perlu juga untuk lo kuasai loh. Karena bunny hop sendiri merupakan jembatan untuk lo bisa melakukan trik-trik sesuka hati lo. Melompati barang-barang hingga nge-ngrind.

 

Bunny hop sendiri memiliki tujuan untuk membuat sepeda melompat lebih tinggi. Bisa dikatakan pula kalau bunny hop merupakan trik dasar paling sulit untuk lo kuasai. Karena lo harus bisa mengkoordinasikan kaki dan tangan untuk memastikan kapan waktu yang tepat untuk melompat.

 

Semakin sering lo latihan, maka tubuh lo akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan trik satu ini. Sabar dan determinasi tinggi bisa menjadi kunci agar lo bisa menguasainya bro. Teruslah mencoba dan jangan manja yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar trik dasar BMX untuk para pemula? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Ingat namanya juga olahraga ekstrem, sehingga jatuh atau terluka merupakan hal kecil. Semangat selalu dan teruslah berlatih agar lo bisa menguasai trik-trik ini yaa, jangan mudah menyerah merupakan hal paling penting!

 

Source: /loop.co.id

 

Featured Image: videoblocks.com

 

Urban Action Beginner Extreme

10 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
banyak yaa triknya
Hari Tristiyanto
Skill dasar aja dh kek gt... top
Ricko Pratama Putra
Makasih infonya
Agus Sungkawa
Trik yg sulit jga buat pemula
Sandi L
.trik yg luar biasa
Fatmawati
.nice info
Wafiroel N
susah kayaknya
Yuniarto ( Tato )
Wow luar biasa
Yuniarto ( Tato )
Butuh keberanian
Ardiansyah Z
Manteeeppp coy