Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advice: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

Mendapatkan travel warning atau travel advice memang membuat lo mikir beberapa kali untuk melanjutkan traveling lo. Eh lo belum tahu bedanya di mana? Sila simak bahasan kali ini dulu ya!

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advice: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

 

Bro, apakah lo tahu apa itu travel warning dan travel advice? Dan apakah lo tahu perbedaan dari dua hal tersebut? Kalau belum tahu definisi dari masing-masing istilah tersebut, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Biasanya para traveller sudah mengetahui dan sudah tidak awam lagi dengan dua istilah yang baru saja disebutkan di atas. Namun, buat lo yang baru saja jadi traveller atau masih pemula, santai bro – di bahasan kali ini, lo akan mengetahui dengan detil, bahkan sampai ke perbedaannya.

 

 

Tapi buat mengerti secara teknis apa itu travel warning dan travel advice, begini contoh kasusnya:

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advice: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advise: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah. credit: abcnews.go.com

 

Hong Kong, beberapa waktu lalu mengalami krisis kepercayaan di dalam negerinya. Hal tersebut terbukti dari berbagai rangkaian unjuk rasa yang bukannya semakin hari semakin sepi – tapi malah semakin ramai dan bahkan, semakin parah karena korban berjatuhan.

 

Dengan kondisi seperti ini – para traveller yang punya rencana atau bahkan sudah mendapatkan tiket untuk terbang ke Hong Kong, sontak langsung dikontak dan diberitahu soal keadaan di Hong Kong. Pemberitahuan ini dimaksudkan agar para traveller memikirkan dua kali soal keselamatannya terkait kondisi negara yang dituju.

 

Nah, dari contoh kasus di atas – hal tersebut adalah persamaan dari travel warning dan travel advice. Persamaanya adalah sama-sama memberitahukan kepada para traveller kalau negara yang akan mereka tuju, tengah mengalami kejadian besar yang mengancam nyawa.

 

Pertanyaan selanjutnya adalah, jika kurang lebih sama, lalu perbedaanya di mana ya?

 

Bro, perlu lo ketahui kalau travel warning dan travel advice mempunyai perbedaan di waktu pemberian peringatannya. Secara singkat, travel warning bisa diberitahukan secara mendadak – dan peringatan keras tersebut bisa dicabut kapan saja, terkait kondisi dari negara yang dituju.

 

Lalu, kalau travel advice biasanya sudah diberitahukan dari beberapa waktu sebelum lo akan berangkat ke sana. Semisal – di Indonesia kemarin tengah melaksanakan pemilu dan berpotensi untuk ricuh karena berbagai kondisi.

 

Dari kondisi tersebut, berbagai pihak terkait pastinya akan mengeluarkan travel advise kepada para wisman yang sudah berencana untuk ke Indonesia. Travel advice ini sifatnya lunak – artinya, lo masih boleh untuk tetap pergi ke negara tersebut.

 

Masih dalam contoh yang sama, ketika Indonesia mengalami masa pemilu, spot-spot petualangan tetap dibuka. Sebut saja Bali, Manado dengan Bunaken atau Papua dengan Raja Ampatnya – mereka tetap membuka diri untuk para wisman.

 

Namun, para wisman sudah diberikan nasihat soal kondisi Indonesia yang tengah mengadakan pemilu – jika bisa mengikuti kondisi tersebut, tidak terlalu berbahaya atau beresiko tinggi untuk didatangi. Akhirnya, deretan spot petualangan tersebut masih bisa menerima para traveller mancanegara.

***

 

Travel Warning: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advice: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advise: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah. credit: swiftpassportservices.com

Jika masih bingung, mari dibedah satu persatu dan dilihat dari definisi urgensi, sebab, dan bagaimana istilah tersebut bisa dicabut perintahnya.

 

Secara definisi – travel warning adalah larangan keras bagi para warga negara untuk mengunjungi negara lain yang tengah buruk kondisinya. Hal ini terkait dengan resiko besar yang membahayakan nyawa serta keselamatan.

 

Untuk pengeluaran travel warning – setidaknya negara tersebut tengah mengalami empat kejadian besar seperti: kondisi pemerintahan yang tidak stabil, memburuknya hubungan kedua negara, terjadi kasus kejahatan berbahaya, serta terjadi serangan teroris.

 

Nah, jika kondisi target negara yang akan lo kunjungi tengah mengalami empat hal tersebut – biasanya lo akan langsung menerima larangan untuk ke sana. Sampai kapan larangan tersebut selesai dan bisa dicabut? Tentu hal tersebut akan cepat dilakukan seiring perkembangan keamanan negara bersangkutan.

 

Travel Advice: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advice: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah

Mengetahui Perbedaan Travel Warning dan Travel Advise: Urgensi, Sebab, Cabut Perintah. credit: inews.id

Bagaimana dengan travel advice? Secara singkat – hal ini berbentuk nasihat saja. Artinya, jika para traveler menurut dengan nasihat tersebut ya tidak apa-apa, namun jika para traveler tetap berani untuk datang ke negara yang dimaksud – ya silahkan saja juga.

 

Namun jelas resiko pastinya mesti ditanggung secara pribadi karena sudah dinasihati dari awal soal negara tersebut. Keluarnya travel advice biasanya karena lima hal seperti: kondisi pemilu yang tidak kondusif, unjuk rasa besar-besaran, wabah penyakit, bencana alam, serta kondisi hubungan kedua negara memburuk.

 

Dari lima hal tersebut – biasanya pencabutan nasihat atau perintah untuk tidak mendatangi negara terkait jika memang kondisinya kembali kondusif dan aman untuk para expat. Bentuknya dari travel warning dan travel advice memang peringatan.

 

Tapi jika travel advice – masih boleh mendatangi negara tersebut, lalu jika travel warning – sebaiknya lo sudah sama sekali menggagalkan rencana lo untuk datang ke sana.

 

 

Kedua istilah tersebut tentu akan memberikan dampak negatif yang cukup panjang terkait kondisi negara itu sendiri. Salah satu dampaknya adalah pengurangan minat traveling ke sana yang tentunya akan menurunkan devisa atau pendapatan negara melalui sektor pariwisata.

 

Source – Kumparan

Feature Image – rd.com

Tips Beginner

5 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Info yg bermanfaat
Agus Sungkawa
Nyimak informasinya
Peni heryawan
Terimakasih info
agung
keren bgt
Wafiroel N
info yg b erguna