Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Selain sushi dan ramen - lima kuliner Jepang yang dibahas di ulasan kali ini wajib banget buat lo coba kalau lagi traveling ke sana. Apa saja kuliner tersebut? Sila simak bahasan kali ini ya!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Kalau jauh-jauh traveling ke Jepang cuma berani kulineran sushi dan ramen saja – mending di Jakarta saja, bro! Jepang sebagai salah satu negara yang kaya akan spot petualangan eksotis sampai ke kulinernya, mereka menyimpan berbagai kuliner unik lainnya!

 

Makanya, kalau traveling ke Jepang – sebaiknya lo mengingat bahasan kali ini yang akan mengantarkan dan memperkenalkan lo dengan berbagai kuliner di Jepang yang mesti banget lo cobain kalau ke sana. Sudah penasaran apa saja kuliner tersebut?

***

 

 

Sushi dan Ramen memang menjadi salah satu signature kuliner Jepang. Sushi sendiri terdiri dari berbagai jenis lagi – mulai dari sashimi sampai sushi fusion. Nah, kalau lo tetap mau mencoba sushi di Jepang, salah satu spot yang direkomendasikan adalah Tsukiji Market.

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: livejapan.com

Tsukiji Market adalah salah satu tempat pelelangan ikan, atau tempat berkumpulnya hampir seluruh penyuka seafood di Jepang. Sehingga, biota laut apapun yang bisa dimakan, ada di sini. Mulai dari jenis udang-udangan, lobster, sampai bulu babi, dan kerang ada di sana.

 

Bahkan, di Tsukiji Market juga menjadi tempat di mana jual beli ikan dan biota lautnya dengan harga fantastis, lho. Di sana pernah terjadi transaksi paling besar yaitu pembelian ikan tuna raksasa yang berharga sampai miliaran rupiah.

 

Percaya atau tidak – namun itu terjadi bro! Maka dari itu, Tsukiji Market menjadi salah satu tempat yang mesti lo datangi saat pergi ke Jepang. Nah, selain sushi – ramen juga jadi salah satu kuliner yang diincar banyak petualang.

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: matcha-jp.com

Ramen kerap muncul di berbagai kesempatan. Baik di film-film Jepang atau vlog-vlog dari para traveller yang ke sana. Hal ini tentu menjadi salah satu bagian yang bikin penasaran semua orang! Ke mana ya kalau mau mencoba ramen terenak?

 

Ramen Ichiran – adalah salah satu ramen yang paling populer dan katanya paling enak. Namun, tentu enak atau tidak, relatif dengan selera masing-masing traveller, ya. Tapi, percaya bro – Ramen Ichiran adalah kuliner yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja.

 

Nah, seperti yang sudah disebutkan di atas – setidaknya ada tujuh kuliner lagi selain sushi dan ramen yang bisa lo coba di Jepang. Apa saja itu? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Kuliner Jepang: Sukiyaki dan Shabu-Shabu

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: fun-japan.jp

Mirip tapi tetap berbeda. Kalau ke Jepang, lo jangan sampai lupa untuk mencoba sukiyaki dan shabu-shabu khas dari sana ya. Keduanya adalah hidangan rebus dengan kuah kaldu. Bedanya, kalau sukiyaki mempunyai dua kaldu rebusan yang berasa asin dan manis.

 

Nah, kalau Shabu-shabu, kaldu rebusannya terbuat dari rumput laut. Bahan makanan yang cukup segar menjadi salah satu faktor lo akan merasa akan melahap semuanya bro! Mulai dari sayur-sayuran seperti jamur, sawi, lalu ada udang, baso ikan, daging ayam sampai daging sapi.

 

Yang membuat tambah enak adalah campuran bumbu lainnya yang menjadi kondimen tersendiri bro. Misalnya potongan bawang putih dan daun bawang yang membuat kuah kaldunya akan semakin wangi dan menggugah selera.

 

Kuliner Jepang: Omurice

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: wow-j.com

Omu dalam bahasa Jepang adalah telur dadar atau omelete. Lho kalau cuma omelete, mungkin di rumah lo bisa buat juga ya. Omurice ini jadi kuliner yang cukup berbeda daripada kuliner Jepang lainnya karena tekstur dan rasa.

 

Biasanya, akan ada nasi goreng yang sudah dibentuk seperti lonjong dulu, lalu baru omeletnya dibuat. Cukup sulit lho buat omelet yang satu ini. Diperlukan teknik tinggi untuk membuatnya. Setelah omelet dibuat menggulung, omeletnya akan ditaruh di atas nasi goreng dan akan diiris oleh pisau.

 

Irisan omelet tersebut akan merekah menutupi nasi gorengnya dan barulah salah satu bom paling enaknya yaitu kuah kaldu atau saus yang disiramkan di atas omelet tersebut. Wah ini pasti enak sekali bro!

 

Kuliner Jepang: Unagi

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: japan-guide.com

Unagi dalam bahasa Jepang – jika diartikan adalah belut. Lho belutnya diapain nih? Biasanya unagi akan diolah menjadi belut teriyaki yang disajikan dengan nasi hangat dengan topping lainnya. Oh iya, buat lo yang penasaran dengan kuliner ini – prefektur Saitama dan Shizuoka adalah kawasan yang paling khas kuliner unaginya!

 

Kuliner Jepang: Mochi

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: tokyotreat.com

Memang benar sih di Indonesia juga banyak ditemukan kue yang bernama mochi ini, tapi mochi Jepang cukup berbeda daripada yang ada di Indonesia, lho! Percaya atau tidak, di Jepang ada varian mochi yang bisa dimakan dengan sup atau dibakar terlebih dahulu. Unik ya!

 

Kuliner Jepang: Melonpan

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang!

Gak Cuma Ramen dan Sushi: 5 Kuliner Ini Mesti Lo Coba Kalau Traveling ke Jepang! credit: english.kyodonews.com

Kalau lo suka menonton film petualangan dari Jepang – melonpan adalah salah satu kudapan yang mesti lo coba nih kalau ke sana. Teksturnya yang garing dengan rasa yang manis – pas banget buat bersantai bro. Buat dapetinnya? Tinggal jalan ke minimarket yang ada di Jepang saja!

 

 

Wah bagaimana nih bro? benar-benar menggugah selera ya kuliner Jepang. Kalau lo ada kesempatan untuk traveling ke sana, jangan lupa untuk mencoba semua yang sudah direkomendasikan buat lo di atas ya!

 

Source – kompas.com

Feature Image – japanect.com

Trending Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Melonpan baru denger Q..kaya bapia apa ya
Sandi L
Nice info
Agus Sungkawa
Kalu mochi ke sukabumi ajah heehee..
Kristian Mustafa
Info bermanfaat saat ke jepang
Ahmad nur zabidin
Mochi enak kenyal tpi susi bisa jadi..
Ricko Pratama Putra
Mantabs Infonya
Yumna Aditya Prakoso
nice gan infone
Wafiroel N
Ajakin dong kesana
Peni heryawan
Nice info
Peni heryawan
Nice info