6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

Berikut ini merupakan pilihan kuliner berbahan hewan hidup di dunia yang dikonsumsi hingga hari ini. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

Berbicara mengenai kuliner, di dalam dunia ini terdapat beragam pilihannya bukan? Namun, apakah lo sudah tahu mengenai kuliner yang berbahan hewan-hewan dengan kondisi masih hidup? Hal tersebut pun bukanlah sebuah hisapan jempol belaka, karena lo bisa menemukannya serta mencicipinya kalau lo berani. Oo iyaa, bukan berarti lo benar-benar memakannya dalam kondisi benar-benar masih hidupya, tentunya melewati proses.

 

Walaupun mengundang kontroversi, namun kuliner berbahan hewan-hewan hidup pun masih dilakukan di dunia ini. Praktisi ini memang sudah lama ada dan masuk ke dalam tradisi, sehingga tak heran apabila lo masih bisa menemukannya hingga hari ini.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai pilihan kuliner-kulinernya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa. Karena memang bersangkutan dengan tradisi, biasanya kuliner-kuliner ini memiliki maksud tertentu, bukan hanya semata-mata ingin mengkonsumsi hewan dalam kondisi hidup loh.

 

Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi – Sashimi Kodok

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia! Credit: .flickr.com

 

Negara Jepang menjadi pilihan pertama mengenai kuliner hewa hidup, karena memang negara sakura ini banyak memiliki variannya. Sashimi kodok sendiri merupakan hidangan musim panas yang bisa disantap di Jepang.

 

Uniknya, saat proses penyajian sang koki akan mendemonstrasikan langsung di depan pelanggan. Kodok tersebut diambil dari lemari pendingin kemudian dipotong menjadi beberapa bagian lalu direbus untuk dijadikan sup.

 

Karena penyajiannya mentah, tak jarang apabila lo masih bisa melihat jantung dari kodoknya masih berdetak. Namun hal tersebut tidak membuat orang Jepang jijik, malah langsung menyantapnya dengan lahap. Kalau lo ingin mencicipinya bisa langsung terbang ke Jepang nih bro.

 

Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi – Odori Ebi

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia! Credit: allthatsinteresting.com

 

Masih berasal dari Jepang, lo bisa mencicipi pilihan menu kuliner berbahan hewan masih dalam kondisi hidup, kali ini Odori Ebi menjad pilihannya. Ketika lo akan mencicipinya, lo akan disajikan dengan udang di piring namun masih bergerak-gerak.

 

Uniknya lagi untuk lo bisa mendapatkannya tak mudah loh, karena harus datang ke restoran yang memiliki lisensi khusus dan harganya pun bisa selangit. Kuliner satu ini juga sering dikenal dengan sebutan Shasimi Udang. Untuk proses pembuatannya juga sangat unik.

 

Udang tersebut sebelumnya dilumuri alkohol terlebih dahulu sebelum dimakan. Bisa dipastikan juga kalau udang-udang yang akan dimakan akan mati sewaktu dikunyah. Percaya atau tidak, di Jepang sendiri banyak yang menggemari kuliner satu ini.

 

Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi – Drunken Shrimp

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia! Credit: shanghaiist.com

 

Memiliki kemiripan dengan Odori Ebi, namun kuliner satu ini berasal dari Tiongkok. Perbedaannya bisa terlihat dari cara penyajiannya, namun kalau proses pembuatannya tidak beda jauh. Kuliner berbahan udang hidup ini memang melalui proses sang udang dilumuri alkohol terlebih dahulu.

 

Konon katanya kadar alkohol dari Drunken Shrimp lebih tinggi ketimbang Odori Ebi, kadar alkoholnya bisa menyentuh 40% hingga 60%. Selain itu, makanan ini lebih menantang karena sang udang pun terlihat lebih aktif ketimbang Odori Ebi.

