7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

Mau uji adrenalin lo dengan aksi ekstrem? Nih coba cliff diving! Eits, sebelum coba - sila simak bahasan kali ini buat tahu langkah-langkah persiapannya ya!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

 

Bicara soal aksi ekstrem, memang tidak sembarang traveller atau petualang yang berani untuk melakukannya, bro. Jelas perlu keberanian yang penuh untuk melakukannya. Namun, selain itu ada yang mesti diketahui yaitu persiapannya.

 

Aksi ekstrem tidak semata-mata dilakukan secara spontan, bro. Melakukan hal yang berbahaya, tapi lo juga mesti ingat keselamatan, sehingga lo memang mesti melakukan beberapa persiapan dulu sebelum melakukan aksi ekstrem tersebut.

 

Seperti Cliff Diving – aksi ekstrem ini, walau terlihat hanya seperti loncat dari atas tebing menuju air laut di bawahnya – tapi tidak sesederhana itu, bro. Ada berbagai persiapan dan langkah yang mesti lo lakukan dulu agar aksi ekstrem lo ini tidak sampai meregang nyawa.

 

 

Namun, sebelum membahas langkah-langkah untuk melakukan cliff diving dengan benar, apakah lo sudah tahu apa itu cliff diving? Kalau lo belum tahu dan ingin mengetahui secara detil dan keseluruhan dari segala persiapan yang mesti dilakukan sebelum lo loncat bebas, sila simak bahasan kali ini ya!

 

Mengenal Cliff Diving

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!  credit: unsplash.com

Loncat dari tebing tinggi, terjun ke air laut di bawahnya kemudian menyelam sejenak adalah definisi sederhana dari aksi ekstrem yang satu ini. Terbaca mudah melakukannya, namun ada kemungkinan jika sudah berada di tepi tebing tinggi itu, lo malah tidak jadi loncat.

 

Kalau hanya tinggal meloncat dari tebing – lalu apa bedanya dengan Cliff Jumping? Beda, bro. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau cliff diving sehabis meloncat dan begitu lo mendarat di air lautnya, lo akan menyelam sejenak, lalu baru muncul kembali ke permukaan.

 

Kemudian, kalau cliff jumping lo hanya loncat dari tebing dan begitu sudah sampai di dalam air – ya sudah, itu sudah cliff jumping namanya. Tipis ya perbedaannya – namun jika dalam sebuah kompetisi – yang dinilai dari cliff jumping adalah atraksi yang bisa lo lakukan selama berada di udara sebelum mendarat di air laut di bawahnya.

 

Bisa saja saat loncat dari tebing, lo melakukan salto 360 derajat atau gaya-gaya lainnya yang mengundang decak kagum. Nah, jika dalam kompetisi – gaya loncatan lo lah yang akan berpengaruh besar untuk memberikan nilai dari loncatan lo tersebut.

 

Oh iya, buat melakukan cliff jumping atau dibahasan ini yang akan difokuskan adalah cliff diving – lo bisa langsung coba di alam bebas, artinya langsung pergi ke pantai-pantai yang mempunyai tebing ekstrem dan eksotis, atau lo bisa coba di kolam renang yang mempunyai landasan lompat yang tinggi.

 

Nah, jika sudah mengetahui apa itu cliff diving – sekarang yang bisa lo ketahui adalah langkah-langkah persiapannya untuk terjun bebas dan menyelam sesaat jika sudah berada di dalam air lautnya nih. Bro, perlu diingat kalau persiapan ini memang mesti dilakukan atas dasar keselamatan lo ya!

 

Cliff Diving: Lihat ke Bawah Sebelum Terjun!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem! credit: businessinsider.com

Lho? Bukannya malah bikin takut ya?

Nah ini, kalau memang langkah ini membuat lo jadi takut – lebih baik mundur saja, bro. Tapi jika langkah ini malah membuat lo makin semangat, main terpacu adrenalinnya untuk siap terjun ke bawah, artinya langkah ini berhasil membuat lo jadi lebih berani.

