Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo!

Buat lo yang bingung buat atur budget traveling naik pesawat karena era bagasi berbayar, sila simak bahasan kali ini karena ada langkah-langkah serta tips untuk mensiasatinya, bro!

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo!

 

Buat lo yang hobi bereksplorasi keliling Indonesia dengan pesawat terbang, mesti ada yang harus lo adjust atau atur ulang nih: budget petualangan. Kenapa begitu? Hal ini terkait dengan ketentuan kalau sekarang bagasi di kabin pesawat sudah tidak gratis lagi.

 

Walau masih beberapa ada maskapai yang menggratiskan bagasinya, namun tidak selamanya lo bisa memakai maskapai yang sama kan? Pastinya ada rute penerbangan yang tidak dilayani oleh maskapai langganan lo tersebut.

 

 

Dahulu, memang lo cukup membayar tiket pesawat – lo akan mendapatkan kuota bagasi sebesar 10-20 kilogram saja. Namun, maskapai sekarang lo mesti membayar bagasi yang diluar dari harga tiket. Menjengkelkan memang, tapi sekarang seperti itu bro.

 

Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan di atas kalau lo perlu atur ulang bagaimana cara membawa barang-barang lo saat traveling mesti pakai pesawat. Nah, dibahasan kali ini, lo akan diajak untuk mengetahui beberapa tips untuk mensiasatinya nih!

 

Tips dan Siasat Bagasi Pesawat: Ketahui Standar Ukurannya

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo!

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo! credit: lifestyle.okezone.com

Berdasarkan penjelasan yang disebutkan di situs Airhelp – menyatakan kalau lo mesti mengetahui standar ukuran bagasi yang bisa lo gunakan. Biasanya, maskapai Indonesia mempunyai aturan atau standarnya masing-masing.

 

Namun, umumnya – lo akan mendapatkan bagasi di kabin pesawat dengan jumlah berat maksimal 7 kilogram. Jadi, bisa nih kalau lo merasa tidak perlu bayar berlebih untuk bagasi pesawat, pastikan tas punggung atau koper lo mempunyai berat tidak lebih dari 7 kilogram.

 

Kalau semisalnya lebih dari 7 kilogram – lo mesti membayar lebih buat bagasi di perut pesawat lho. Nah, soal harga, tiap maskapai punya harganya masing-masing buat kebijakan bagasi berbayar ini. Lebih baik lo juga mengetahui jumlah ongkosnya di tiap masing-masing maskapai!

 

Tips dan Siasat Bagasi Pesawat: Atur Tas Atau Koper Seringkas Mungkin!

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo!

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo! credit: msn.com

Nah, satu hal yang bisa lo lakukan untuk mensiasati soal bagasi berbayar ini adalah mengatur ulang cara membawa barang-barang keperluan traveling lo. Lo mesti sudah bersiap untuk mensortir apa saja yang penting dan yang tidak penting.

 

Sila bawa yang penting dan jangan bawa yang sekiranya barang itu hanya dipakai sekali saja atau jadi aksesoris. Terkecuali – kalau lo memang dalam short trip ya. Kalau lo bisa membuat perjalanan lo jadi singkat waktunya, jelas barang bawaan lo juga semakin sedikit.

 

Kalau lo belum mengetahui hal yang satu ini – alih-alih untuk melipat pakaian lo, pastikan saja lo gulung baju-baju lo bro. Dibandingkan dengan lipatan, gulungan bisa mengikis ruang di dalam tas atau koper lo jadi lebih banyak!

 

Tips dan Siasat Bagasi Pesawat: Timbang Dulu di Rumah!

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo!

Karena Tidak Gratis Lagi: 5 Tips Siasati Biaya Bagasi Pesawat Buat Traveling Lo! credit: goriau.com

Setelah semua rapi dan masuk ke dalam tas atau koper, pastikan lo timbang dulu saja di rumah bro. Lo bisa pakai timbangan jenis apapun dengan skala berat maksimal 50 kilogram misalnya. Jadi, jika barang bawaan lo lebih dari 7 kilogram, lo bisa bongkar lagi dan menentukan apa saja yang tidak perlu lo bawa.

 

Oh iya, selain menimbang tas atau koper lo – ada satu hal lagi yang bisa lo lakukan, yaitu mengecek berat dari tas atau koper lo sendiri. Dari menimbang di rumah, mungkin lo bisa mengetahui terlebih dahulu sebenarnya tas dan koper lo beratnya seberapa.

 

Jika sudah mengetahui – rasanya akan lebih mudah untuk mengatur berbagai barang bawaan agar koper atau tas lo tidak lebih dari tujuh kilogram saja. Dan lo masih bisa membawa dan menyimpan barang bawaan lo di bagasi pesawatnya.

 

Tips dan Siasat Bagasi Pesawat: Pakai Jasa Pre Paid Baggage

Biasanya untuk menggunakan jasa  pre paid baggage lo mesti memesannya di 6 jam sebelum keberangkatan. Nah, buat pilihannya – ada tiga yaitu 5 kilogram, 10 kilogram, dan 30 kilogram. Buat lo yang ingin menggunakan jasa ini, sila pesan sesuai kebutuhan bro.

 

Tarif dari jasa  pre paid baggage ini lebih murah dibandingkan kalau lo mesti beli kuota bagasi saat check in bro. Lumayan bisa hemat!

 

Tips dan Siasat Bagasi Pesawat: Pakai Jasa Ekspedisi

Nah, kalau yang satu ini bisa digunakan kalau lo benar-benar tidak ingin kerepotan membawa barang-barang lo. Lo bisa menggunakan jasa ekspedisi, bro. Kalau jasa ekspedisi ini, lo bisa sih membawa barang-barang lebih dari sekedar kuota bagasi pesawat.

 

Pasalnya, jasa ekspedisi biasanya menggunakan pesawat barang yang terbang sendiri. Jadi tidak begitu masalah kalau lo memang benar-benar butuh barang bawaan yang banyak.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah paham ya bagaimana cara mensiasati bagasi berbayar zaman sekarang? Sila lo aplikasikan ketika lo mau berangkat traveling naik pesawat ya!

 

Source – Kumparan.com

Feature Image - blog.reservasi.com

Tips Beginner

10 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
yang jelas makin gak nyaman dan ribet
Yumna Aditya Prakoso
nice info
Agus Sungkawa
Maksih infomasinya
Kristian Mustafa
Good Info
Ikbalagri
Mantaaaap
Sandi L
.nice info
Fatmawati
.Mantapp
Peni heryawan
Nice info
johanes pratama
nice tips
Yuniarto ( Tato )
Sangat perlu di perhatikan