 

Bahkan sang udang pun berupaya untuk keluar dari mangkok dan orang yang ingin mencicipinya harus menangkapnya. Porsinya juga lebih besar, kalau lo berani untuk memakan kuliner satu ini, langsung coba saja di Tiongkok bro!

 

Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi -  Sannakji

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia! Credit: en.wikipedia.org

 

Ketika lo berkunjung ke Korea Selatan, lo akan menemukan kuliner satu ini. Bisa dikatakan pula kalau kuliner ekstrem ini cukup terkenal di dunia, dan termasuk ke dalam masakan seafood yang banyak digemari di Korea Selatan.

 

Proses pembuatannya pun cukup sederhana, karena hanya dibumbui sedikit minyak wijen dan dicelup ke saus cabai. Banyak warga lokal yang benar-benar suka dengan sensasi menguyah gurita yang kenyal ini. Namun bagi wisatawan mancanegara melihatnya sebagai sebuah tantangan.

 

Kalau memang lo tertarik untuk mencicipinya, jangan lupa untuk mengunyah gurita hidup ini dengan sekuat tenaga. Kalau tidak, tentakelnya yang masih aktif menggeliat berisiko tersangkut di leher dan bisa membuat lo tersedak. Sehingga lo harus benar-benar sabar ketika memakan kuliner satu ini yaa.

 

Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi – Bulu Babi

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia! Credit: travelatelier.com

 

Bukan hanya di Asia saja yang menkonsumsi kuliner satu ini, karena ketika lo berjalan-jalan ke Italia terdapat sebuah tradisi dimana pergi ke laut bersama-sama untuk menangkap sea urchin atau bulu babi yang kemudian dimakan langsung tanpa proses memasak terlebih dahulu.

 

Bisa dikatakan pula kalau kuliner ini benar-benar alami, sehingga lo bisa merasakan bagaimana rasa laut ketika mencicipinya. Cara makannya pun sederhana yaitu menggunakan sendok. Namun lo harus hati-hati ketika memakannya karena cangkang luar bulu babi cukup runcing.

 

Walaupun Italia terkenal dengan keju ataupun pasta, ternyata negara ini juga memiliki kuliner ekstrem. Sehingga kalau lo memiliki kesempatan untuk pergi ke Italia, jangan lupa untuk mencicipinya untuk mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan.

 

Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi – Noma Salad

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia!

6 Pilihan Kuliner Hewan Hidup yang Dikonsumsi di Dunia! Credit: travel.tribunnews.com/

 

Biasanya kalau memakan salad pasti didominasi dengan sayuran yang menyegarkan bukan? Berbeda ketika lo mencicipi Noma Salad. Karena salah ini mengandung semut hidup di atas tumpukan sayuran dengan sedikit krim.

 

Kuliner satu ini berasal dari sebuah restoran ternama di Kopenhagen, Denmark. Nama restoran tersebut ialah “Noma Restaurant” yang pernah menyandang sebagai restoran terbaik di dunia. Mengapa diletakkan semut di dalam kuliner ini, karena rasanya mirip dengan serai pada salad.

 

Percaya atau tidak, walaupun terlihat sederhana, namun harga dari Noma Salad ini cukup mahal loh, sekitar $300. Sehingga kalau lo sedang berada di Denmark dan ingin mencicipinya jangan lupa untuk mendatangi restoran tersebut yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner hewan hidup yang dikonsumsi? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Teruslah mengeksplorasi keunikan kuliner di dunia agar lo bisa mendapatkan sebuah pengalaman baru dan tak terlupakan yaa.

 

Source: .hipwee.com

 

 

Featured Image: idntimes.com

 

Trending News Beginner foodventure

9 COMMENTS

SHARE
yakin ga enak pastii
masih banyak yg bisa dimakan masak2
Wow penuh tantangan
mantap sih 6p gak dl dah
Wah..lezat2 nih
Sudah Pernah Coba dengan menu udang Hidup.
Nice info
.patut dicoba
yummy enak banget