4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling!

Ketika lo traveling, tentunya merupakan hal yang penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk memilih kamera yang terbaik. Karena banyak momen-momen yang patut untuk lo abadikan. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling!

Baut para traveller yang ingin menangkap momen indah ketika berada di perjalanan, tentunya ini merupakan informasi tepat buat lo. Kamera merupakan sebuah perangkat penting untuk lo bisa menangkap momen-momen tersebut bukan? Nah, ketika melakukan traveling tentunya ada beberapa tips penting yang perlu untuk lo ketahui agar bisa mendapatkan gambar indah, bukan hanya itu namun agar kamera lo tidak merepotkan lo juga.

 

Oleh karena itu, kamera pocket sering menjadi pilihan favorit banyak orang ketika sedang berada di perjalanan. Hal tersebut tidak salah, namun lo juga harus tahu bagaimana cara memiliki kamera serta perangkatnya dengan benar. Kamera pocket sendiri juga sangat mudah untuk digunakan serta praktis.

 

 

Nah, tentunya lo juga perlu tahu spesifikasi apa yang cocok dengan kegiatan traveling lo. Bahkan dengan dana terbatas saja lo bisa kok memenuhi kebutuhan lo ketika sedang melakukan perjalanan namun tetap ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa factor penting di bawah ini yang lo perlukan untuk mendapatkan kamera pocket yang lo inginkan.

 

Faktor Penting dalam Pemilihan Kamera Pocket – Bentuk, Ukuran dan Berat

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling!

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling! Credit: radseason.com

 

Tentunya hal pertama yang patut untuk lo perhatikan seputar kamera pocket ialah dari ukurannya, kira-kira mana yang paling ideal dalam artian mudah ntnuk masuk ke dalam saku tanpa susah payah. Beberapa kamera pocket memang memiliki design yang tipis dan ringan, namun biasanya kurang nyaman pada geggaman tangan besar.

 

Oleh sebab itu carilah kamera dengan ukuran dan bentuk cocok dengan genggaman tangan lo yaa. Karena hal ini bisa berguna untuk mengurangi resiko gambar kabur karena goyangan kecil di tangan. Genggaman yang mantap juga akan mengurangi resiko terlepasnya kemera dari tangan lo loh.

 

Bisa dikatakan pula lo patut untuk memilih kamera dengan bentuk yang nyaman dalam genggaman dan keberadaannya dalam saku lo tidak mengganggu aktivitas ketika sedang traveling. Tentu dengan begitu lo akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas lo.

 

Faktor Penting dalam Pemilihan Kamera Pocket – Ukuran Sensor

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling!

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling! Credit: studiobinder.com

 

Ini merupakan faktor penting juga untuk lo ketahui loh bro. Secara teknis, semakin besar sebuah sensor kamera, maka akan semakin baik pula hasilnya. Bertambah besarnya sensor pada sebuah kamera juga berimbas pada biaya produksi yang tinggi.

 

Kamera pocket biasanya memiliki sensor dengan ukuran 1/2.7” – 1/1.7”, walaupun ada kamera pocket digital kelas atas yang menggunakan sensor dengan ukuran 1.5”. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih ukuran sensor sesuai dengan dana yang lo miliki yaa.

 

Karena masih ada beberapa hal lain yang perlu untuk lo perhatikan dalam mencari kamera digital. Kemampuan processor dan software pada kamera sekarang ini sudah semakin canggih, sehingga ada peningkatan hasil yang lebih baik dari segi hasil warna dan kualitas gambar.

 

Faktor Penting dalam Pemilihan Kamera Pocket – Lensa

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling!

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling! Credit: /en.wikipedia.org

 

Selain dari ukuran sensor, berikutnya yang patut untuk lo perhatikan untuk memilih kamera pocket ialah dari lensanya. Perlu untuk diketahui terlebih dahulu kalua lensa yang berkualitas akan sebanding dengan harganya, namun ada 2 hal yang lebih mudah untuk mengetahui lensa cocok untuk diri lo.

 

Bukaan Diafragma, biasanya disimbolkan dengan huruf “f”, makin lebar bukaan diafragma maka akan semakin banyak cahaya yang masuk. Rata-rata kamera pocket sekarang memiliki f/3.2 yang sudah cukup untuk kegiatan traveling lo. Semakin kecil angka f maka akan semain besar pula bukaan diafragmanya, semakin besar angka f maka semakin kecil bukaan diafrgamanya.

 

Focal length lensa menandakan seberapa jangkauan yang bisa diambil oleh lensa, semakin kecil angkanya makan akan semakin lebar pula jangkauannya dan semakin besar angkanya maka akan semakin sempit jangkauannya. Nah, perlu untuk lo ketahui juga kalau focal length lensa memiliki sautan ukuran berupa mm, pada lensa pocket sekarang rata-rata berada pada ukuran 28mm yang cukup lebar, namun jika lo lebih suka dengan gambar yang lebar, maka lo bisa mencari lensa yang lebih besar seperti ukuran 24mm.

 

Faktor Penting dalam Pemilihan Kamera Pocket – Zoom Optical dan Image Stabilization

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling!

4 Faktor Penting yang Perlu Untuk Lo Ketahui Ketika Memiliki Kamera untuk Traveling! Credit: fstoppers.com/

 

Setelah sudah mengetahui beberapa informasi seputar pemilihan kamera pocket hal berikutnya yang perlu untuk lo ketahui ialah dari zoom optical dan image stabilization. Gerakan maju mundurnya lensa juga menjadi pertimbangan tersendiri, karena dengan rentang zoom yang makin jauh maka akan memudahkan lo untuk mengambil gambar dari jarak jauh.

 

Biasanya ketika lo menggunakan zoom maksimal pada kamera, maka akan lebih beresiko terjadi goncangan saat lo menekan shutter. Misalkan lo menemukan lensa dengan ukuran 28-180 mm, maka lensa tersebut memiliki 10x zoom. Ukuran zoom pada 4x atau 6x biasanya sudah cukup untuk kebutuhan traveling.

 

Oleh sebab itu, pilihlah kamera zoom dengan fitur Image Stabilizer (IS) untuk bisa membatu lo mendapatkan gambar yang lebih tajam tanpa kabur. IS juga sangat berguna ketika kecepatan shutter melambat di bawah kemampuan genggaman lo untuk selalu bisa menjaga kestabilan kamera, semisal dalam kondisi rendah cahaya, menggunakan zoom berada dalam kendaraan atau sedang memotret sembari bergerak.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan beberapa tips untuk lo bisa memilih kamera pocket yang sesuai ketika melakukan perjalanan atau traveling? Tentunya agar lo bisa mendapatkan gambar serta momen indah dengan sebaik-baiknya. Karena memang momen ketika lo melakukan perjalanan merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diabadikan. Semangat selalu dan teruslah mengeksplorasi keindahan dunia ini!

 
Source: phinemo.com
 

 

Featured Image: tastingtable.com
    
Tips Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Tips yang bermanfaat menambah wawasan
Artikel yang bermanfaan
Harga sebuah kamera menentukan kwalitasnya.
mantap infonya..m
nice info
Wajib di Rawat pastinya
Nice info
Nice info
ribet klo bawa kamera, lebih praktis pake hp
Nice Info