Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat!

Aksi menumpuk batu di pantai Pulau Tenerife ini jadi viral di media sosial karena tuai berbagai pendapat. Menurut lo bagaimana nih bro?

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat!

 

Beberapa tahun belakangan ini turis serta traveller sering berukumpuk ke kawasan pesisir Spanyol, seperti di Playa Jardin dan El Beril untuk melakukan aksi unik yang mengundang banyak pertanyaan. Aksi tersebut adalah mendirikan atau menumpuk bebatuan seperti menara.

 

Aneh memang terbacanya – namun percaya atau tidak, aksi menumpuk batu sampai seperti menara ini akhirnya viral di media sosial. Berbagai pendapat lucu dan dukungan tentu ada, namun aksi ini juga tidak luput dari komentar serta pendapat negatif.

 

 

Awalnya hanya di Spanyol saja – namun karena viral di berbagai platform media sosial, akhirnya beberapa spot pantai lainnya juga ramai dengan para traveller yang melakukan aksi ini juga. Namun, aktivitas ini sepertinya masuk ke wilayah abu-abu.

 

Artinya, aksi ini sekilas tidak merugikan apapun dan siapapun. Namun, berdasarkan banyak pendapat dari para ahli dan pecinta lingkungan, aksi menumpuk batu seperti menara ini dinilai bisa merusak atau minimal menciderai ekosistem yang ada di pantai tersebut.

 

Menurut lo bagaimana nih bro? Sekilas menumpuk batu walau tidak ada maksud tertentu atau memang hanya sekedar senang-senang saja, apakah benar bisa merusak ekosistem pantai yang ada? Kalau lo mempunyai tanggapan soal ini, sila tinggalkan komentar lo di kolom di bawah ini yang sudah disiapkan ya!

 

Oh iya, kalau lo penasaran dengan aksi menumpuk batu di pesisir pantai yang akhirnya viral di media sosial ini – sila simak bahasan ini sampai habis ya. Karena di bawah ini, setidaknya ada 5 hal menarik yang bisa lo ketahui terkait aksi menumpuk batu tersebut.

 

Aksi Menumpuk Batu di Pantai: Activist Says No!

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat!

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat! credit: lonelyplanet.com

Kelompok pecinta lingkungan di Spanyol sedang benar-benar giat untuk berkampanye soal aksi menumpuk batu di pesisir pantai di sana. Menurut mereka, aksi tersebut kurang layak dilakukan karena merugikan serta merusak kelestarian alam.

 

Secara sederhana – menurut mereka batu-batu di sana adalah habitat alami mahluk hidup di kawasan pesisir. Biasanya, mereka menemukan makanannya di bawah bebatuan. Bebatuan tersebut juga berfungsi untuk menjaga kesuburan tanah di pesisir pantai tersebut.

 

Jika bebatuan tersebut diambil dan ditumpuk-tumpuk sampai seperti menara, tentu hal ini merusak lingkungan atau ekosistem yang ada di pesisir tersebut. Setidaknya, hal tersebut yang dijelaskan oleh Sanchez di video kampanye terkait aksi menumpuk batu di pesisir pantai.

 

Aksi Menumpuk Batu di Pantai: Hilang Satu, Tumbuh Beberapa

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat!

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat! credit: elpais.com

Tim Kampanye yang sering ‘berpatroli’ di kawasan pesisir pantai di Spanyol ini kerap sekali masih menemukan tumpukan batu yang seperti menara. Tumpukan tersebut rapi seperti menara atau gedung pencakar langit yang berderetan.

 

Mereka memastikan untuk membongkar tumpukan batu tersebut. Biasanya, dalam waktu satu jam, kawasan pesisir tersebut sudah rata dan kembali seperti semula keadaannya. Sayangnya, jika sudah dirapikan, keesokan harinya, sejumlah menara bebatuan tersebut sudah dibangun lagi.

 

Cukup membingungkan memang, siapa sebenarnya yang rela untuk menyisihkan waktunya untuk kembali ke pesisir pantai dan membangun serta menumpuk batu-batu tersebut. Oleh karena itu, tim kampanye ini merasa membutuhkan aturan serta hukuman bagi siapapun yang kebetulan tertangkap tengah menumpuk bebatuan tersebut.

 

Aksi Menumpuk Batu di Pantai: Poster Peringatan Segera di Pasang!

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat!

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat! credit: bbc.com

Selain Sanchez, David Hernandes salah seorang juru bicara lingkungan setempat – juga menyebutkan mereka benar-benar akan memasang poster yang berisi peringatan keras akan segera dipasang. Menurutnya, dengan adanya langkah seperti ini, mereka yang menumpuk batu akan jera.

 

Selain berisi tentang peringatan, aturan serta hukuman terkait aksi menumpuk batu tersebut, poster tersebut juga nantinya akan bervariasi dengan konten edukasi – yang menunjukan kalau aksi menumpuk batu di pesisir pantai tersebut adalah langkah yang kurang tepat.

 

Aksi Menumpuk Batu di Pantai: Penerbitan Larangan!

Terkait dengan hal sebelumnya di atas – para pecinta lingkungan di sana berharap berbagai pihak yang sedang berembuk serta menimbang-nimbang soal pemberian peringatan sampai sanksi kepada mereka yang menumpuk batu cepat selesai.

 

Jika sudah selesai, segala hal yang berkaitan dengan aksi tersebut, akan segera diaplikasikan dan diharapkan memberikan dampak positif sampai ke para penumpuk batu tersebut tidak melakukan hal itu lagi.

 

Aksi Menumpuk Batu di Pantai: Terutama di Pulau Tenerife

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat!

Viral di Media Sosial! Berikut 5 Hal Dari Aksi Tumpuk Batu yang Tuai Berbagai Pendapat! credit: canaryislandinfo.co.uk

Aksi ini viral di Spanyol dan merambah ke berbagai spot pantai lainnya. Terutama di Pulau Tenerife yang garis pantainya didominasi dengan kontur bebatuan kecil ke besar. Di Pulau Tenerife inilah kemungkin penerbitan larangan membangun menara bebatuan akan dicanangkan.

 

 

Padahal – menurut sebagian orang, menumpuk batu ini ada seninya, lho. Percaya atau tidak, namanya balancing art. Hal ini konon katanya bisa melatih fokus serta ketenangan diri. Namun sayang, di kasus yang satu ini – ‘seni’ tersebut tidak pada tempatnya sehingga menuai banyak opini.

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – lonelyplanet.com

Trending Beginner

5 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Wow...Meresahkan juga ternyata
Kristian Mustafa
Teringat kebiasaan dikala masih anak2 bersama teman2.
Agus Sungkawa
Manarik jga.kalu suatu saat jlan2 .bisa jga ikut tumpuk batu
Sutrisman
Viral lagi
DEVI TRI HANDOKO
keren banget