 

Bukan malah membuat takut sih. Jadi, jika lo sudah berada di atas dan tepi tebing – langsung saja lo lihat ke bawah dengan mantap. Pastikan lo bisa mendengar langsung jantung lo berdegup lebih kencang dan pastikan keberanian lo sudah terkumpul dengan pasti!

 

Cliff Diving: Mengetahui Kedalaman Air

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem! credit: journeyera.com

Langkah kedua ini mengharuskan lo memastikan kalau air laut yang ada di bawah tebing tinggi tersebut memiliki kedalaman minimal 5 meter, bro. Jangan kurang dari lima meter. Bahkan, kalau lebih – malah akan menguntungkan lo.

 

Hal ini terkait dengan penyelaman yang mesti lo lakukan sedetik lo sudah sampai di dalam air tersebut. Lagipula, semakin dalam air lautnya, semakin aman lo terjunnya juga. Makin tinggi tebing yang lo akan lompati, sebaiknya semakin dalam pula air laut yang siap menerima lo.

 

Cliff Diving: Tetap Waspada

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem! credit: swimswam.com

Langkah ini mesti lo ingat-ingat jika lo akan lompat dari tebing bersama teman-teman lo. Kekonyolan teman-teman lo takutnya membawa petaka. Artinya, jangan sembarang mendorong seseorang dari tebing untuk terjun ke bawah.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk melakukan cliff diving – diperlukan kesiapan, baik siap fisik dan mental. Oleh karena itu, jangan membuat seseorang terjun tanpa mengetahui kalau dia sudah siap atau belum ya!

 

Cliff Diving: Pastikan Posisi Tubuh Vertikal!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem! credit: multisport.ph

Tidak perlu takut mesti kaki dulu atau bahkan kepala dulu yang lo ceburkan ke dalam air laut, selagi posisi tubuh lo vertikal seperti jarum yang masuk ke botol ya! Kalaupun kepala dulu yang masuk ke dalam air, pastikan kedua tangan lo menutupi kepala layaknya ingin lompat ke kolam renang.

 

Namun, memang yang paling aman adalah kaki terlebih dulu, dengan kedua tangan bersingkap di dada. Bro, jangan pernah mendarat di air dengan posisi tubuh telentang atau tengkurap ya. Pasti sakit sekali lho hentakannya!

 

Cliff Diving: Jangan Gampang Panikan!

Bro, you are not going to die! Jadi jangan panikan ya! Lo tidak akan cidera parah atau bahkan mati jika lo mengikuti berbagai langkah yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya. Jadi, cukup tenang dan jangan panik ketika sudah mencapai ke spot cliff divingnya ya.

Cliff Diving: Cari Spot Seru!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem!

7 Langkah Mudah Buat Coba Cliff Diving: Pompa Adrenalin Lo Dengan Aksi Ekstrem! credit: dolandolen.com

Indonesia memiliki banyak garis pantai dengan berbagai karakteristik masing-masing. Tentu, banyak juga pantai-pantai yang memiliki tebing tinggi untuk jadi pijakan lompat ke bawah. Sebut saja seperti Nusa Penida di Bali, spot tersebut adalah spot seru untuk coba cliff diving, bro!

 

Cliff Diving: Lihat Pemandu!

 

Nah, jika memang lo belum yakin dengan diri lo sendiri untuk coba cliff diving – jangan dipaksakan, bro. Sila lihat dulu bagaimana teman lo atau para pemandu mencontohkan cara dan berbagai langkah yang diperlukan agar tetap aman untuk cliff diving.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Tentu lo jadi terpancing untuk mencoba cliff diving kan? Pastikan lo mencoba aksi ekstrem ini ya!

 

Source – lifehacks.org

Feature Image – journeyera.com

Tips Beginner Extreme cliff jumping cliff diving

8 COMMENTS

SHARE
Wafiroel N
wow menantang sekali
Agus Sungkawa
Cliff diving perlu keberanian
Sandi L
.penuh kberenaian
Kristian Mustafa
Paling penting harus pandai berenang ya bro.
agung
keren bgt
Hari Tristiyanto
ngeri2 sedap.... but not for me
Peni heryawan
Wow mantap
Peni heryawan
Nice info