4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan

Pantai ini memiliki sejumlah hal menarik lain yang dapat dinikmati para wisatawan. Hal-hal unik tersebut tentu menawarkan hal seru sehingga terasa sayang untuk dilewatkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Apa sajakah itu? Cek tulisan di bawah ya bro!

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan

Sejumlah pantai di Yogyakarta dikenal memiliki pesona alam yang menakjubkan. Salah satu di antaranya adalah Pantai Sadranan yang berlokasi di daerah Wonosari, Gunungkidul. Pantai cantik ini menyuguhkan panorama alam yang menawan sehingga cocok untuk dnikmati bersama keluarga atau sahabat.

Pantai Sadranan juga merupakan destinasi wisata alam yang pas untuk melakukan kegiatan snorkeling. Di sana, wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah dan memukau. Mata penyelam akan dimanjakan dengan panorama terumbu karang dan ikan yang mempesona.

Selain itu,pantai ini juga memiliki sejumlah hal menarik lain yang dapat dinikmati para wisatawan. Hal-hal unik tersebut tentu menawarkan hal seru sehingga terasa sayang untuk dilewatkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Apa sajakah itu?

1. Pantai Berpasir Putih dengan Ombak Tak Terlalu Besar

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan. Photo Credit: visitingjogja.com

Kondisi Pantai Sadranan diketahui memungkinkan  para wisatawan untuk bersantai dengan leluasa. Sebagian besar pasir pantai ini memiliki warna putih  yang menawan. Wisatawan tentu dapat menjadikan pasir putih ini sebagai objek berfoto untuk kemudian dipasang di media sosial.

Selain itu, ada juga bukit karang yang berlokasi di bagian pinggir pantai. Kehadiran bukit karang tersebut dipercaya berpengaruh terhadap kemunculan ombak Pantai Sadranan yang tidak begitu besar. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir secara berlebihan terhadap ombak di Pantai Sadranan.

2. Menawarkan Pengalaman Snorkeling yang Berkesan

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan. Photo Credit: instagram,com/ebprasetyoo

Pantai Sandra diiketahui mempunyai panorama bawah laut yang begitu memukau. Oleh sebab itu, tempat ini cocok dijadikan referensi wisata bagi lo yang punya hobi menyelam atau snorkeling. Saat menyelam di sana, lo akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang serta ikan-ikan lucu dari berbagai macam spesies.

Kegiatan snorkeling di Pantai Sadranan sebaiknya dilakukan di waktu pagi dan sore hari. Di pagi hari, wisatawan dapat melakukan penyelaman mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB. Sementara untuk waktu sore hari, wisatawan baiknya memulai aktivitas snorkeling dari pukul 16.00 WIB hingga 18.00.

Apabila tidak membawa perlengkapan snorkeling, lo dapat mengunjungi tempat penyewaan alat menyelam di sekitar Pantai Sadranan. Tarif penyewaan alat menyelam dibuka dari  Rp 50.000. Setelah meminjam peralatan, wisatawan dapat melakukan snorkeling selama 2 jam.

3. Fasilitas Menarik Pantai Sadranan

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan. Photo Credit: yogyakarta.panduanwisata.id

Di Pantai Sadranan, wisatawan dapat mencoba payung pantai untuk berleha-leha. Fasilitas yang tersedia di bibir pantai ini dapat disewa pengunjung dengan harga sekitar Rp 25.000. Tidak jauh dari pantai, wisatawan juga dapat menjajal wisata kuliner berupa seafood di kafe dan restoran.

Pantai Sadranan juga menyediakan tempat penginapan bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah. Penginapan tersebut memungkinkan para wisatawan untuk menikmati panorama indah pantai terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Pantai ini juga mempunyai fasilitas gazebo berukuran kecil dan besar. Di tempat tersebut, wisatawan dapat duduk sambil merasakan hembusan angin laut yang menyejukkan. Gazebo ini terasa cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan mengobrol bagi para wisatawan.

4. Tradisi Sedekah Laut

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan

4 Alasan Mengapa Lo Perlu Sambangi Pantai Sadranan Kala Liburan. Photo Credit: plimbi.com

Warga yang tinggal di sekitar Pantai Sadranan diketahui rutin melakukan tradisi sedekah laut selama satu tahun sekali. Nama tradisi sedekah laut di tempat ini adalah Labuhan Laut. Prosesi ini diketahui melibatkan banyak orang, mulai dari perangkat desa, tokoh masyarakat, penari tradisional, juru kunci pantai, dan lain-lain.

Di dalam tradisi ini, warga menyiapkan sesaji pesembahan yang nantinya ditempatkan pada perahu jukung. Menurut kepercayaan warga setempat, tradisi Labuhan Laut dilakukan agar mereka diberi rezeki berlimpah serta keselamatan dari Penguasa Laut Selatan.

Demikian 4 hal unik seputar Pantai Sadranan. Kehadiran hal unik ini tentu akan membuat pengalaman liburan lo menjadi lebih berwarna. Siap untuk mencobanya, bro?

Source: detik.com

Feature image - 

Wilderness Beginner pantai solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
keren bgt
mantul pemandangannya
Mantap keren infonya
emang keren
Info yang sangatlah bermanfaat
asiaaaap
Pantai yg eksotis
Pantai berpasir putih
Tempat wisata gunung kidul