Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja!

Satu lagi spot tersembunyi yang eksotis di Gunungkidul! Pantai Jogan jadi rekomendasi kalau lo lagi cari destinasi wisata Jogja yang seru dan beda, bro!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja!

Kawasan Gunungkidul di Yogyakarta sudah terkenal karena memiliki deretan spot petualangan yang eksotis. Sebut saja deretan pantai yang luar biasa indah, sudah menjadi incaran banyak petualang, baik mereka yang berasal dari dalam negeri dan mancanegara.

 

Sebagai contoh Pantai Timang, yang terkenal akan wahana yang bisa membuat jantung berdegup kencang yaitu gondola dengan pemandangan ekstrem. Gondola di Pantai Timang membuat para petualang dan traveller bisa menyebrang dari pantai ke salah satu gugusan batu karang yang terpisah.

 

 

Selain itu, Pantai Timang juga terkenal dengan kuliner makanan lautnya. Disebut juga lokasi pantai tersebut merupakan salah satu ladang lobster laut yang besar-besar. Tidak heran jika para traveller yang lapar dan berada di kawasan di sana, pasti mampir untuk menikmati seafood yang jadi signature di sana.

 

Tapi, kali ini lo tidak akan diajak ke Pantai Timang. Dibahasan kali ini, lo akan diajak ke spot petualangan yang masih tersembunyi, eksotis sekaligus unik. Masih berada di kawasan Gunungkidul, bro – perkenalkan Pantai Jogan.

 

Pantai Jogan adalah salah satu pantai yang belum terlalu populer jika dibandingkan dengan deretan destinasi wisata Jogja lainnya. Oleh karena itu, pantai ini masih cukup lestari karena belum banyak pengelola melirik spot yang satu ini.

 

Namun, bisa jadi juga – dengan adanya eksposur dari bahasan ini – Pantai Jogan bisa menjadi seperti deretan pantai yang ada di Bali yang sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang memadai. Bicara soal Pantai Jogan, memangnya apa sih istimewanya pantai ini?

 

Destinasi Wisata Jogja: Keistimewaan Pantai Jogan

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja! credit: lifestyle.okezone.com

Kalau pada umumnya deretan pantai yang ada di Gunungkidul mempunyai garis pantai yang panjang dan landai, kemudian air lautnya yang bersih dan jernih lalu diteduhkan dengan berbagai pepohonan, semua itu sepertinya tidak begitu kelihatan di Pantai Jogan.

 

Pantai Jogan mempunyai keistimewaan yang jarang sekali dimiliki oleh deretan pantai yang ada di seluruh pesisir pulau di Indonesia. Keistimewaan tersebut adalah air terjun yang ada di pinggir pantainya.

 

Air terjun yang mempunyai tinggi kurang lebih 10 meter ini merupakan muara bagi sungai yang mengalir dari perbukitan di sebelah utara Pantai Jogan. Suara debit air yang turun menjadi suara alam yang paling berbeda untuk deretan pantai lainnya.

 

Batuan karang yang didominasi warna terang ini menjadi pemanis dari air terjun ini. Oh iya bro, kalau lo mau lompat dari atas air terjun ini – pastikan dulu di bawahnya tidak ada batu karang yang menghalangi ya!

 

Destinasi Wisata Jogja: Datang Saat Musim Hujan!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja! credit: jalanjogja.com

Cukup berbeda dari destinasi wisata jogja lainnya yang direkomendasikan untuk didatangi saat musim panas agar mendapat pemandangan yang jelas – Pantai Jogan akan terlihat lebih indah dan magis ketika musim hujan, bro.

 

Hal ini tentu terkait dengan debit air yang semakin deras jika lo datang ke sana saat musim hujan. Terlebih, jika lo bisa datang saat pagi hari – suasana yang masih berkabut serta embun air terjun yang menciprat ke mana-mana, menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Pantai Jogan ini.

 

Nah, begitu pula dengan sebaliknya bro – jika tengah musim panas atau kemarau, disarankan untuk tidak ke pantai ini karena keindahannya kurang bisa dinikmati, bro. Salah satu alasannya adalah debit air yang berkurang dan bahkan cenderung kering karena tidak ada air yang mengalir.

 

Destinasi Wisata Jogja: Spot Foto yang Keren!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja! credit: alodiatur.com

Banyak sekali spot foto di Pantai Jogan. Namun, yang paling direkomendasikan adalah di bawah air terjunnya atau di atas bukit air terjun tersebut. Kalau di bawah air terjun, latar belakang foto lo sudah jelas air terjun itu sendiri dengan batuan karang yang khas.

 

Namun, jika lo mau trekking sejenak menaiki bukit yang menjadi tempat air terjun tersebut jatuh, lo akan dapat pemandangan serta latarbelakang foto air terjunnya serta Pantai Jogan itu sendiri. Terserah yang di mana saja karena semuanya bagus, bro!

 

Destinasi Wisata Jogja: Jarak dan Fasilitas di Sana

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja!

Destinasi Wisata Jogja yang Masih Tersembunyi dan unik: Pantai Jogan Jogja! credit: piknikasik.com

Bagaimana dengan jarak Pantai Jogan? Bro, kalau lo berada di pusat kota Yogyakarta, untuk ke Pantai Jogan dengan menggunakan mobil, kurang lebih jarak yang akan lo tempuh adalah 70 kilometer. Dari jarak tersebut, kurang lebih juga waktu perjalanan lo sampai 2 jam.

 

Kemudian, soal fasilitas yang ada di sana – mungkin sekarang ini, seiring dengan mulai populernya Pantai Jogan, lo sudah bisa menemukan berbagai warung makan atau bahkan penginapan. Namun, untuk sekelas hotel, mungkin belum ada ya bro.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah makin penasaran untuk membuktikan sendiri bagaimana keindahan alam yang ada di Pantai Jogan? Langsung saja cari waktu luang dan berangkat ke Yogyakarta, bro!

 

Source – eksotisjogja.com

Feature Image – wisatagunungkidultour.blogspot.com

Wilderness Beginner pantai

11 COMMENTS

SHARE
Keren destinasinya
Info yang sangatlah bermanfaat bagi siapa aja yang mau datang berkunjung
kalo musim kemarau seperti sekarang viewnya kurang bagus
Bicara wisata jogja ngk ada hbis nya..
di jogja, setiap pantai punya karakter sendiri
keren bgt
layak dikunjungi..
Perlu pembenahan .. biar lebih menarik lagi ni Pantai
pengen kesana
pingin ke sana dah