5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

Momen wisata lo bakal terganggu bila barang yang dibawa terasa terlalu berat. Bagaimana cara membuat barang bawaan seperti koper jadi lebih ringan? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

Barang bawaan yang terlalu berat tentu membuat perjalanan wisata jadi terasa tak nyaman. Lo bakal kesulitan bergerak menuju objek wisata yang dikehendaki. Akibatnya, momen liburan yang diharapkan menghasilkan kenangan indah malah membuat suasana hati bertambah buruk.

Bagaimana cara membuat barang bawaan seperti koper jadi lebih ringan? Berikut adalah 5 tips mengurangi bobot tas atau koper ketika bepergian. Silakan baca tulisan di bawah ya bro!

1. Tidak Membawa Barang yang Bisa Dipinjam dari Rekan Seperjalanan

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan! Photo Credit: jetblue.com

Ada banyak cara untuk mengurangi bobot koper ketika traveling. Salah satu contohnya adalah tidak memasukkan barang yang bisa dipinjam ke dalam koper. Sebelum berangkat, pastikan koper lo tidak dipenuhi barang yang sejatinya bisa dipinjam dari orang lain. Hal ini tentu bisa membuat perjalanan lo terasa lebih nyaman.

Jika berencana traveling secara berkelompok bersama teman atau keluarga, lo sebaiknya mencari tahu jenis barang apa saja yang dibawa mereka. Jangan lupa juga untuk minta kesediaan mereka terkait peminjaman barang agar tidak terjadi kesalahpahaman atau perselisihan. Intinya, tetap gunakan etika saat meminjam barang deh bro!

Sebagai contoh, sejumlah orang dalam kelompok traveling lo membawa payung dan perlengkapan mandi dalam jumlah banyak. Lo tentu bisa meminta izin mereka untuk meminjam barang-barang tersebut. Dengan begitu, jumlah barang bawaan lo akan berkurang dan koper akan jauh terasa lebih ringan. Mantap sekali, bukan?

2. Memprioritaskan Barang-barang Sample di dalam Koper

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan! Photo Credit: lifewire.com

Saat pergi berlibur bersama teman, lo bisa mengakali masalah berat koper dengan meminjam barang dari rekan seperjalanan. Lalu, bagaimana dengan pelancong yang traveling sendirian? Tenang saja, wisatawan tetap bisa membuat koper jadi lebih ringan dengan cara membawa toiletries berukuran kecil.

Bobot koper juga bisa berkurang ketika lo menaruh sesuatu dalam botol traveling kit. Selain itu, lo juga sebaiknya memakai produk-produk sample yang umumnya disajikan dalam ukuran kecil. Contohnya adalah pasta gigi mini, produk perawatan kulit, serta sabun dan sampo sachet. Beban dalam koper tentu akan menurun.

Untuk itu, carilah produk-produk sample jauh sebelum hari keberangkatan. Utamakan barang-barang ini di dalam koper supaya perjalanan lo terasa lebih nyaman. Lo pun bisa bebas berkelana ke tempat manapun tanpa merasa repot akibat koper terlalu berat. Oke, bro?

3. Menggulung Pakaian

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan! Photo Credit: roadaffair.com

Teknik packing ini efektif membuat daya tampung koper jadi lebih besar secara praktis. Dengan menggulung pakaian, lo bisa menghemat bagian dalam koper sehingga tak perlu membawa koper tambahan. Bawalah pakaian dengan jenis bahan travel-friendly yang mudah dilipat dan tidak gampang kusut.

Contoh jenis bahan pakaian yang kurang pas dibawa dalam koper adalah katun, rayon, dan linen. Ketiganya memang nyaman untuk dipakai saat bepergian, namun mudah kusut. Oleh sebab itu, lo sebaiknya membawa steamer portable bila memasukkan tiga bahan tersebut dalam koper.

Untuk itu, wisatawan direkomendasikan membawa jenis pakaian yang tidak mudah kusut. Contohnya seperti jersey, plyester, atau perpaduan katun-polyester. Jika tidak mempunyai ketiganya, lo juga bisa memasukkan  pakaian berbahan denim atau rajutan ke dalam koper.

4. Mengenakan Baju Berbobot Berat ketika Bepergian

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan! Photo Credit: shershegoes.com

Setiap wisatawan hendaknya menyesuaikan pakaian yang dikenakan dengan kondisi cuaca tempat tujuan. Jika berniat mengunjungi wilayah beriklim dingin, lo patut membawa perlengkapan berbahan berat seperti sweater, coat dari wool, jaket kulit, jeans atau boots, dan lain-lain. Saat memakai barang-barang ini, momen liburan lo tidak akan terganggu karena suhu tubuh tetap hangat.

Mengenakan barang-barang berbahan tebal juga akan menjauhkan lo dari berbagai kemungkinan buruk, misalnya seperti hipotermia. Lo sebaiknya memakai barang-barang tersebut saat berangkat karena hal ini bisa membuat koper terasa lebih ringan. Perjalanan menuju tempat wisata pun bakal terasa lebih nyaman.

Untuk mencegah timbul rasa dingin, wisatawan juga bisa menggunakan dua pakaian tebal sekaligus. Contohnya seperti mengenakan sweater untuk bagian dalam serta jaket untuk bagian luar. Cara ini cukup efektif mengurangi risiko wisatawan menggigil selama liburan. Oke ‘kan bro?

5. Menyiapkan Kantung Belanja

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan!

5 Cara Ampuh untuk Bikin Koper Lo Jadi Lebih Ringan! Photo Credit: azbigmedia.com

Menyambangi tempat wisata populer rasanya kurang lengkap bila tidak diikuti dengan kegiatan berbelanja oleh-oleh. Jika tertarik memboyong oleh-oleh sebelum pulang, wisatawan disarankan menyiapkan tas atau kantung belanja besar berbahan dasar kain. Lo bisa mencarinya di tempat tujuan atau menyiapkannya sebelum berangkat.

Kantung belanja cocok dibawa pelancong yang hobi berbelanja banyak selama liburan. Kapasitas dalam koper lo tentu akan menjadi lebih terisi ketika membawa barang ini. Meski begitu, lo bisa membutuhkannya sebagai wadah penyimpan oleh-oleh atau souvenir ketika hendak pulang ke rumah. Jangan sampai perjalanan pulang lo terbebani karena terlalu banyak membawa barang.  

Demikian 5 tips ampuh mengurangi bobot koper atau barang bawaan ketika traveling. Menerapkan 5 cara di atas tentu akan membuat koper jadi terasa lebih ringan. Semoga informasi di atas membantu lo yang sering kerepotan akibat membawa barang terlalu banyak saat bepergian. Jangan lupa mengikuti cara-cara di atas ya bro!

Source: detik.com

Feature Image - rainyadventures.com

Tips Beginner packing solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
terimaksih info 5 Cara Ampuh jadi lebih praktis
Hari Tristiyanto
ini sdh dipraktekan heheheh
dephy
Patut dicoba
agung
keren bgt
Wafiroel N
tips bermanfaat bisa langsung praktek
Yumna Aditya Prakoso
nice tips
Ricko Pratama Putra
Nice Info
Ikbalagri
terimakasih infonya
Yuniarto ( Tato )
Perlu di perhatiin bener nih
Yuniarto ( Tato )
Info yg menarik